04 Maret 2009

Pengajian Masjid Raya Bani Umar 01 Maret 2009

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal :01-03-2009
Pembicara : Ustad Wahfiuddin
Judul : Sejarah Yahudi dan Nasrani (Mengambil dari Makna Al Fatihah)

Terjemahan Al Fatihah (Pembuka)

“ Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”
“ Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam. Yang Maha pengasih Maha Penyayang”
“ Pemilik hari pembalasan. “
“ Hanya kepadaMulah kami menyambah dan hanya kepadaMulah kami memohon pertolongan.”
“ Tunjukkanlah kami jalan yang lurus. “
“ (Yaitu) jalan orang- orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”

---

Ad Dholin dimaknai sebagai nasrani dan Al maghdhu dimaknai sebagai yahudi.<

---

Sejarah:

Nabi Ibrahim lahir Di Irak (Persia: nama dahulunya) tepatnya dikota Ur yang memiliki jumlah penduduk 65000 orang pada tahun 4000 SM. Pada saat ini adalah jaman yang banyak menghasilkan perunggu, teknolohi, roda dll. Beliau memiliki isri bernama Siti Sarah dan memiliki budak bernama Siti hajar (yang berasal dari Negara Ethiophia) Nabi Ibrahim dan siti sarah bertemu di Mesir. Kemudian nabi Ibrahim pindah ke Kanaan (Sekarang disebut Palestina). Dari pernikahannya dengan siri Sarah, Nabi Ibrahim tidak memiliki keturunan kemudian siti sarah menghadiahkan budaknya (siti hajar) untuk dinikahi oleh nabi Ibrahim dan halirlah Nabi Ismail. Mereka semua akhirnya hijrah ke Makkah (yang artinya: tangisan) Orang arab asli adalah dari Negara Yaman kemudian mereka pindah ke Makkah karenadi Yaman sulit mendapatkan air, sedangkan Allah menurunkan sumber mata air (yang dikenal dengan zam- zam) . Orang Phoenicia ( yang sekarang disebut Syria) juga pindah ke Makkah. Percampuran semua orang yang masuk ke Makkah dinamakan Quraisy. Di dalam Negara Arab ada 2 jenis macam suku (aliran garis keturunan):

1. Arab yang di-arabkan

2. Arab yang ter-arabkan (campuran): Nabi Muhammad adalah termasuk golongan ini, beliau disamarkan sukunya agar tidak terjadi perpecahan antar suku.

Siti sarah dan Nabi Ibrahim akhirnya menghasilkan keturunan yang bernama Nabi Ishaq, Nabi Yaqub (yang artinya Israel) kemudian memiliki 11 keturunan + 1 anak angkat yang bernama Nabi yusuf yang dijual ke Negara Mesir dan menjadi budak bangsawan dan istrinya yang juga tergoda oleh ketampanan nabi Yusuf dan dipenjarakan. Keistimewaan Nabi Yusuf adalah bisa mentafsirkan mimpi. Beberapa saat berlalu Nabi Yaqub menyusul Nabi yusuf ke Mesir. Perkembang biakan suku ini kemudian menjadi Bani Israel. Ratusan tahun setelah Nabi Yusuf meninggal kemudian terjadi keterputusan kepemimpinan ajaran agama Islam sehingga dimasa kepemimpinan Raja Fir’aun , Allah menurunkan Nabi Musa. Karena umat murtad dengan menyembah berhala kemudian Allah meng-azab Bani Israel menjadi monyet. Kemudian umat baru dibimbing oleh Nabi Daud (Yang pindah ke kanaan/ Palestina). Sampai pada masa kepemimpinan Nabi Sulaiman umat berkembang pesat sampai beliau meninggal dunia dan umatnya terpecah menjadi 2 yaitu Israel dan Yudah. Akhirnya seluruh jazirah arab dikuasai oleh Iskandar (Nama yang kita kenal adalah Alexander The Great , wafat pada usia 33 tahun)

---

Ayat- Ayat yang menyingung menganai Nasrani dan Yahudi:

Qs Al Maidah : 47

“ Dan hendaklah pengikut Injil memutuskan perkara manurut apa yang diturunkan Allah di dalamnya. Barang siapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah maka itulah orang orang yang fasik.”

---

Qs Al Hajj : 17

“ Sesungguhnya orang- orang beriman , orang Yahudi, Orang Sabi’in , orang Nasrani , Orang Majusi dan orang- orang yang musryik, Allah pasti member keputusan diantara mereka pada hari kiamat . Sungguh Allah menjadi saksi atas segala sesuatu”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut