21 Mei 2014

Pengajian Musholla Baitul Adni Adena Pondok Jagung 16 Mei 2014 Ustadz Feliz Shiauw The True Shahadah

Event : Pengajian Musholla Baitul Adni Adena Pondok Jagung
Tanggal : 16 Mei 2014
Pembicara : Ustadz Feliz Shiauw
Tema : The True Shahadah

Keutamaan menjaga shalat

Dari Abu Hurairah, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Tabaroka wa Ta’ala mengatakan,’Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?’ Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.” Bilamana shalat seseorang itu baik maka baik pula amalnya, dan bilamana shalat seseorang itu buruk maka buruk pula amalnya.” (HR. Ath-Thabarani)

---

Keutamaan untuk memiliki ucapan yang baik

QS Ibrahim : 24

Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit

---

Syahadat yang baik seperti pohon yang baik

---

Contohnya seperti apa buah yang baik itu ?

1. Memberikan buah setiap waktu (panen)
2. Memberi manfaat (sesuatu yang bisa dirasakan langsung atau secara tidak langsung untuk orang lain)

---

Ciri orang yang manfaat : Ketika dia meninggal dunia banyak orang merasa kehilangan dengan kepergiannya itu

---

Keutamaan syukur dan sabar bagi setiap muslim

“sungguh ajaib urusan orang beriman itu. Segala sesuatu baik baginya. Jika dia mendapat nikmat maka dia bersyukur, dan itu baik baginya. Dan jika dia ditimpa musibah maka dia bersabar maka itu juga baik baginya”. (Hadist)

---

Banyak bukti sederhana bahwa Indonesia adalah negara pembebek barat dan hampir kehilangan identitasnya.

---

Jangan hanya ibadah sekedar ikut ikutan

---

Banyak orang meremehkan Shalat jumat, padahal hukumnya itu lebih wajib daripada shalat Ied, Namun, justru orang kebanyakan merasa lebih penting tidak meninggalkan shalat Eid daripada meninggalkan shalat jumat

---

Laa illaha ilallah :

1. Ada 2 pemaknaan kata ilah berdasarkan tinjauan bahasa Arab.
2. Makna pertama; ilah dengan makna ma’luh, sedangkan yang kedua; ilah dengan makna alih.
3. Ma’luh artinya al ma’bud = sesembahan, dalam bahasa kita disebut ‘tuhan’.
4. Alih artinya al Qadir = yang maha kuasa, dalam bahasa kita disebut ‘tuhan’. Makna kedua ini lemah sebab tidak didukung bukti yang kuat.
5. Karena mereka (Asya’irah dkk) mengambil makna kedua (ilah dengan makna alih) maka konsekuensinya makna la ilaha illallah adalah tauhid rububiyah. Penafsiran ini jelas salah berdasarkan tinjauan ayat Al Qur’an dan kenyataan orang-orang musyrik jaman dulu, sebagaimana sudah kami paparkan di atas (lihat lagi Makna kata ilah menurut Al Qur’an)
6. Sedangkan tafsiran yang benar la ilaha illallah adalah tauhid uluhiyah; yaitu tidak ada yang berhak diibadahi selain Allah; atau tidak ada sesembahan yang benar selain Allah.

http://muslim.or.id/aqidah/menyoal-pemaknaan-syahadat.html

---

Allah meridhoi Islam, menyempurnakan, dan melengkapinya untukmu agar engkau dapat meraih tujuan hidupmu yang utama yaitu beribadah kepada Allah.

QS. Al Maidah : 3

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untukmu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmatKu dan telah kuridhoi Islam itu sebagai agamamu.”

Ibnu Katsir berkata, “Ini adalah nikmat terbesar dari berbagai nikmat yang Allah berikan kepada umat ini. Yaitu Allah telah menyempurnakan untuk mereka agama mereka, sehingga mereka tidak membutuhkan agama yang lain dan juga tidak membutuhkan nabi selain nabi mereka, Nabi Muhammad sholallohu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itulah, Allah menjadikan beliau sebagai penutup para nabi dan menjadikannya pula sebagai nabi yang diutus kepada seluruh manusia dan jin. Maka tidak ada yang halal melainkan apa yang dihalalkannya dan tidak ada yang haram selain apa yang diharamkannya serta tidak ada agama yang benar kecuali agama yang disyari’atkannya.”

http://muslimah.or.id/manhaj/saatnya-memahami-islam-dengan-benar.html

---

Ajaran agama yang dibawa Nabi Ibrahim, adalah ajaran agama yang lurus (baik)

QS Al An'am : 161

Katakanlah: “Sesungguhnya aku telah ditunjuki oleh Tuhanku kepada jalan yang lurus, (yaitu) agama yang benar, agama Ibrahim yang lurus, dan Ibrahim itu bukanlah Termasuk orang-orang musyrik

---

Ironis ketika 5 diantara 10 jamaah haji dari Indonesia diindikasikan tidak bisa membaca Al Quran.

---

Penyakit orang Yahudi dan Nasrani menjadikan Rahib selain Allah

QS At Taubah : 31

Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai rabb-rabb selain Allah, dan (juga mereka menjadikan Rabb) Al-Masih putera Maryam; padahal mereka hanya disuruh menyembah Ilah Yang Maha Esa; tidak ada Ilah (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

---

Riba hukumnya Haram, Riba adalah bentuk peperangan kepada Allah dan RasulNya

QS Al-Baqarah: 278-279

Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba) maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu."

---

Berhijab hukumnya wajib namun seagian manusia malah mengharamkannya dengan alasan konstitusi Indonesia tidak berdasarkan agama.

---

Salah satu konsekuensi syahadat

QS Al An'am : 162

Katakanlah: Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam

---

Makna shalat sebenarnya adalah mampu mencegah perbuatan keji dan munkar bagi pelakunya

QS Al Ankabut : 45

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

---

Pada masa kini banyak kaum muslimin tidak mengerti syahadat mereka dengan benar. Syahadat tidak berdampak sedikitpun pada aktivitas-aktivitas kehidupan. Sehingga banyak kita temukan orang muslim tetapi enjoy dalam kemaksiatan, bahkan menunjukkannya dengan terang-terangan. Banyak muslim bersyahadat seperti burung beo, yang banyak berucap tapi tidak memahami apa yang diucap. Atau seperti robot canggih yang bisa melakukan apapun, bahkan melakukan syahadat, sholat, dan yang lainnya tapi ia melakukanya secara tidak sadar. Timbul pertanyaan, “jangan-jangan syahadat kita seperti syahadatnya burung beo? Shalat kita seperti robot?”. Kajian ini mengupas rahasia syahadatain yang tidak banyak dipahami orang, dan menjawab pertanyaan kita, kenapa ada muslim yang rela berkorban hidup mati demi menjalankan agamanya, dan kenapa ada muslim yang islam tapi dibibir saja

http://www.ceramahideologis.com/?tag=idrak-sillah-billah

---

Keutamaan : Iman, Islam, Ihsan

Dari Umar radhiallahuanhu juga dia berkata : Ketika kami duduk-duduk disisi Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam suatu hari tiba-tiba datanglah seorang laki-laki yang mengenakan baju yang sangat putih dan berambut sangat hitam, tidak tampak padanya bekas-bekas perjalanan jauh dan tidak ada seorangpun diantara kami yang mengenalnya. Hingga kemudian dia duduk dihadapan Nabi lalu menempelkan kedua lututnya kepada kepada lututnya (Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam) seraya berkata: “ Ya Muhammad, beritahukan aku tentang Islam ?”, maka bersabdalah Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam : “ Islam adalah engkau bersaksi bahwa tidak ada Ilah (Tuhan yang disembah) selain Allah, dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, engkau mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan pergi haji jika mampu “, kemudian dia berkata: “ anda benar “. Kami semua heran, dia yang bertanya dia pula yang membenarkan. Kemudian dia bertanya lagi: “ Beritahukan aku tentang Iman “. Lalu beliau bersabda: “ Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk “, kemudian dia berkata: “ anda benar“. Kemudian dia berkata lagi: “ Beritahukan aku tentang ihsan “. Lalu beliau bersabda: “ Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatnya, jika engkau tidak melihatnya maka Dia melihat engkau” . Kemudian dia berkata: “ Beritahukan aku tentang hari kiamat (kapan kejadiannya)”. Beliau bersabda: “ Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya “. Dia berkata: “ Beritahukan aku tentang tanda-tandanya “, beliau bersabda: “ Jika seorang hamba melahirkan tuannya dan jika engkau melihat seorang bertelanjang kaki dan dada, miskin dan penggembala domba, (kemudian) berlomba-lomba meninggikan bangunannya “, kemudian orang itu berlalu dan aku berdiam sebentar. Kemudian beliau (Rasulullah) bertanya: “ Tahukah engkau siapa yang bertanya ?”. aku berkata: “ Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui “. Beliau bersabda: “ Dia adalah Jibril yang datang kepada kalian (bermaksud) mengajarkan agama kalian “. (Riwayat Muslim)

---

ada wanita yang shalat jumat tapi ada Laki laki tidak shalat jumat, Ada wanita berhijab tapi kenapa dia merokok ?

---

Sadarkah kita ? Sekaya kayanya kita, kembalinya tetap ke kuburan

Bersegeralah amal, sebelum dihisab, karena suatu saat dihisab, kita tidak bisa beramal

---

Sadarkah kita ? Manusia lemah, supaya kuat, tipsnya mengesakan Allah, Allah is the one

Kapan orang umumnya mengingat Allah ? Banyak mengalami musibah, ujian

---

Taatlah kepada pemimpin budak selama dia pakai Kitabullah dan Sunatullah

---

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dikisahkan bahwa suatu ketika Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam ditanya oleh Abdullah bin Umar, apakah sombong itu jika seseorang memiliki hullah (sejenis pakaian) yang dikenakannya? Beliau menjawab: ‘Tidak”. Abdullah bertanya lagi: “Apakah bila seseorang memakai dua sandal yang bagus dengan tali sandalnya yang juga bagus?”. “Tidak,” ujar Rasul lagi. “Apakah ketika seseorang memiliki binatang tunggangan yang dikendarainya”, tanya Abdullah lagi. “Tidak”, ujar Rasul. “Apakah jika ia memiliki teman-teman yang biasa duduk bersamanya?”. Kembali Rasulullah menegaskan “Tidak”. “Lalu apakah kesombongan itu ya Rasulullah?” tanya Abdullah. Kemudian Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Salam menjawab bahwa “Kesombongan itu adalah meremehkan (menolak) kebenaran dan meremehkan manusia.”

Hadits yang menurut Syaikh Albani merupakan hadits shahih ini menjelaskan sekaligus menegaskan bahwa subtansi dari kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia. Dua karakter dasar dari sikap sombong ini (menolak kebenaran dan meremehkan manusia) sudah cukup menjadi modal bagi syaithan untuk menjerumuskan manusia tersebut ke dalam aneka dosa dan kemaksiatan lain.

http://abdillahsyafei.com/2013/09/menolak-kebenaran-dan-meremehkan-manusia/

---

Michael “air” jordan : raja olahraga bolabasket sepanjang masa, bercerai pada tahun 2006 setelah ketahuan memiliki selingkuhan berharga Rp 50.000.000.000

---

Awalid bin talal al-saud : memiliki kekayaan yang tercatat Rp. 200.000.000.000.000, seorang pangeran arab saudi menceraikan istrinya dan meninggalkan 2 anaknya

---

Barrack obama : presiden ke-44 AS menjadi presiden dengan menorehkan prestasi kemampuan berbicara yang luar biasa, dia menjanjikan Rp 300.000.000.000.000 bagi Israel untuk memerangi kaum muslim

---

Elvis “king” presley : raja pop AS dan dunia, hartanya bahkan masih mengalir hingga kini, meninggal Over Dosis dan kecaduan narkoba

---

Chung mong-hun : pemilik industri raksasa Hyundai Motor memberikan sogokan Rp 5.000.000.000.000 untuk bisnisnya di Korea Utara, bunuh diri dengan melompat dari lantai 12 di gedungnya pada tahun 2003

---

Ternyata : kekayaan, ketenaran, kekuasaan dan materi tidak menjamin kebahagiaan banyak manusia yang telah mencapai titik puncak dalam hidupnya tetapi mereka tidak menemukan ketenangan disana

---

Shoko asahara : pendiri aliran Aum Shinrikyo “The Supreme Truth” pada tahun 1995 pengikutnya melepaskan gas sarin, membunuh 12 orang dan melukai ribuan yang lain

---

Lia eden : menyatakan dirinya sebagai malaikat jibril yang menghapuskan seluruh agama lain

---

Ternyata : ternyata kemiskinan dan “spiritualitas” juga tidak menjamin kebahagiaan hidup, Apa yang kurang pada semua itu?

---

Kesaksian - syahadah : Tiada tuhan selain Allah, nabi Muhammad adalah utusan Allah? BUKAN!!!

Laa illaha ilallah artinya : aku bersaksi bahwa tiada sesembahan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah

---

Manusia dan robot

jika robot tadi mengatakan “asyhadu an-laa ilaaha illa Allah wa asyhadu anna muhammadan ar-rasulullah” masuk kepada Islamkah dia?

tidak, karena dia tidak menyadari apa yang dia lakukan
tidak, karena dia tidak mengetahui kenapa dia ber-Islam
tidak, karena dia tidak memahami konsekuensi syahadat Islam

---

Idrak sillah billah : adalah kesadaran penuh seorang manusia bahwa setiap perbuatannya akan dilihat oleh sang Pencipta, tingkat kesadaran ini muncul setelah manusia mengadakan analisis tentang kehidupan manusia yang menghasilkan kesaksian sempurna

---

Iman yang aplikatif

Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku
(TQS Thahaa [20]: 14)

---

Dulu saya ngerasa, jadi artis kan kehendak Allah. Saya mikir, kalo begitu pelacur juga kehendak Allah. Berarti Allah itu jahat dong. Nggak adil. Saya pun mulai bertanya-tanya, bener nggak sih hidup kaya gini (jadi artis)? (Hari Moekti)

---

Ketahuilah bahwa kewajiban pertama nagi seorang mukallaf adalah berfikir dan mencari dalil untuk ma’rifat kepada Allah ta’ala. Arti berfikir adalah melakukan penalaran dan perenungan qalbu
(Imam Syafi’i-Fiqhul Akbar)

---

syahadah dalam al-qur’an

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya (QS al-Alaq [96] : 1-5)

---

syahadt sempurna adalah bila kita terus menjadi 0 dan Allah adalah 1
selamakita tidak 0 dan Allah tidak 1 dipastikan ada kecacatan dalam syahadat kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut