13 Oktober 2011

Pengajian di rumah kerudung Square Bintaro Tanggal 12 Oktober 2011

Event : Pengajian di rumah kerudung Square Bintaro
Tanggal : 12 Oktober 2011
Pembicara : Ustadz Tashil Amani
Tema: Ikhlas

Qs Al Bayyinah : 5

Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.

---

lurus berarti jauh dari syirik dan kesesatan

---

Al-Hasan berkata, "Kunci lautan adalah perahu-perahu. Kunci bumi adalah jalan-jalan. Sedangkan kunci langit adalah doa (Disebutkan oleh al-Qurthubi dalam tafsirnya)

---

Doa : Allahumma Innii As aluka 'Ilman Nafii'an Wa Rizqon Thoyyiban wa 'amalan muttaqobbalan artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal, dan amal yang diterima - Hadits Riwayat Ibnu Majah

---

Ikhlas artinya melepaskan diri dari selain Allah atau membersihkan amal perbuatan dari penglihatan makhlukNya

Keikhlasan itu yang tahu hanya orang yang bersangkutan dan Allah saja

Qs Ali Imran : 29

Katakanlah: Jika kamu menyembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu melahirkannya, pasti Allah mengetahui. Allah mengetahui apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

---

Segala perbuatan itu hanya untuk Allah semata, itulah wujud dari ikhlas

QS Al An'am : 162

Katakanlah: Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam,

---

Contoh sahabat Rasulullah yang memiliki keikhlasan : Ali Ra yang bersedia menggantikan Rasulullah tidur di kasur Rasulullah yang ketika itu akan hijrah ke madinah, yang ketika itu kaum Quraisy akan membunuh Rasulullah.

---

Kitab Riyadhus Shalihin Bab 1 Ikhlas dan Menghadirkan Niat Dalam Semua Perkataan Dan Perbuatan Baik Yang Terang-Terangan Maupun Yang Sembunyi-Sembunyi

Dari Amirul Mukminin Abu Hafsh, Umar bin Al-Khathab bin Nufail bin Abdul ‘Uzza bin Riah bin Abdullah bin Qurth bin Razah bin ‘Adi bin Ka’ab bin Luai bin Ghalib al-Qurasyi al-’Adawi radhiyallahu ‘anhu berkata:

“Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu Karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya”.

[Diriwayatkan oleh dua orang ahli hadits yaitu Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardizbah Al Bukhari (orang Bukhara) dan Abul Husain Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naisaburi di dalam kedua kitabnya yang paling shahih di antara semua kitab hadits. Bukhari no. 1 dan Muslim no. 1907]

---

Bila kita melaksanakan puasa, bukan lapar dan dhaga yang akan sampai pahalanya ke Allah melainkan cerminan ketaqwaan kita

hadis Rasulullah SAW bersabda, Man shama ramadhana imanan wahtisaban, ghufira lahu ma taqaddama min zanbihi artinya orang yang berpuasa karena iman dan penuh perhitungan, maka diampuni (Allah SWT) dosa-dosanya yang lampau.

---

Bila kita melaksanakan qurban, bukan daging hewan Qurban yang akan sampai pahalanya ke Allah melainkan cerminan ketaqwaan kita

QS Al Hajj : 37

Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.

---

Sungguh beruntung orang yang ikhlas yaitu :

1. Orang yang dihatinya ada iman

Ikhlas dalam menjalankan agama yang tidak 1/2 1/2

Menyembah Allah dengan Ikhlas

QS Az Zumar : 2

Sesungguhnya Kami menurunkan kepadamu Kitab (Al-Quran) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya

---

salah satu contohnya adalah keikhlasan dalam menutup aurat

Dalilnya :

Qs Al Ahzab : 59

Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mumin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

---

Qs An Nur : 31

Katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedada mereka, dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kaki mereka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

---

2. orang yang menjadikan hatinya penyelamat

salah satu contohnya adalah dengan menjauhkan diri dari penyakit hati

---

QS An Nisa : 85

Barangsiapa yang memberikan syafaat yang baik, niscaya ia akan memperoleh bagian (pahala) daripadanya. Dan barangsiapa yang memberikan syafaat yang buruk, niscaya ia akan memikul bagian (dosa) daripadanya. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

---

doa :

QS At Tahrim : 8

... Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

---

Salah satu contohnya adalah dengan tidak mudah putus asa

Qs Alam Nasyrah : 5-6

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,

Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

---

salah satu contohnya adalah sabar ketika sakit

Ditimpa musibah sakit, misalnya. Semua orang pernah sakit, bahkan orang yang tidak pernah sakit mungkin saja dia tidak disukai oleh Allah. Sakit adalah bagian dari penggugur dosa. Rosullullah bersabda dalam sebuah hadis, ”Tidaklah seseorang merasakan sakit dihina atau tertusuk duri kecuali Allah menggugurkan dosanya, bagai gugurnya daun-daun”, jadi proses sakit itu proses pengguguran dosa.

---

3. orang yang lisannya berkata benar

Salah satu contohnya adalah memilih kalimat yang baik, manfaat, tidak menyakiti dan benar

---

Hadits Arbain No 26: Perbuatan Baik Adalah Shadaqah

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu dia berkata : Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Setiap anggota tubuh manusia wajib disedekahi, setiap hari dimana matahari terbit lalu engkau berlaku adil terhadap dua orang (yang bertikai) adalah sedekah, engkau menolong seseorang yang berkendaraan lalu engkau bantu dia untuk naik kendaraanya atau mengangkatkan barangnya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah, setiap langkah ketika engkau berjalan menuju shalat adalah sedekah dan menghilangkan gangguan dari jalan adalah sedekah.

(Riwayat Bukhori dan Muslim)

---

Salah satu contohnya adalah ketika kita dipuji tidak membuat tinggai hati dan ketika kita dicaci tidak membuat sakit hati

---

Cara memuji adalah memuji yang sewajarnya, macam bentuk pujian :

1. Allah memuji dirinya sendiri

2. Allah memuji hambaNya

3. HambaNya memuji Allah

4. HambaNya memuji sesamanya

---

salah satu contohnya adalah dengan banyak berdoa

Hadist : Doa adalah senjata orang mukmin

---

salah satu contohnya adalah dengan bersyukur

Qs Adh Dhuha : 11

Dan terhadap nimat Rabbmu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur).

---

4. orang yang menjadikan matanya melihat

Qs Al A'raf : 179

Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahannam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakan untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Meraka itulah orang-orang yang lalai.

---

5. orang yang menjadikan telinganya mendengar

QS Al Baqarah : 6-7

Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman.

Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat

---

6. orang yang menjadikan nafsunya tenang/lurus

QS Al Fajr : 27-30

Hai jiwa yang tenang.

Kembalilah kepada Rabbmu dengan hati yang puas lagi diridhoi-Nya.

Maka masuklah ke dalam jamaah hamba-hamba-Ku,

dan masuklah ke dalam surga-Ku.

---

Oleh para ulama, dikumpulkan keterangan itu dan berhasil disusun daftar nama-nama pintu itu.

1. Pintu Muhammad SAW atau pintu taubah

2. Pintu Shalat

3. Pintu Puasa (Ar-Rayyan)

4. Pintu Zakat

5. Pintu Shadaqah

6. Pintu Haji dan Umrah

7. Pintu Jihad

8. Pintu Shilah (silaturrahim)

http://www.ustsarwat.com/search.php?id=1175660419

---

Terdapat tiga jenis nafsu yang ada pada manusia:

1. nafsu sayyi'ah

Nafsu sayyiah inilah yang dimaksud oleh ayat ini yaitu nafsu yang senantiasa memerintahkan kepada kemaksiatan. Apabila manusia senantiasa selalu mengikuti dorongan nafsu ini maka maka ia tidak jauh berbeda dengan hewan bahkan lebih sesat daripada hewan.

2. nafsu lawwamah

3. nafsu muthmainnah.

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut