07 Maret 2009

Pengajian Mahagoni 05 Maret 2009

Event : Pengajian Mahagoni Ibu Novis
Tanggal : 05-03-2009
Pembicara : Ustadzah Hj. Yayah R
Judul : Akhlaq Nabi Muhammad SAW (Kajian memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW)

Nabi Muhammad lahir pada saat jaman jahiliyah dimana kelahiran anak laki laki begitu diangung- agungkan serta diangkat derajadnya sedangkan kelahiran anak perempuan dianggap sebagai aib.Namun dengan kedatangan ajaran islam yang dibimbing oleh Nabi Muhammad yang didasarkan pada Al Quran dan Hadist menunjukkan bahwa kedudukan pria dan wanita adalah sama dimata Allah dalam hal beribadah .

Mengapa kita memperingati Maulid Nabi Muhammad ? Karena Nabi Muhammad adalah nabi yang memberikan safaatnya kepada seluruh umatnya yang beriman dan bertakwa.

Bagimana cara kita untuk menjadi umat yang beriman dan bertakwa? Salah satu jalan untuk menuju iman dan takwa adalah banyak- banyak berkulpul dengan majelis – majelis pengajian di sekeliling kita, bisa melihat acara siraman rohani di televisi dll.

QS Surat Al Anbiya: 107

“ Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.”

---

Qs Surat Al Jumuah : 2

“ Dialah yang mengutus seorang rasul kepada kaum yang buta huruf dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka, ayat- ayat Nya, menyucikan (jiwa) mereka dan mengajarkan kepada mereka kitab dan hikmah (sunnah) meskipun sebelumnya mereka benar- benar dalam kesesatan yang nyata”

---

Akhlaq Nabi Muhammad yang kita jadikan contoh:

1. Menjaga lidah dan tidak bergunjing

Dengan lidah kita bisa menyampaikan keinginan, dengan lidah kita bisa membuat orang mencintai/membenci. Jangan sampai saat kita meninggal dunia ada orang yang tidak memaafkan perbuatan kita sehingga sia-sialah seluruh perbuatan/ amal.

Qs Surat Al hujarat : 12

“ Wahai orang- orang yang beriman, jauhilah banyak dan prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari- cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain . Apakah ada diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu akan merasa jijik . Dan bertakwalah kepada Allah , sungguh Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang.”

---

2. Jangan berprasangka buruk baik kepada Allah maupun manusia.

Qs Surat Al baqarah: 109

“ Banya diantara ahli kitab menginginkan sekiranya mereka dapat mengembalikan kamu setelah kamu beriman, menjadi kafir kembali karena rasa dengki dalam diri mereka setelah kebenaran jelas bagi mereka. Maka maafkanlah dan berlapang dadalah sampai Allah memberikan perintahNya, sungguh Allah Maha kuasa atas segala sesuatu.”

---

3. Jangan mengolok- olok

Bisa jadi orang yang kita olok- olok adalah orang yang lebih baik dari diri kita.

4. Menahan pandangan dari yang diharamkan

5. Jujur dalam berkata

Qs Surat As Saff :2-3

“ Wahai orang – orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan?”
“ (itu) sangatlah dibenci disisi Allah jika kamu mengatakan apa- apa yang tidak kamu kerjakan”

6. Menginfakkan harta di jalan Allah

Berlatihlah dengan menginfakkan 2,5% setiap harinya, utamakan anggota keluarga kita yang masih kesusahan atau saudara atau anak yatim piatu. (namun bukan orang tua, karena niatnya ini untuk infaq, sedangkan pemberian kepada orangtua tidak dihitung infaq)

7. Tidak boros

Qs Surat Al Imran : 147

“ Dan tidak lain ucapan mereka adalah doa “Ya Tuhan kami, ampunilah dosa- dosa kami dan tindakan kami yang berlebihan (dalam) urusan kami, dan tetapkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang kafir”

---

8. Jangan ingin dipuji


9. Menjaga shalat 5 waktu

Qs Surat Taha : 14

“Sungguh, Aku ini Allah, tidak ada tuhan selain Aku maka sembahlah Aku dan laksanakanlah shalat untuk mengingat Aku”

---

10. Teguh melaksanakan ahli sunnah wal Jamaah : berpegang teguh pada AlQuran dan sunnah Rasullulah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut