09 Oktober 2011

Kuliah Ahad Dhuha Masjid Raya Bani Umar Tanggal 9 Oktober 2011

Event : Kuliah Ahad Dhuha Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 9 Oktober 2011
Pembicara : Ustadz Tuafiqurrahman
Tema: Bagaimana memanfaatkan umur

Dalil mengapa kita harus memanfaatkan umur kita dengan baik

Hadist : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Malaikat Jibril mendatangiku, lalu berkata, ‘Wahai Muhammad, hiduplah sekehendakmu kerana kamu akan mati, cintailah seseorang sekehendakmu kerana kamu akan berpisah dengannya, dan beramallah sekehendakmu kerana kamu akan diberi balasan, dan ketahuilah bahawa kemuliaan seorang Mukmin itu ada pada solat malamnya dan tidak merasa perlu terhadap manusia.

---

Umur manusia itu rata rata pendek

Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Umur umatku adalah antara 60 hingga 70 tahun. Sedikit dari mereka yang melebihi itu” ini adalah hadits yang shahih, dikeluarkan oleh Imam at-Turmudzy

---

Jangan takabur, sesungguhnya manusia itu sangat kecil dibandingkan Allah

QS An Naziyat : 24

(Seraya) berkata: Akulah Rabbmu yang paling tinggi.

---

Jadikan pribadi yang taat kepada Allah dan Rasulullah

QS An Nur : 52

Dan barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya dan takut kepada Allah dan bertaqwa kepada-Nya, maka mereka adalah orang-orang yang mendapat kemenangan

---

Kita harus siap saat maut menjemput, karena maut bisa datang kapan saja dan tidak dapat ditunda atau dipercepat

QS An Nisa : 78

Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, dan jika memperoleh kebaikan, mereka mengatakan: Ini adalah dari sisi Allah, dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan: Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad). Katakanlah: Semuanya (datang) dari sisi Allah. Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikitpun?

---

Keutamaan menuntut ilmu, dalilnya :

Wahai Abu Dzar, kamu pergi mengajarkan ayat dari Kitabullah telah baik bagimu daripada shalat sunah 100 rakaat, dan pergi mengajarkan 1 bab ilmu pengetahuan baik dilaksanakan atau tidak, lebih baik dari shalat 1000 rakaat (HR Ibnu Majah)

---

Segala yang Allah kehendaki, bisa saja terjadi, dan itu sangat mudah bagi Allah

QS Yasin : 82

Sesungguhnya perintah-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: Jadilah! maka terjadilah ia.

---

Shalawat : Jangan sampai kita seperti keadaan berikut ini

Shalat subuh kesiangan

Shalat dzuhur kereporan

Shalat Ashar di perjalanan

Shalat magrib kecapekan

shalat isya ketiduran

---

Setiap Islam wajib mempercayai Hari Kiamat. Terdapat 5 alam yg dilalui oleh setiap manusia yaitu :


1. Alam Roh : Alam dimana setiap manusia berjanji mnyembah Allah dan mengikuti segala suruhan dan meninggalkan laranganNya. Manusia dihidupkan selepas Nabi Adam.

2. Alam Rahim : selama 120 hari berada didalam rahim (tidak lagi mengingati segala peristiwa Alam Roh)

3. Alam Dunia : Manusia hidup didalam satu alam yg amat-amat singkat tetapi amat-amat penting untuk alam yg seterusnya. Hidup sehingga 65thn-75thn

4. Alam Kubur : Alam Kubur adalah bersamaan 40 thn. 1 thn bersamaan 1000 thn didunia. Hadis Imam At Turmudzi menerusi Abi'Sa'iid ; Rasulullah saw bersabda : " Sungguhnya Kubur itu adalah suatu kebun antara kebun-kebun Syurga ataupun satu lubang antara lubang-lubang Neraka"

5. Alam Mahsyar : Alam Mahsyar adalah bersamaan 300thn. 1 thn bersamaan 50,000 thn didunia. Alam Mahsyar dimulakan apabila 2 tiupan sangkakala ditiupan oleh Malaikat Israfil. Tiupan pertama mematikan semua kehidupan manakala tiupan yg kedua menghidupkannya kembali dimana bumi memuntahkan isinya.

---

Hormati ikatan suci antara suami dan istri, jangan dirusak/merusaknya

Qs An Nisa : 21

Bagaimana kamu akan mengambilnya kembali, padahal sebagian kamu telah bergaul (bercampur) dengan yang lain sebagai suami-isteri. Dan mereka (isteri-isterimu) telah mengambil dari kamu perjanjian yang kuat

---

Allah maha mengatur, Allah bisa menjadikan waktu yang lama bisa terasa sangat cepat, inilah beberapa kisah yang tertulis di dalam Al Quran, agar kita bisa mengambil hikmahnya

QS Al Baqarah : 259-260

Atau apakah engkau tidak memperhatikan cerita orang yang melalui sebuah negeri yang pagar temboknya telah roboh menutupi atap-atap rumahnya. Orang itu berkata: "Bagaimana caranya Allah membangun kembali negeri yang sudah hancur ini?". Lalu dia dimatikan oleh Tuhan selama seratus tahun. Kemudian dihidupkan kembali. Lalu Tuhan berkata: "Sudah berapa lamakah engkau tinggal di sini?" Ia menjawab: "Hamba tinggal di sini baru satu atau setengah hari". Allah berfirman: "Sebenarnya engkau di sini sudah seratus tahun lamanya. Lihatlah makanan dan minumanmu masih ada, tidak berubah! Dan lihat pulalah keledaimu itu sudah menjadi tulang-belulang! Peristiwa ini akan kami jadikan sebagai bukti kekuasaan kami untuk orang banyak. Lihatlah tulang-belulang keledai itu bagaimana kami menyusun kembali tulang-belulang itu dan membalutnya dengan daging!". Setelah semua itu menjadi kenyataan baginya, diapun berkata: "Sekarang aku baru yakin betul, bahwa Allah itu benar-benar Maha Kuasa atas segala-galanya".

Dan ingat pulalah ketika Ibrahim berkata: "Wahai Tuhanku perlihatkanlah kepadaku, bagaimana caranya engkau menghidupkan kembali orang-orang yang sudah mati?". Allah berfirman: "Apakah engkau masih belum bisa percaya?". Ibrahim menjawab: "Bukan aku tidak percaya, tetapi demi ketenteraman jiwaku". Allah berfirman: "Kalau begitu tangkaplah empat ekor burung lalu jinakkanlah sampai menurut perintahmu! Kemudian letakkanlah di tiap-tiap bukit, seekor! Sudah itu panggillah! Nanti ke semuanya akan berdatangan kepadamu dengan segera. Ketahuilah, bahwa Allah Maha Perkasa dan Bijaksana

---

QS Al Kahfi : 25

Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi).

---

1 tahun di akhirat itu seperti 1000 tahun di dunia

QS Al Hajj : 47

Dan mereka meminta kepadamu agar azab disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari di sisi Rabbmu adalah seperti seribu tahun dari tahun-tahun yang kamu hitung.

---

Keutamaan shalat isya dan subuh berjamaah : Nabi SAW bersabda : ”Barangsiapa shalat Isya’ dengan berjama’ah maka seolah-olah ia berdiri sebahagian malam. Dan apabila dia shalat subuh dengan berjamaah pula maka seakan-akan dia telah berdiri separoh malam lagi.

---

Jangan terlena dengan pujian, Doa ketika menerima pujian :

"Ya Allah, janganlah Engkau hukum aku karena apa yang mereka katakan tentang aku. Berikanlah kebaikan padaku dari apa yang mereka sangkakan kepadaku. Ampunilah aku karena apa yang tidak mereka ketahui tentang diriku."

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut