21 Mei 2014

Pengajian Masjid Raya Bani Umar 21 Mei 2014 Ustadzah Luwih lestari Berinteraksi dengan Al Quran

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 21 Mei 2014
Pembicara : Ustadzah Luwih lestari
Tema : Berinteraksi dengan Al Quran


Qs Al Isra : 81-83

Dan katakanlah: Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap. Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. Dan apabila Kami berikan kesenangan kepada manusia niscaya berpalinglah dia dan membelakang dengan sikap yang sombong; dan apabila dia ditimpa kesusahan niscaya dia berputus asa.

---

Imam syafi'i pandangan yang baik :

1. Ketika memandang mushaf al quran
2. Ketika memandang ka'bah
3. Memandang suasana serba hijau

---

Allah yang menjaga kemurnian Al Quran

QS Al Hijr : 9

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Quran, dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya.

---

Keutamaan membaca Al Quran Diberi Pahala per Huruf

Dan semakin tegas lagi pentingnya membaca Al-Quran ketika Rasulullah SAW bersabda: Dari Abdullah bin Mas`ud t berkata bahwaRasulullahSAW, "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur`an) maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan "Alif lam mim" itu satu huruf, tetapi "Alif" itu satu huruf, "Lam" itu satu huruf dan "Mim" itu satu huruf." (HR At Tirmidzi)

http://irayani-aco.blogspot.com/2013/07/pahala-membaca-al-quran-bagi-ummat.html

---

Kenapa harus berinteraksi dgn al Quran : Karena ini adalah salah satu ciri orang bertaqwa

QS Al Hujurat : 13

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal

---

Gelar/nama lain Al Quran:

1. Al Kitab = kitab

Qs Al Baqarah: 2

“ Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa”

---


Kitab adalah buku yang tercatat, memiliki sampul dan tersusun sesuai dengan urutannya, tidak ada yang hilang, Suci isinya, suci mushafnya

---

Ada adab dalam membawa/ merawat Al Quran:

1. Membawanya dalam keadaan suci dari hadast dan najis
2. Membawa dengan tangan kanan
3. Memposisikan di tempat yang lebih tinggi dan terhormat

2. Al Huda = Petunjuk

Qs Al Baqarah: 2

“Petunjuk bagi mereka yang bertakwa.”

---

Petunjuk bagi manusia, pembawa hidayah.kalau kita telaah pasti ada hidayah yang terkandung didalamnya baik paham/ tidak paham. Ajarkan anak anak membaca Al Quran karena sudah terbukti Al Quran memberikan kecerdasan.

---

3. Al Bayan = penjelas

Qs Ali Imran: 185

“ Inilah(Al Quran) suatu keterangan yang jelas untuk semua manusia dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang orang yang bertakwa.

---

Qs An Nahl: 64

“ dan Kami tidak menurunkan kitab (Al Quran) ini kepada mu (Muhammad) melainkan agar engkau dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan itu serta menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang orang yang beriman”

---

4. Al Furqon = pembeda

Qs Al Baqarah: 185

“ Bulan ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan- penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil) Karena itu barang siapa diantara kamu ada di bulan itu, maka perpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak puasa) maka (wajib menggantinya) sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu . Hendaklah kamu mencukupkan bilanganya dan mengagungkan Allah atas petunjukNya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur”

---

5. Assyifa = Obat

QS Yunus: 57

“ wahai manusia, sungguh telah dating kepadamu, pelajaran (Al Quran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada di dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman”

---

macam penyakit hati itu antara lain: iri, dengki, sombong, riya, curang, rakus, malas, bodoh.

Pada saat kita mengalami kebimbangan, ambir air wudhu, kemudian membaca ayat- ayat Al Quran, InsyaAllah akan menjadi obat bagi kebimbangan kita.

---

Keutamaan penjagaan Allah

Dari Abul Abbas bin Abdullah bin Abbas radhiyallahu’anhuma dia berkata: Pada suatu hari aku pernah berada di belakang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam maka beliau bersabda, “Hai anak muda, aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat. Jagalah Allah, niscaya engkau dapati Dia di hadapanmu. Jika engkau meminta, mintalah kepada Allah. Jika engkau meminta pertolongan, mintalah pertolongan kepada Allah. Dan ketahuilah, sesungguhnya seandainya umat ini bersatu untuk memberikan suatu kemanfaatan kepadamu, maka mereka tidak akan dapat memberinya, kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tetapkan atasmu. Dan seandainya mereka bersatu untuk mendatangkan suatu kemudharatan kepadamu, maka mereka tidak dapat mendatangkannya, kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tetapkan atasmu. Pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah mengering.”(HR. Tirmidzi)

http://ulamasunnah.wordpress.com/2009/07/06/penjelasan-hadits-arbain-imam-an-nawawi-kesembilan-belas-pengawasan-allah-dan-penjagaannya/

---

QS. Thaha: 125-126

Dan barangsiapa yang berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta". “Berkatalah ia: "Ya Tuhanku, mengapa Engkau menghimpunkan aku dalam keadaan buta, padahal aku dahulunya adalah seorang yang melihat?" Allah berfirman: "Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, maka kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari ini kamupun dilupakan".

Allah Swt mengingatkan kepada orang-orang yang berpaling dari peringatan-Nya (yakni agama yang diturunkan Allah) bahwa ia akan mendapatkan 2 sangsi. Sangsi pertama adalah di dunia berupa kehidupan yang sempit (sulit).

http://www.al-idrisiyyah.com/read/article/442/nasib-orang-yang-melupakan-agama-allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut