13 Maret 2009

Pengajian Mahagoni Ibu Santi 12 Maret 2009

Event : Pengajian Mahagoni Ibu Santi
Tanggal : 12-03-2009
Pembicara : Ustadzah Lia
Judul : Walimah tasyakuran

Tasyakuran itu mengacu pada prinsip nikmat itu harus disebarluaskan, kalau kesedihan sebaiknya disimpan diri sendiri (boleh diceritakan kepada orang yang dipercaya)

Ad Dhuha: 11

“Dan terhadap nikmat Tuhanmu, hendaklah engkau menyatakan dengan bersyukur”

---

Walimah itu suatu kenikmatan, sebaiknya di syiarkan untuk menghindari fitnah

Apa yang disebut nikmat? Nikmat itu anugerah yang mendorong kita untuk semakin mendekat , mengingat Allah

---

Disebut bersyukur apabila:

a. Mengakui di dalam hati atas kenikmatan yang kita terima

b. Membicarakannya secara dzohir

c. Menjadikan sarana untuk taat kepada Allah

---

Tujuan menuntut ilmu (melalui saran pengajian)

a. Membentuk pribadi yang lebih baik

b. Membentuk keluarga sakinah

Contoh suami teladan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw:

a. Sangat menghormati istri
“ tidaklah mulia orang yang tidak memuliakan wanita” Hadist Rasulullah

b. Suka bersendau gurau dengan istrinya

c. Senantiasa bersikap lembut kepada istri

d. Tidak mengkritik hal – hal yang tidak ada gunanaya

e. Menyempatkan diri untuk membantu istri

Istri teladan yang diajarkan oleh Siti Khodijah (Istri Nabi Muhammad Saw)

Surat Al maidah : 5

“ Pada hari ini dihalalkan bagimu segala sesuatu yang baik- baik. Makanan (sembelihan), ahli kitab itu halal bagimu, dan makananmu halal bagi mereka. Dan (dihalalkan bagimu menikahi) perempuan- perempuan yang menjaga kehormatan diantara perempuan- perempuan yang beriman dan perempuan yang menjaga kehormatan diantara orang- orang yang diberi kitab sebelum kamu, apabila kamu membeyar maskawin mereka untuk menukahinya tidak dengan maksud berzina dan bukan untuk menjadikan perempuan piaraan. Barang siapa kafirsetelah beriman maka sungguh sia- sia amal mereka dan diakhirat dia termasuk orang- orang yang merugi”

---
a. Wanita yang beriman

b. Pendukung dahwah/ pekerjaan suami

Karakter rumah tangga muslim:

Surat Al A’raf: 189

“ Dialah yang menciptakan kamu dari jiwa yang satu (adam) dan daripadanya Dia menciptakan pasangannya agar dia (Adam) meresa senang kepadanya.Maka setelah dicampurinya, (istrinya) mengandung kandungan yang ringan dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu) kemudian ketika dia merasa berat keduanya (suami istri) bermohon kepada Allah Tuhan mereka (seraya berkata) “ Jika Engkau member kami anak yang shaleh, tentulah kami akan selalu bersyukur”

---

a. Rumah yang dibangun dengan takwa

Rizki tidak hanya semata harta, tetapi ketenangan batin, tidak ada persoalan yang memusingkan, dicintai banyak orang, saling menentramkan.

b. Mengutamakan kesederhanaan

Dalam makanan, pakaian, rumah (sesuai kemampuan :jangan sampai besar pasak daripada tiang)

c. Mencari rizki yang Hallalan Tayyiban

d. Memperhatikan hak Allah (zakat, haji, infak, sodaqoh, kemaslahatan umat)

Doa “Allahumma A’aini Alla Dzikrika wa Husni ibadati ”

---

Ayat ayat yang berkaitan dengan walimah :

a. Qs Al Baqarah : 221

“ Dan janganlah kamu nikah perempuan musyrik sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya perempuan yang berimab lebih baik daripada perempuanmusyrik meskipun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu nikahkan orang(laki- laki) suyrik (dengan perempuan yang beriman) sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya laki- laki yang beriman lebih baik daripada laki laki musyrik meskipun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedangkan Allah mengajak ke syurga dan ampunan dengan izinNya. Allah menerangkan ayat- ayat Nya kepada manusia agar mereka mengambil pelajaran”

---

b. Qs Al Baqarah : 223

“ Istri- istrimu adalah lading bagimu maka datangilah ladangmu itu kapan saja dengan cara yang kamu sukai dan utamakanlah (yang baik) untuk dirimu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemuiNya dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang yang beriman”

---

c. Qs Al Baqarah : 235

“ Dan tidak ada dosa bagimu meminang perempuan- perempuan itu dengan sindiran atau kamu sembuyinkan keinginanmu dalam hati. Allah mengetahui bahwa kamu akan menyebut- nyebut kepada mereka. Tetapi janganlah kamu membuat perjanjian untuk menikah dengan mereka secara rahasia, kecuali sekedar mengucapkan kata- kata yang baik. Dan janganlah kamu menetapkan akad nikah sebelum habis masa iddahnya. Ketahuilah bahwa Allah mengetahui apa yang ada didalam hatimu maka takutlah kepadaNya dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun Maha penyantun”

---

d. Qs An-nisa : 3

“ Dan jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil terhadap (hak- hak) perempuan yatim (bilamana kamu menikahinya) maka nikahilah perempuan (lain) yang kamu senangi, dua, tiga atau empat. Tetapi jika kami khawatir tidak akan mampu berlaku adil maka (nikahilah) seorang saja atau hamba sahaya perempuan yang kamu miliki Yang demikian itu lebih dekat agar kamu tidak berbuat dzalim”

---

e. Qs An nur: 3

“ pezina laki- laki tidak boleh menikah kecuali dengan pezina perempuan, atau dengan perempuan musyrik. Dan pezina perempuan tidak boleh menikah dengan pezina laki – laki atau dengan kali- laki musyrik dan demikian itu diharamkan bagi orang- orang mukmin”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut