16 Maret 2009

Pengajian Masjid Daarut Tauhid 16 Maret 2009

Event : Pengajian Masjid Daarut Tauhid
Tanggal : 16-03-2009
Pembicara : Ustad Syamsul Arifin Nababan,LC
Judul : Peringatan Maulid Nabi Muhammad

Target setiap rasul dan nabi adalah mengajak manusia untuk menyembah Allah (menyempurnakan aqidah). Sesuatu yang disembah (manusia musyrik) bisa berupa setan, materi, kekuasaan, laki- laki, perempuan- perempuan, pohon, gunung, peramal)

QS Surat Ali Imran : 31

“katakanlah (Muhammad) “Jika kami mencintai Allah , Ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintaimu dan mengampuni dosa- dosamu. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang”

---

Cara melakukan dakwah yang Bil Hikmah adalah dengan :

a. Lemah lembut dalam perkataan, berbicara dengan penuh semangat, sabar, tahu kebutuhan orang yang diajak biacar, menggunakan bahasa kaumnya.

“ Bicaralah sesuai dengan kemampuan pendengarnya (bisa dicerna oleh pendengar)

---

QS Surat Surat Ibrahim : 4

“ Dan Kami tidak mengutus seorang rasulpun melainkan dengan bahasa kaumnya agar dia dapat member penjelasan kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa saja yang Dia kehendaki. Dan member petunjuk kepada siapa yang dia kehendaki. Dia yang Maha Perkasa Maha Bijaksana”

---

b. Memberi penjelasan dengan istilah yang mudah dimengerti

“Datanglah di suatu zaman ketika umat muskim dikeroyok oleh Yahudi dan nasrani seperti hidangan di atas meja makan”

---

c. Berdialog dengan cara yang terbaik

QS Surat Ali Imran : 144

“ Dan Muhammad hanyalah seorang rasul, sebelumnya telah berlalu beberapa rasul. “Apakah jika dia wafat atau dibunuh , kamu berbalik ke belakang (murtad) Barang siapa berbalik (kebelakang) maka dia tidak akan merugikan Allah sedikitpun. Allah akan member balasan kepada orang yang bersyukur”

---

QS Surat Ali Imran : 164

“ sungguh Allah telah member karunia kepada orang- orang beriman ketika (Allah) mengutus seorang rasul (Muhammad) di tengah- tengah mereka dari kalangan mereka sendiri, tang menbacakan kepada mereka ayat- ayat Nya, menyucikan(jiwa) mereka dan mengajarkan mereka kitab (Al Quran) dan himkah (sunnah) meskipun sebelumnya mereka benar- benar dalam kesesatan yang nyata”

Cara umat muslim dalam memerangi kristenisasi adalah dengan cara berdialog.

QS An nahl : 125

“serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik dan berdebatlah dengan mereka dengan jalan yang baik . sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalanNya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk”

---

QS Surat Al Ahzab : 40

“Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang diantara kamu tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para Nabi dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu”

---

QS Surat An Nahl : 36

“ Dan sungguh Kami telah mengutus seseorang rasul untuk setiap umat (untuk menyerukan ) “sembahlah Allah dan jauhilah Tagut kemudian diantara mereka ada yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula yang tetap dalam kesesatan. Maka berjalanlah kamu di bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang mendustakan rasul- rasulnya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut