24 April 2014

Pengajian Khoirotunnisa Tanggal 24 April 2014 Pembicara Ustadz Afdholi

Event : Pengajian Khoirotunnisa
Tanggal : 24 April 2014
Pembicara : Ustadz Afdholi
Tema : Mengapa non muslim berkembang dan kenapa muslim terbelakang

Qs Ali Imran : 118

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaan orang-orang yang di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya.

---

New Zealand adalah negara paling Islami. Di atas Belanda, Amerika Serikat, Jepang dan Israel. Indonesia? Ada diperingkat 140. Itulah penelitian yang dilakukan oleh Scheherazade S. Rehman dan Hussein Askari, dari George Washington University. Sebuah penelitian yang berjudul "How Islamic Are Islamic Countries?" yang dipublikasikan dalam Global Economy Journal tahun 2010

http://www.suara-islam.com/read/index/5222/New-Zealand--Negara-Paling-Islami-

---

Jika seseorang meninggalkan jabatan sosialnya karena ingin fokus untuk mengurus keluarganya, bisa jadi hal tersebut adalah salah satu bukti pelaksanaan "Menjaga diri keluarganya dari api neraka"

QS At Tahrim : 6

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa ang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan

---

Iman itu diiringi amal sholeh

QS Al Furqon : 70

Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; Maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

---

Negara manakah yang paling bersih? Indonesia kah ?

Pusat Jaringan Informasi Ilmu Pengetahuan Bumi Internasional (International Earth Science Information Network) Columbia University dan Pusat Kebijakan dan Undang-undang Lingkungan (Environmental Law and Policy) Yale University mengembangkan indeks untuk menyoroti negara-negara terbersih. Total 140 negara yang dinilai pada 25 parameter yang meliputi kualitas udara, air, penggunaan pestisida, dan lain-lain. Swiss ada di puncak daftar dengan Indeks Performa Lingkungan (EPI) dari 95,5 pada skala 100.

1. Swiss

Swiss tidak hanya terkenal dengan cokelat dan jam tangan, tetapi juga untuk kebersihan. Posisinya berada di puncak daftar teratas negara terbersih dengan EPI dari 95,5. Delapan parameter seperti sanitasi, kualitas air, pestisida peraturan, Swiss mendapatkan skor sempurna 100. Sebagai negara yang bersih, angka harapan hidup juga tinggi yaitu 81 tahun.

2. Swedia

Swedia adalah negara terbersih kedua dengan EPI dari 93,1. Swedia mencetak nilai kuat di daerah-daerah dengan isu envrionmental, polusi udara, air minum, dan emisi gas rumah kaca. Apakah Towers tahu bahwa mereka merawat hutan mereka; maka emisi gas rumah kaca mereka pun rendah.

3. Norwegia

Norwegia terikat dengan Swedia di tempat kedua. EPI dari Norwegia adalah 93,1. Norwegia tidak hanya negara terbersih kedua tetapi juga negara terkaya ketiga di dunia. Skor mereka sempurna yaitu 100 dalam parameter seperti kualitas air dan udara, tingkat ozon, dan sanitasi. 98% dari listrik yang dihasilkan diperoleh dari tenaga Hydro (air) di Norwegia.

4. Finlandia

Finlandia di posisi keempat dengan EPI dari 91,4. Skor Finlandia adalah 99,3 yang diambil dari parameter kesehatan lingkungan dan hal ini menunjukkan betapa mereka peduli terhadap lingkungan mereka. Skor mereka lebih dari 97 pada parameter air dan kualitas udara. Skor mereka sempurna yaitu 100 dalam mempertahankan hutan. Mereka agak tertinggal dalam kategori seperti perlindungan laut dan subsidi pertanian.

5. Costa Rica

Costa Rica mengambil tempat kelima dengan EPI dari 90,5. Costa Rica sangat memperhatikan lingkungan mereka dan mereka pun mengambil langkah-langkah untuk menetralkan karbon pada tahun 2021. Costa Rica mendapat nilai 97 atau lebih baik dalam parameter penjagaan hutan, polusi udara, dan lain-lain. Tapi mereka agak tertinggal dalam parameter perlindungan laut.

6. Austria

Austria dengan EPI 89,4 selesai di tempat keenam. Skor mereka sempurna dengan nilai 100 dalam parameter sanitasi, air minum, kehutanan, tumbuh saham, pestisida regulasi, dan perlindungan laut. Seperti rekannya, Finlandia, Austria pun agak terlalu tertinggal dalam masalah subsidi pertanian. Skor emisi CO² industri mereka adalah 82,3.

7. Selandia Baru

Selandia Baru mendapatkan skor EPI 88,9. New Zealand tahu cara menjaga lingkungan dan telah mencetak 84,9 di daerah-daerah seperti indeks konservasi yang efektif. New Zealand juga mendapat nilai yang sangat baik untuk kemurnian udara dan air.

8. Latvia

Latvia mendapatkan skor di delapan point dengan nilai EPI dari 88,8, hanya selisih 0,1 denga New Zealand. Skor mereka sempurna yaitu 100 dalam parameter perkotaan tertentu, ozon kesehatan, kehutanan, tekanan air, pertumbuhan pohon, tekanan irigasi dan ekosistem ozon. Mereka kurang mengindahkan perlindungan laut karenanya skor mereka cuma 1. Parameter Latvia lain yang mendapatkan nilai lebih dari 95 meliputi polusi udara, air minum, dan regulasi pestisida.

9. Colombia

Columbia mendapatkan EPI 88,3 dan berada di tempat kesembilan. Columbia bergantung pada pendapatan ekspor produksi kopi dan bunga. Columbia mendapat 99,9 pada parameter lahan tanaman intensif. Harapan hidup di Columbia adalah 73 tahun.

10. Perancis
Perancis berada di posisi kesepuluh dengan EPI 87,8. Skor mereka sempurna yaitu 100 dalam parameter air minum, kehutanan, perkotaan khusus, dan pertumbuhan pohon. Skor mereka lebih dari 95 di parameter polusi udara, kesehatan ozon, luas lahan terbakar, dan ekosistem ozon. Mereka tertinggal di belakang dalam bidang seperti keanekaragaman hayati, konservasi efektif, kawasan perlindungan laut, dan subsidi pertanian. Indonesia ? berada di peringkat 134 Indonesia berada pada posisi yang cukup mengenaskan, yaitu peringkat ke-134, kalah dengan beberapa negara tetangganya.

Baca selengkapnya http://www.infospesial.net/old/other/10-negara-terbersih-di-dunia.html /infospesialcom @infospesial

---

Padahal, Islam memandang "Kebersihan adalah sebagian dari Iman"

---

Penyebab islam mundur, non islam berkembang

1. Kebodohan

Padahal ayat yang pertama kali adalah " Iqra" artinya bacalah, berarti umar islam harus "cerdas" spiritual dan intelektualnya.

QS Ali Imran : 18

Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

---

Jadi orang yang berilmu ini kemuliaannya disandingkan dengan para malaikat

---

Membaca / mempelajari satu bab ilmu lebih baik daripada 1000 rakaat shalat sunat.

---

2. Kemiskinan

Maka sesungguhnya kefakiran itu hampir-hampir mengundang kekufuran

---

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu , beliau berkata, Rasalullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah. Apabila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau berkata, Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begitu, tetapi katakanlah, Ini telah ditakdirkan Allah, dan Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki, karena ucapan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan syaitan.

http://almanhaj.or.id/content/3841/slash/0/mukmin-yang-kuat-lebih-baik-dan-lebih-dicintai-oleh-allh-subhanahu-wa-taala/

---

Disini, shalat disandingkan dengan kerja (mencari rezeki), ini membuktikan bahwa muslim tidak boleh malas

Qs Jumuah : 10

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

---

Disini, kita diperintahkan agar jangan meninggalkan keturunan yang lemah

Qs An Nisa : 9

Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertaqwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.

---

Dari Hakim bin Hizam r.a katanya: Tangan yang di atas (tangan yang memberi) lebih baik dari tangan yang di bawah (tangan yang menerima atau meminta).

---

Siapa meminta minta kepada manusia untuk memperbanyak hartanya, yang ia minta adalah bara api neraka, maka silakan persedikit atau perbanyak. (HR. Muslim)

https://twitter.com/SofyanRuray/status/334837817219895298

---

Pentingnya mengutamakan akhirat dibanding dunia, namun di ayat ini dijelaskan bahwa akhirat terlebih dahulu yang diutamakan

Qs Al Qasas : 77

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenimatan) dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

---

Negeri akhirat lebih baik daripada dunia

QS Al An'an : 32

Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?

---

Imam Ghazali dalam Ihya Ulumuddin : Jika engkau menanam padi, pasti akan tumbuh rumput. Tapi, kalau engkau menanam rumput, tidak akan tumbuh padi. Artinya, jika kita menanam kebajikan, rezeki dengan sendirinya menyertai kebaikan tersebut.

---

3. Perpecahan diantara umat islam

Jauhkan diri dari perpecahan umat

Qs Ali Imran : 103

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nimat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nimat Allah orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.

---

Yang mendatangkan azab yang sangat pedih itu karena bercerai berai satu sama lain

QS Ali Imran : 105

Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yang mendapat siksa yang berat

---

Hal hal yang dilaksanakan kaum zionis untuk memecah belah umat islam :

1. Menjauhkan umat islam untuk melaksanakan syariat

2. Masuk ke dalam islam namun merongrong dan menyebabkan pertentangan 1 sama lain

---

Pentingnya berdakwah dengan cara yang baik

Daripada Anas RA, beliau telah berkata, “Ketika kami berada di masjid bersama Rasulullah SAW, tiba-tiba datang seorang Arab Badui (a’rabi) lalu berdiri sambil kencing di masjid. Para sahabat Rasulullah SAW pun berteriak, “Apa yang dilakukannya, apa yang dilakukannya?!” Namun Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian menghentikan kencingnya, biarkanlah ia meneruskannya.” Mereka pun membiarkannya sehingga ia meneruskan kencingnya. Kemudian Rasulullah SAW memanggil Arab Badui itu dan bersabda, “Sesungguhnya masjid ini tidak patut terkena kencing dan kotoran sedikit pun. Masjid ini hanyalah untuk zikrullah ‘Azzawajalla, solah dan membaca Al-Quran.” Lalu beliau menyuruh seorang antara mereka untuk mengambil sebekas air dan menyiramkan pada tempat yang dikencingnya.” (Hadits Riwayat Muslim)

---

PR nya umat islam :

1. Umat islam harus menjadi umat yang cerdas

2. Umat islam harus menjadi umat yang kuat ekonominya

3. Umat islam harus menjadi umat yang bersatu

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut