31 Oktober 2013

Pengajian Khoirotunnisa Bintaro Tanggal 31 Oktober 2013 Ustadz Adie dan Alwi Yusuf

Event : Pengajian Khoirotunnisa Bintaro
Tanggal : 31 Oktober 2013
Tema : Resep sukses keluarga samara
Pembicara : Ustadz Adie dan Alwi Yusuf

Kesyukuran kita atas ciptaan Allah

Qs At Tin : 4

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya

---

Keutamaan syukur :

"Barang siapa yang tidak mensyukuri atas nikmat-Ku, tidak sabar akan bencana-Ku, tidak ridho akan keputusan-Ku, maka keluarlah dari langitku dan carilah Tuhan selain Aku"

---

Khuluqun adzim

Keutamaan shalawat, meskipun Nabi sudah maksum

Segala doa dan upaya untukmencintainya, berarti kembali kepada orang yang mendoakan, tanpa reserve. Ibarat gelas yang sudah penuh air, jika kita tuangkan air pada gelas tersebut, pasti tumpah. Tumpahan itulah kembali pada diri kita, tumpahan Rahmat dan Anugerah-Nya melalui gelas piala Kekasih-Nya, Muhammad SAW

---

Keutamaan shalawat agar diijabah doa doa kita

Semua doa itu terhalang, sampai dibacakan shalawat untuk Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam (Hadist)

---

Keutamaan ludah Nabi

Rifa'ah bin Rafi telah berkata : "Aku terkena anak panah musuh dalam perang Badar hingga melukai mataku,maka Rasulullah saw mengobati mataku dengan air ludahnya dan berdo'a untuk kesembuhanku, sesudah itu mataku sembuh seperti sedia kala. (HR. Hakim)

Dari Abu Usaid dan Sahl bin Sa’d. “Ra­sulullah mendatangi sumur Budh’ah, lalu ber­wudhu’ dari sebuah timba dan me­ngembalikan timbanya ke dalam sumur, dan sekali lagi beliau berkumur dan mem­buang airnya langsung ke dalam sumur serta meludah ke dalamnya dan juga mi­num sebagian dari airnya. Sejak saat itu pada masa Nabi SAW bila ada orang yang terkena penyakit, mereka menya­ran­kan, ‘Sebaiknya mandikanlah dia dari air sumur Budha’ah.’

---

Sakinah : Kata lain dalam bahasa Arab yang bermakna tenang adalah Sikin, yang artinya pisau. Pisau dalam bahasa arab juga bermakna sakinah (tenang), karena pisau yang digunakan untuk menyembelih hewan sembelihan (kambing atau ayam) akan melahirkan ketenangan bagi hewan yang disembelihnya. Hewan yang semula bergerak, meronta-ronta, setelah disembelih dengan pisau akan menjadi tenang, tidak bergerak karena sudah tidak bernyawa. Karena itu pisau (Sikin) maknanya sama dengan sakinah (tenang).

Mawaddah artinya cinta yang menggebu gebu

Rahmah artinya kasih sayang

Menjadi istri sholehah, Ibda' binafsi, Dimulai dari diri sendiri, Dimulai dari hal yang terkecil

4 Wanita terbaik dunia akhirat

Nabi bersabda, "Cukuplah wanita-wanita ini sebagai panutan kalian. Yaitu, Maryam binti Imran, Khadijah b1nti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, dan Asiyah binti Muzahim, isteri Firaun. "(HR. Tirmidzi)

---

Keutamaan lelaki dibandingkan wanita

QS An Nisa : 34

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita

---

Tips mencapai Samara

1. Qonaah

Qona’ah berasal dari bahasa Arab qona’a yang berarti ‘cukup’ atau merasa cukup. Banyak yang mengartikan bahwa qona’ah adalah menerima apa adanya. Alias nerimo ing pandum. Dalam arti bukan hanya menerima apa adanya tanpa ada usaha selanjutnya. Berapapun hasil usaha, sedikit atau banyak ia menerimanya dengan lapang dada atau rasa syukur. Tapi masih terus ada usaha untuk menambah usahanya tersebut. Jadi, orang yang qona’ah adalah orang yang telah berusaha maksimal dan menerima hasil usahanya tersebut dengan rasa syukur dan ada usaha untuk berusaha dengan lebih baik lagi. Berusaha untuk mencapai yang lebih baik lagi bukan berarti serakah atau rakus terhadap dunia. Karena sebaik-baik manusia adalah orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin.

2. Syukur

Suatu ketika, Imran bin Hattan menggauli istrinya. Imran adalah seorang yang buruk bentuknya, kotor, jerawatan mukanya, dan pendek, sedangkan istrinya berparas cantik. Tatkala dia memandang istrinya, di matanya tampak istrinya makin cantik. Ia tidak mampu menahan dirinya lagi hingga dia terus menerus memandang istrinya. Istrinya berkata, “Ada apa denganmu?” Imran menjawab, “Segala puji bagi Allah. Sungguh, demi Allah, engkau semakin bertambah cantik.” Si istri menjawab, “Bergembiralah, sesungguhnya aku dan kamu akan masuk surga.” Imran berkata, “Dari mana kamu tahu hal itu?” SI istri menjawab, “Karena kamu dikaruniai orang sepertiku dan engkau menysyukurinya. Aku diberi cobaan dengan orang sepertimu dan aku bersyukur atas cobaan tersebut. Orang yang sabar dan orang yang bersyukur akan masuk surga.”

3. Sabar

---

Pemuda masa kini adalah pemimpin masa depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut