25 Oktober 2013

Pengajian Masjid Raya Bani Umar Tanggal 22 Oktober 2013

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 22 Oktober 2013
Pembicara : Ustadz Felix Shiauw
Tema : Meraih Syahadat Kalimat Allah paling agung -> Jalan menuju keimanan

Beriman itu dengan berpikir, Allah inginkan kita memiliki akal agar kita untuk berpikir

Ada 2 jenis nikmat yang dilupakan oleh kebanyakan manusia yaitu kesehatan dan masa lapang

Perbedaan antara Muslim orangnya, Islam ajarannya

QS Ibrahim : 24-27

Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi; tidak dapat tetap (tegak) sedikit pun. “Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zhalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.

---

Seorang muslim membuat teduh, Al Musnid Al Habib Umar bin Muhammad bin Hafizh : bahwa seorang muslim yang baik adalah ketika orang muslim yang lain selamat karena lidah dan tangannya. Mungkin lidahnya (ucapan) yang berupa nasihat membuat orang lain selamat dari perbuatan jahat atau semisalnya , mungkin tangannya (perbuatannya) membuat orang lain selamat dari kejahatan atau musibah, seperti contoh ketika seseorang melihat orang faqir yang kesusahan kemudian ia mengumpulkan dana dari teman-temanya untuk membantu orang tersebut karena khawatir jika ia dibantu oleh orang lain yang memiliki kekuasaan atau kekuatan ia akan menghamba kepada orang yang membantu tersebut.

"Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang bisa bermanfaat bagi orang lain disekitarnya."

Ciri ciri seseorang yang hidupnya berkah

a. Kalau seseorang itu meninggal, banyak orang merasa kehilangan

b. Kalau seseorang itu meninggal, banyak peninggalannya yang masih bisa dimanfaatkan penemuannya/ilmu nya

Kalau sebuah pohon memiliki akar yang bagus, pohon bisa tumbuh lagi, meskipun batangnya ditebang berkali kali

Akar itulah adalah akidah

Imam syafii : Iman itu amalan hati, tidak terlihat, namun iman bisa terlihat dari cara berkata kata, perbuatan orang yang memilikinya

Islam adalah agama yang diridhoi Allah

QS Al Maidah : 3

...Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Ku-cukupkan kepadamu nimat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agamamu. Maka barangsiapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa,sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

---

Rasulullah adalah rahmat bagi seluruh Alam

QS Al Anbiya : 107

“Tidaklah Kami mengutus engkau kecuali sebagai rahmat bagi seluruh alam.”

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut