25 Februari 2010

Majelis Reboan Tanggal 24 Februari 2010

Event : Majelis Reboan
Tanggal : 24 Februari 2010
Pembicara : Prof DR KH Didin Hafidhuddin MS
Tema: Cinta Allah, Cinta Rasulullah

Ilmu dan Amal itu tidak bisa dipisahkan
Islam bukan agama wacana melainkan pelaksanaan
Amal itu harus dibiasakan
Yang terbaik dari amal adalah ikhlas dan rutin

Kecintaan Allah, Keicntaan Rasulullah dengan cara ittiba' (mengikuti sunnahnya) dalam kehidupan sehari hari. mengundang rahmat dan ampunan Allah (keselamatan, kedamaian, ketenangan hidup dan kemampuan mengatasai masalah)


Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
QS. Ali Imran (3) : 31
Katakanlah: "taatilah Allah dan Rasul-Nya; jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir".
QS. Ali Imran (3) : 32

Hadist :
Aku tinggalkan padamu dua hal, yang tidak akan sesat kamu selama berpegang teguh kepada keduanya, yaitu Kitabullah dan sunnah Nabi-Nya.- HR Ibnu 'Abdilbarri

Kalau kita lari dari masalah, maka akan muncul masalah baru
keberhasilan itu setelah kita mampu mengatasai masalah
kesulitan ujungnya adalah kemudahan

Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,
QS. al-Insyirah (94) : 1
Dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,
QS. al-Insyirah (94) : 2
Yang memberatkan punggungmu?
QS. al-Insyirah (94) : 3
Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama) mu.
QS. al-Insyirah (94) : 4
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
QS. al-Insyirah (94) : 5
sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
QS. al-Insyirah (94) : 6
Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,
QS. al-Insyirah (94) : 7
dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.
QS. al-Insyirah (94) : 8

Bagaimana cara kita mencintai Allah Dan Rasulullah ?

1. mengikuti ajaranNya
2. Berpikiran jernih, berhati bersih maka Allah akan mengasihi dan mengampuni, pikiran tenang.
3. Kalau kita mengingkari sunnah berarti kita termasuk golongan yang kafir.

Salah satu keunggulan dan ketinggian dari ajaran islam memiliki contoh / figur/ teladan dalam mengamalkan ajaran islam.

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
QS. al-Ahzab (33) : 21

Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang hak agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi.
QS. al-Fath (48) : 28


Bagaimana sikap yang di contohkan Rasulullah :

1. berdagang
2. berumah tangga
3. memimpin
4. beribadah
5. hidup sehat

3 perbuatan yang disukai oleh Allah adalah :

1. menghubungkan silahturahim kepada orang yang memutuskan silahturahim kepada kita
2. memberi kepada orang yang tidak pernah memberi
3. memaafkan kepada orang yang berbuat dzolim kepada kita.

Beberapa contoh perilaku Rasulullah yang harus diikuti, bukti kecintaannya, kecintaan kepada Allah Swt

1. Sering membaca shalawat kepada Rasulullah Swt

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.
QS. al-Ahzab (33) : 56

Hadist :

Barangsiapa yang membaca shalawat kepada ku 1 kali saja maka Allah akan memberinya sepuluh rahmat (keberkahan) menghapus sepuluh kesalahan dan meninggikan (kedudukannya) sepuluh derajat. - HR Bukhori

Contoh : doa bercermin

"Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku, perindahlah pula budi pekertiku."

2. berdoa / memohon kepada Allah dalam segala urusan dengan penuh keyakinan akan dikabulkan .

Hadist :

Rasulullah Saw bersabda, Berdoalah kalian kepada Allah dan yakinlah bahwa doa kalian itu pasti akan diterima oleh Nya. Ketahuilah bahwa Allah Swt tidak akan menerima doanya dari hati orang yang lalai dan lengah.

Doa :

Baca Alma' surat

Contoh contoh Doa :

1. Allahuma inni a'udzu bika an adhilla, au udhalla, au azilla, au azhlam, au ajhal, au yujhala 'alayya : Artinya, Ya Allah, sungguh aku berlindung kepadaMu agar tidak tersesat, atau disesatkan atau aku tergelincir atau digelincirkan atau aku, berbuat dzalim atau didzalimi atau aku berbuat bodoh atau dibodohi (HR.Nasa'i, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah)

2. Ya Allah jadikanlah hatiku ini ridha untuk menerima segala ketetapan-Mu dan berkahilah segala apa yang Engkau takdirkan untukku agar aku tidak ingin mempercepat apa yang Engkau lambatkan bagiku dan aku tidak ingin memperlambat apa yang Engkau cepatkan untukku.” (HR Ibnu Sunni)

3. Allahumma anfa`naa bi maa `allamtanaa wa `allimnaa bi maa yanfa`unaa wa zidnaa `ilman : Yaa Allah, berikanlah manfaat atas ilmu yang Engkau ajarkan kepada kami serta ajarkanlah kepada kami ilmu yang bermanfaat, dan mohon tambahkanlah ilmu kepada kami.


Hadist :

Rasulullah bersabda " orang yang pemurah itu dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan syurga, dan jauh dari neraka, dan orang yang bakhil itu jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh dari surga dan dekat dengtan neraka. Orang yang jahil (bodoh) tapi ia pemurah itu jauh lebih baik dan dicintai oleh Allah daripada ahli ibadah tapi ia bakhil - HR Tirmidzi

Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia menambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya).
QS. ar-Rum (30) : 39


3. senang bersilahturahim membangun ukhuwah dan senang berinfaq, mengeluarkan sebagian hartanya untuk kebaikan / membantu yang membutuhkan.

Hadist :

Sesungguhnya shodaqoh secara rahasia itu akan dapat memadamkan murka Allah Swt (kepada pelakuknya) dan sesungguhnya silahturahim itu dapat menambahkan umur dan usia seseorang, sesungguhnya perbuatan yang baik itu dapat menjadi perisai dari segala kejahatan. Sesungguhnya ucapan "Laa illaha Illallah" dapat meolak 99 macam marabahaya (dan dari 99 marabahaya) yang paling ringan adalah Al Hummu (hati yang gelisah / susah) - HR Ibnu Asakir Dari Ibnu Abbas.


Sikap rendah hati itu hanya akan menambah seseorang makin menjadi mulia, maka dari itu berlaku rendah hatilah kalian, niscaya Allah Swt akan memuliakanmu. sikap pemaaf hanya akan menambahkan seseorang makin mulia, oleh karena itu banyak maafkan kalian. niscaya Allah akan memuliakanmu. Dan amal sedekah itu hanya akan menambah seseorang makin banyak hartanya maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah akan melimpahkan rahmatNya kepada kalian - HR Ibnu Abu Dunya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut