20 Maret 2009

Pengajian Masjid Jami Bintaro 19 Maret 2009

Event : Pengajian Masjid Jami Bintaro
Tanggal : 19-03-2009
Pembicara : Ustad Ruswanto Syamsuddin (Dosen)
Judul : Mewaspadai maraknya kemusyrikan di masyarakat

Sebelum mengupas tentang maraknya kemusyrikan di masyarakat yang perlu kita waspadai terlebih dahulu dibahas tentang makna syirik, macam- macamnya dan contohnya serta bahayanya bagi akidah islam sehingga dengan demikian kita akan dapat mengetahui tentang maraknya praktek kemusyrikan dan berupaya mencegahnya, memberantasnya atau paling tidak menjauhinya.

Makna syirik:

Syirik berasal dari kata syaraka yang berarti berserikat/ bersekutu . Syirik berarti persyarikatan / persekutuan. Syirik yang dimaksud dalam islam adalah perbuatan menyeekutukan Allah. Yakni menyamakan Allah dengan yang lain baik dalam hal keyakinan / kepercayaan, ketaatan/ ketundukan , perlindungan maupun dalam hal kecintaan. Orang yang melakukan perbuatan syirik disebut musyrik.

Keyakinan syirik

Dalam hal keyakinan/ kepercayaan antara lain keyakinan/ kepercayaab bahwa ada tuhan lain selain Allah. Atau ada yang lain yang sifat- sifatnya sama dengan sifat Allah atau dianggap melebihiNya. Seperti sifat kasih sayangnya , keagungannya, kekuasaannya, kekuatannya, kebesarannya, kemuliananya, kesuciannya dan sifat- sifat yang lain. Menganggap selain Allah itu bisa mendatangkan manfaat atau mudharat , kebaikan atau kerugian, keberuntungan atau kerugian, bahkan mengganggap bisa menghidupkan atau mematikan. Kemudian menyembahnya, memuja mujanya layaknya Tuhan.

Contoh keyakinan syirik seperti ini antara lain keyakinan kepada dewa- dewa sebagai pencipta, pengatur dan memelihara alam semesta. Keyakinan kepada makhluk gaib , dukun, paranormal, tukang sihir dan kultus terhadap orang lain juga keyakinan terhadap benda dan tempat keramat, kuburan keramat dan makhluk makhluk lain yang dianggapnya dapat mendatangkan manfaat atau mudharat.
Firman Allah :

“ Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka “ siapakah yang menciptakan langit dan bumi? Niscaya mereka menjawab “ Allah” Katakanlah: maka terangkanlah kepadaku tentang apa yang kamu seru selain Allah , jika Allah hendak mendatangkan kemudharatan kapadaKu Apakah berhala- berhalamu itu dapat menghilangkan kemudharatan itu atau jika Allah hendak member rahmat kepadaKu apakah mereka dapat menahan rahmatNya?Katakanlah “Cukuplah Allah bagiku. KepadaNyalah bertawakal orang- orang yang berserah diri”

Qs Qs Azzumar : 38

---

“Dan janganlah kamu menyembah apa- apa yang tidak member manfaat dan tidak pula member mudharat kepadamu selain Allah, sebab jika kamu berbuat (yang demikian) itu maka sesungguhnya kamu begitu termasuk orang- orang yang zalim. Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkan kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu maka tak ada yang dapat menolak karuniaNya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendakiNya diantara suatu hamba-hamba Nya dan Dialah yang Maha pengampun lagi Maha penyayang”

Qs Yunus: 106-107

---

“ Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan- setan pada masa kejayaan sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa sulaiman itu mengerjakan sihir) padahal sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir) hanya setan- setan lah yang kafir (mengerjakan sihir) mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri babil yaitu harut dan marut sedangkan keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan:” sesungguhnya Kami hanya cobaan (bagimu) sebab itu janganlah kamu kafir” maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan istrinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberikan mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun kecuali dengan izin Allah dan mereka mempelajari sesuatu yang tidak member mudharat kepadanya dan tidak member manfaat. Demi sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barangsiapa yang menukar (kitabAllah) dengan sihir itu tiadalah baginya keuntungan di akhirat dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir kalau mereka mengetahui”

Qs Al Baqarah: 102

---

“kemudian apabila dating kepada mereka kemakmuran, mereka berkata “ itu adalah karena (usaha) kami dan jika mereka ditimpa kesusahan mereka lemparkan sebab kesialan itu kepada Musa dan orang- orang yang besertanya. Ketahuilah sesungguhnya kesialan mereka itu adalah ketetapan Allah akan tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahuinya”

Qs Al A’raf: 131

---

Keterangan:

Ayat- ayat tersebut menegaskan bahwa tidak ada yang bisa mendatangkan manfaat dan mudharat atau menolaknya kecuali hanya Allah semata. Keyakinan bahwa ada selain Allah yang bisa mendatangkan manfaat atau mudharat serta dapat menolaknya adalah perbuatan syirik. Kejahatan manusia termasuk tukang sihir tidak akan membahayakan manusia kecuali dengan izin Allah.
  • Syirik dalam hal ketaatan

    Syirik dalam hal ketaatan ialah taat selain Allah disamping juga taat kepada Allah atau lebih taat kepada yang lain daripada taat kepada Allah. Berhukum kepada selain hokum Allah baik sebagian maupun sepenuhnya. Syirik dalam hal ini adalah sebagai akibat atau konsekuensi dari keyakinan/ kepercayaan kepada selain Allah sehingga berusaha meyakini demi makhluk atau sesuatu yang dipertuhankannya.

    Termasuk dalam hal syirik ini, seseorang memperturutkan hawa nafsunya sehingga ia berani ingkar kepada Allah demi memperturutkan hawa nafsunya.
    Firman Allah:

    “ apakah kamu tidak memperhatikan orang- orang yang diberi kebahagiaan dari Al Kitab? Mereka percaya kepada jibril dan taghut dan mengatakan kepada orang- orang kafir (musyrik mekkah) bahwa mereka itu lebih benar jalannya dari orang- orang yang beriman”

    Qs Annisa: 51

    ---

    “ Apakah kamu tidak memperhatikan orang- orang yang mengaku dirinya lebih beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang telah diturunkan sebelum kamu? Mereka hendak berhakim kepada tahgut padahal mereka telah diperintah mengingkari Taghut itu dan setan bermaksud menyesatkan mereka (dengan ) penyesatan yang sejauh- jauhnya”

    Qs Annisa:60

    ---

    “ Apakah hukum jahiliyah yang mereka kehendaki dan hukum siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang- orang yang yakin? “

    Qs Al Maidah : 50

    ---

    “ Terangkanlah kepadaku tentang orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya. Maka apakah kamu dapat menjadi pemelihara atasnya?”

    Qs Al Furqan: 43

    Keterangan:

    Dalil tersebut menunjukkan bahwa taat selain kepada Allah berhukum kepada selain Allah serta lebih tunduk kepada hawa nafsunya adalah termasuk perbuatan syirik kepada Allah.

    Mahabbah kepada selain Allah

    Perbuatan syirik juga bisa dalam bentuk mahabbah ( cinta) yakni mencintai selain Allah seperti cintanya kepada Allah bahkan cintanya kepada selain Allah itu melebihi cintanya kepada Allah.
    Firman Allah:
    “Diantara manusia ada orang- orang yang menyembah tandingan- tandingan selain Allah, mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah adapun orang- orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah dan jika seandainya orang- orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat) bahwa kekuatan itu kepuanyaan Allah semuanya dan bahwa Allah amat berat siksaanNya (niscaya mereka menyesal) “

    Qs Al Baqarah: 165

    ---

    “ Katakanlah “Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri , kaum keluargamu , herta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya dan tempat tinggal yang kamu sukai adalah lebih kamu cintai dari Allah dan rasulNya dari berjihad di jalanNya maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusanNya dan Allah tidak member petunjuk kepada orang- orang yang fask”

    Qs At Taubah: 24

    ---

    Berlindung kepada selain Allah

    Termasuk perbuatan syirik kepada Allah seseorang yang berlindung kepada setan , berdoa berharap, dan bertawakal kepada selain Allah . Syirik seperti ini juga sebagai akibat dari kepercayaan bahwa ada kekuatan lain selain Allah padahal tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah.
    Perhatikan Firman Allah:

    “Dan bahwasanya ada beberapa orang laki- laki diantara kamu meminta perlindungan kepada beberapa laki- laki diantara jin maka jin- jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan”

    Qs Al Jin:6

    ---
    Rasullulah bersabda

    “Tidak beriman salah sorang diantara kamu hingga kamu nafsunya (keinginannya) tunduk terhadap apa yang aku bawa(dari Allah) (HR Abdullah Bin Amir)

    Tentang Riya

    Riya adalah pamer amal. Yakni seseorang beribadah kepada Allah lalu memperbaiki ibadahnya karena ingin dilihat dan dipuji orang.

    Rasullulah bersabda:

    “Maukah kamu aku beritahu tentang sesuatu yang menurutku lebih aku khawatirkan terhadap kamu daripada Al Masih Al Dajjal? Para sahabat menjawab: Tentu. Nabi bersabda “ syirik tersembunyi (al khafiyy) yaitu ketika seseorang berdiri melakukan shalat dia perindah shalatnya itu karena mengetahui ada orang lain yang memperhatikannya(HR Ahmad)

    ---

    Keterangan:

    Riya termasuk syirik khafiy atau syirik kecil yang paling dikhawatirkan oleh rasulullah karena ia tersembunyi tidak terasa merambatnya seperti semut kecil yang merayap diatas batu hitam pada malam yang kelam. Orang menganggap amal yang dikerjakannya diterima Allah padahal ditolak oleh Allah karena Riya.

    Bahaya Syirik

    Syirik adalah perbuatan yang sangat berbahaya diantaranya:

    1. Syirik merupakan perbuatan paling dzalim di muka bumi ini dan merupakan dosa besar yang tidak ada diampuni oleh Allah kecuali jika orang yang musyrik itu bertaubat sebelum wafatnya.

      Firman Allah:
      “Dan ingatlah ketika Luqman berkata kepada anaknya, diwaktu ia member pelajaran kepadanya: hai anakku janganlah kamu mempersekutukan Allah sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar- benar kezaliman yang besar”

      Qs Luqman:13

      ---

      “ sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan Dia mengampuni segala dosa selain dari (syirik) itu bagi siapa yang dikehendakiNya . Barangsiapa yang mempersekutukan Allah maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar”

      Qs An Nisa: 48

      ---

      “ sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia dan Dia mengampuni dosa yang selain syirik bagi siapa yang dihekendakiNya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah maka sesungguhnya is telah tersesat sejauh- jauhnya”

      Qs An Nisa: 116

      ---

      Orang yang berbuat syirik diharamkan oeh Allah masuk surga.

      Firman Allah:

      “sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surge dan tempatnya adalah neraka, tidaklah ada bagi orang- orang zalim itu seorang penolongpun”

      Qs Al Maidah: 72

      ---

      Orang musyrik termasuk sejelek- jelek manusia dan tempatnya di neraka dan kekal didalamnya.
      Firman Allah:

      “ sesungguhnya orang- orang yang kafir yakni ahli kitab dan orang- orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka jahanam mereka kekal didalamnya . Mereka itu adalah seburuk- buruk makhluk”

      Qs Al Bayyinah: 6

      ---

      Orang yang berbuat syirik akan terhapus semua pahala amal kebajikannya yang pernah dilakukannya.
      Firman Allah:
      “Itulah petunjuk Allah yang dengannya Dia member petunjuk kepada siapa yang dikehendakiNya diantara hanba- hambaNya seandainya mereka mempersekutukan Allah niscaya lenyaplak mereka amalan yang telah mereka kerjakan”

      Qs. Al An’am : 88

      ---

      Pembagian syirik

      Perbuatan syirik secara umum dapat dibedakan menjadi 2 hal yakni syirik besar (akbar) dan syirik kecil (Asghar). Syirik besar menghapus semua amal kebajikan membuat dosa pelakuknya tidak diampuni oleh Allah, diharamkan masuk surge, tempatnya di neraka dan kekal didalamnya.Kecuali ia bertobat nasuha sebelum wafatnya. Maka dosanya diampuni oleh Allah termasuk syirik besar adalah menyembah patung, perbuatan dukun, paranormal dan sihir , animism, dinamisme dll.
      Adapun syirik kecil adalah perbuatan menyekutukan Allah tetapi tidak sampai kepada syirik akbar. Seperti riya, st\yirik kecil menghapus pahal amal yang dikerjakannya saat itu tetapi syirik kecil ini paling dikhawatirkan oleh Rasulullah.

      Maraknya kemusyrikan

      Dalam bentuk keyakinan/ kepercayaan betapa masih banyak masyarakat yang mempunyai keyakinan bahwa ada kekuatan lain selain Allah yang bisa mendatangkan manfaat dan mudharat bisa mendatangkan keberuntungan dan menolak kesialan dapat mendatangkan keselamatan dan menolak bala lalu mengikuti ritual- ritual dan mengikuti amalannya.

      Seperti kepercayaan yang berlebihan kepada manusia sehingga ia mengaku nabi/ Iman Mahdi, kepercayaan dukun yang dapat menghilangkan penyakit, meramal nasib, menolah hujan, kepada benda yang dimiliki Ponari yang bisa menyembuhkan penyakit.

      Banyak orang yang meninggalkan ajaran islam, melanggar laranganya , berpakaian ala barat , mengikuti valentine, bergaul bebas dan cara hidup Jahiliyah.

      Mengapa hal itu bisa terjadi, hal tersebut terjadi karena :

      1. Kebodohan mereka terhadap agama islam terutama akidahnya

      2. Pembodohan yang terus menerus dibiarkan bahkan dipelihara

      3. Faktor kemiskinan yang amat sangat

      4. Motif ekonomi

      5. Tindakan hukum yang tidak tegas

      6. Upaya pemurtadan secara terselubung

      7. Kemiskinan itu bisa mendorong kepada kekafiran
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sri Wahyuningsih

    Sri Wahyuningsih
    Sri Wahyuningsih

    Pengikut