23 Februari 2010

Pengajian Al Mizan Bintaro Tanggal 22 Februari 2010

Event : Pengajian Al Mizan Bintaro
Tanggal : 22 Februari 2010
Pembicara : Ustadz Ahmad Najmuddin Shiddiq
Tema: Proyek setan dan cara menjauhinya

Macam Macam Proyek Setan :

1. ingin menceraikan pasangan suami istri : cegah dengan melakukan puasa sunnah, mengaji, amalan untuk anak yatim

Dan mereka mengikuti apa yang dibacakan oleh syaithan-syaithan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaithan-syaithan itulah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan: "Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir". Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun, kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barang siapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui.
QS. al-Baqarah (2) : 102

2. agar kita memakan makanan yang haram

Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaithan; karena sesungguhnya syaithan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
QS. al-Baqarah (2) : 168
Sesungguhnya syaithan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.
QS. al-Baqarah (2) : 169

3. membuat manusia enggan untuk melaksanakan ajaran islam secara sempurna

Wahai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaithan. Sesungguhnya syaithan itu musuh yang nyata bagimu.
QS. al-Baqarah (2) : 208

4. menghalangi kita untuk berinfak

Wahai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.
QS. al-Baqarah (2) : 267
Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.
QS. al-Baqarah (2) : 268

5. menghalangi kita untuk ingat kep[ada Allah, shalat, menimbulkan kebencian diantara manusia

Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaithan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.
QS. al-Mai'dah (5) : 90
Sesungguhnya syaithan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingati Allah dan shalat; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).
QS. al-Mai'dah (5) : 91

6. ingin menyesatkan manusia dari jalan yang lurus

Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para malaikat:" Bersujudlah kamu kepada Adam "; maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud.
QS. al-A'raf (7) : 11
Allah berfirman:" Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu? "Menjawab iblis: "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah ".
QS. al-A'raf (7) : 12
Allah berfirman:" Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina ".
QS. al-A'raf (7) : 13
Iblis menjawab:" Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan ".
QS. al-A'raf (7) : 14
Allah berfirman:" Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh. "
QS. al-A'raf (7) : 15
Iblis menjawab:" Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,
QS. al-A'raf (7) : 16

7. menghalangi orang untuk bersyukur :

kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).
QS. al-A'raf (7) : 17

8. mempengaruhi manusia supaya melakukan maksiat

Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya."
QS. al-Hijr (15) : 39

Allah berfirman: "Ini adalah jalan yang lurus; kewajiban Aku-lah (menjaganya).
QS. al-Hijr (15) : 41
Sesungguhnya hamba-hamba-Ku tidak ada kekuasaan bagimu terhadap mereka, kecuali orang-orang yang mengikut kamu, yaitu orang-orang yang sesat.
QS. al-Hijr (15) : 42

9. menimbulkan permusuhan antara sesama manusia :
Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sesungguhnya syaithan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya syaithan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.
QS. al-Isra' (17) : 53

10. ingin menyesatkan anak cucu adam

Dan (ingatlah), tatkala Kami berfirman kepada para malaikat:" Sujudlah kamu semua kepada Adam ", lalu mereka sujud kecuali iblis. Dia berkata:" Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah? "
QS. al-Isra' (17) : 61
Dia (iblis) berkata:" Terangkanlah kepadaku inikah orangnya yang Engkau muliakan atas diriku? Sesungguhnya jika Engkau memberi tangguh kepadaku sampai hari kiamat, niscaya benar-benar akan aku sesatkan keturunannya, kecuali sebahagian kecil ".
QS. al-Isra' (17) : 62



Cara supaya menjauhkan diri dari godaan setan :

1. membaca al Quran

Apabila kamu membaca Al Qur'an hendaklah kamu minta perlindungan kepada Allah dari syaithan yang terkutuk.
QS. an-Nahl (16) : 98
Sesungguhnya syaithan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya.
QS. an-Nahl (16) : 99
Sesungguhnya kekuasaannya (syaithan) hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah.
QS. an-Nahl (16) : 100

2. berdoa

Dan Katakanlah:" Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan syaithan.
QS. al-Mu'minun (23) : 97
Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku."
QS. al-Mu'minun (23) : 98


Amalan amalan yang dilakukan untuk menjauhkan diri dari setan :

1. rendah hati

Dan hamba-hamba yang baik dari Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.
QS. al-Furqan (25) : 63

2. membalas kejahatan dengan kebaikan

3. shalat tahajud

Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.,
QS. al-Furqan (25) : 64

4. doa untuk menjauhkan diri dari neraka jahanam

Dan orang-orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, jauhkan azab Jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal".
QS. al-Furqan (25) : 65
Sesungguhnya Jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.
QS. al-Furqan (25) : 66

5. menginfakkan hartanya di jalan Allah

Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.
QS. al-Furqan (25) : 67

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut