18 Februari 2010

Liqo Tanggal 17 Februari 2010

Event : Liqo
Tanggal : 17 Februari 2010
Pembicara : Ummi Lia
Tema: Sabar

Iman itu berisi kandungan :
1. sabar
2. syukur

Siapapun akan diuji kesabarannya, baik yang lemah imannya maupun yang kuat imannya, yang orang dewasa maupun anak kecil

kalau kita tidak sabar, kemudian melakukan hal hal yang ekstrim , biasanya muncul "sadar" di belakang kejadian. contoh : oh iya, kenapa ya tadi aku marah marah, kok aku kasar ya, dsb.

sabar itu dari hentakan pertama, sabar itu dilakukan pada saat kesempatan pertama

Dalil tentang sabar :


(Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa mushibah, mereka mengucapkan:" Innaalillaahi wa innaa ilaihi raajiuun ".
QS. al-Baqarah (2) : 156

Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik).
QS. ar-Ra'd (13) : 22
(Yaitu) surga Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu.
QS. ar-Ra'd (13) : 23
(Sambil mengucapkan): "Salaamun alaikum bima shabartum (Selamat sejahtera atasmu karena kesabaranmu)." Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.
QS. ar-Ra'd (13) : 24

Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar diantara kamu; dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu.
QS. Muhammad (47) : 31

Kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana), dan mengerjakan amal-amal saleh; mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar.
QS. Hud (11) : 11

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.
QS. al-Baqarah (2) : 45

Katakanlah: "Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertakwalah kepada Tuhanmu". Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.
QS. az-Zumar (39) : 10

Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.
QS. al-Anfal (8) : 46

Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar.
QS. Ali Imran (3) : 14

“Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul-Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Al-Hadiid : 22-23)

“Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz).” (QS. Al-An’aam : 59)


maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya,
QS. asy-Syams (91) : 8
sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu,
QS. asy-Syams (91) : 9
dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.
QS. asy-Syams (91) : 10


Perintah sabar itu diulang di dalam al Quran sebanyak 90 kali.

Mengapa harus selalu diingatkan tentang sabar ?

1. sifat manusia yang selalu lupa

2. sifat manusia yang tidak sabar, suka mengeluh, tergesa gesa. contoh : kita sudah berdoa namun belum dikabulkan, itu bukti bahwa kita tidak bersabar dengan ketentuan Allah.

3. sabar itu sulit untuk dilakukan.

Sabar itu terkait dalam 4 hal (Manurut Syekhh Ibnu Qordowi)

1. keimanan : terutama keimanan terhadap qodo dan qodar. Jika orang lain mendzolimi kita,kemudian kita bersabar, Allah akan menghargai kesabaran kita, Jika orang lain berlaku tidak adil kepada kita, kemudian kita bersabar, Allah akan menegakkan keadilan untuk kita. Takdir itu untuk dikelola, bukan untuk disesali,

2. amal sholeh : memulai itu mudah, menun menjaganya agar istiqomah itu tidak mudah.

3. takwa : hati hati dalam bersikap

4. shalat :

Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukulah beserta orang-orang yang ruku.
QS. al-Baqarah (2) : 43

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur'an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
QS. al-'Ankabut (29) : 45


Hukum sabar :

1. menurut Imam Ghozali : sabar itu tergantung dari jenis sabar yang di lakukannya

2. menurut Ibnu Qoyyim : Hukum sabar itu wajib, tergantung bagaimana menyingkapinya.

Medan sabar di dalam Al Quran :

1. sabar terhadap cobaan dunia

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.
QS. al-Baqarah (2) : 155
(Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa mushibah, mereka mengucapkan:" Innaalillaahi wa innaa ilaihi raajiuun ".
QS. al-Baqarah (2) : 156
Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.
QS. al-Baqarah (2) : 157

2. sabar dari keinginan dan hawa nafsu : terhadap kenikmatan dunia, terhadap lawan jenis

3. sabar dalam taat kepada Allah : istiqomah adalah bentuk kesabaran (taat) kita kepada Alllah.

a. taat sebelum beramal : meluruskan niat Lillahi Ta'ala, membebaskan kecenderungan hati kita
b. taat saat beramal : menjaga adab beramal sesuati syariat
c. taat setelah beramal : tidak menyiarkannya kepada orang lain, tidak ujub, tidak tiya.


Jenis jenis sabar :

1. sabar terhadap musibah

2. sabar terhadap ketaan kepada Allah

3. tidak melakukan kemaksiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut