23 Maret 2009

Pengajian Masjid Raya Bani Umar 22 Maret 2009

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 22-03-2009
Pembicara : Ustad Dr.Rusli Hasbi
Judul : Sirah Nabawiyah

Rasulullah Muhammad Saw mulai sakit sakitan pada tahun 11 Hijriyah, walaupun sakit Beliau tetap menjadi imam shalat berjamaah di masjid. Intinya, sakit bukan menjadi kendala atau alasan seseorang untuk tidak melakukan shalat.

Rata – rata manusia mulai meninggalkan shalatnya saat sakit, rata- rata 1 minggu kemudian mereka meninggal dunia (dalam keadaan kafir, tanpa disadari: karena meninggalkan shalat adalah perbuatan kafir)

Pada saat orang sakit, maka seharusnya dia makin mendekatkan diri pada Allah melalui shalat, jika tidak bisa berwudhu, maka bertayamumlah, tidak bisa bertayamun, maka minta angora keluarga kita untuk membantu mentayamumkan. Shalat itu jika tidak bisa dilakukan berdiri, maka shalat dengan posisi duduklah, tidak bisa duduk maka shalat sambil berbaring, jika tidak bisa mengerakkan tangan dan kaki setidaknya dengan berkedip dan mengucapkan bacaan shalat.
Seorang keluarga muslim yang bertakwa hendaknya banyak membacakan doa / ayat suci al Quran agar segera diangkat penyakit dan disembuhkan penyakitnya
.
Hikmah:

Seorang muslim apabila tidak bisa melaksanakan tugasnya langsung(dilakukan sendiri) setidaknya dia bisa mendelegasikan tugas yang tidak dilakukannya tersebut kepada orang yang bisa diandalkan. (asal tidak berkaitan dengan ibadah, karena ibadah sifatnya personal antara orang itu sendiri dengan Allah.)

Seorang muslim apabila menerima berita sesuatu, hendaknya dia bisa mnyeleksi mana berita yang bisa dipertanggung jawabkan dan mana yang bersifat gossip belaka.

Seorang muslim yang memiliki anak, hendaknya tetap memberikan ciuman/ pelukan kepada anaknya meskipun anaknya tersebut telah beranak pinak / beranak cucu. Hal ini bertujuan untuk tetap mengakrabkan hubungan antara anak dan orang tua, cucu dan kakek neneknya.

Seorang istri/ suami wajib mendampingi pasangannya yang sedang sakit (bukan pembantu/ care taker), justru pada saat pasangan kita sakit, saat itulah yang paling penting untuk menunjukkan pengabdian kita satu sama lain. Berikan pangkuan kita sebagai bantal orang yang sakit tersebut, serta doakan dengan bacaan ayat – ayat suci Al Quran

Masjid adalah bukti kuatnya iman suatu kaum (makmurkan masjid)

Doa :
“Allahumma A’ini alla sakaratil maut”
Ya Allah Ya Tuhanku, Bantulah aku dalam sakaratul maut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut