07 Oktober 2011

Walimatussafar Ibu Nita Endang Palupi Mahagoni Park Tanggal 6 Oktober 2011

Event : Walimatussafar Ibu Nita Endang Palupi Mahagoni Park
Tanggal : 6 Oktober 2011
Pembicara : Ustadzah Hj Lulung Umrulain
Tema: Makna Haji

Jangan menodai haji dengan perbuatan syirik :

QS At Taubah : 17-20

Tidaklah pantas orang-orang musyrik itu memakmurkan masjid-masjid Allah, sedang mereka mengakui bahwa mereka sendiri kafir. Itulah orang-orang yang sia-sia pekerjaannya, dan mereka itu kekal di dalam neraka.

Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.

Apakah (orang-orang) yang memberi minuman kepada orang-orang yang mengerjakan haji dan mengurus Masjidil haram, kamu samakan dengan orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian serta berjihad di jalan Allah? Mereka tidak sama di sisi Allah; dan Allah tidak memberikan petunjuk kepada kaum yang zalim.

Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapatkan kemenangan.

---

Adab dalam syariah tentang Haji / umroh / bepergian :

1. mengembalikan titipan kepada Allah

2. meminta maaf kepada orang sekitar atas segala kesalahan

Dari Malik Bin Annas : Setiap manusia mempunyai kesalahan, sebaik baik kesalahan adalah dengan meminta maaf " HR Al Hakim

3. Mempersiapkan bekal yang halal " Jika seseorang pergi haji dengan harta yang tidak halal kemudian dia sampai di Makkah dan mengatakan "Ya Allah aku penuhi panggilanMu" kemudian Allah menjawabnya " Tidak ada kebaikan untukmu , kemudian ini (kedatangan haji ) tertolak" Jika seseorang pergi haji dengan harta yang halal kemudian dia sampai di Makkag dan mengatakan " Ya Allah aku penuhi panggilanMu" kemudian Allah menjawabnya " Ya Aku terima kedatanganmu dan kau senantiasa berbahagia" - HR Al Hafidz Dari Umar

4. Mempersiapkan bekal untuk keluarga yang ditinggalkan

Bekalnya harus halal. Haji yang dibekali dengan harta haram pasti Allah swt tolak. Rasulullah saw bersabda: “Sesunguhnya Allah baik dan tidak menerima kecuali yang baik. Di akhir hadits ini Rasulullah menggambarkan seorang musafir sedang berdo’a tetapi pakaiannya dan makanannya haram, maka Allah tidak akan menerima doa tersebut.” HR. Muslim. Demikian juga ibadah haji yang dibekali dengan harta haram.Nabi bersabda yang artinya, “Haji mabrur itu tidak ada balasannya kecuali surga.” (H.R. Bukhari)

---

Bekal yang juga harus disiapkan adalah bekal sabar, baik dalam antrian, di dalam kamar, bersama orang lain.

5. berpamitan kepada keluarga.

Doa yang akan pergi kepada orang yang di rumah :" Aku titipkan kalian kepada Allah, agama kalian, amanah kalian dan dari amalan kalian "Yang ditinggalkan menjawab :" Semoga Allah menambahkan ketaqwaan pada dirimu dan Allah mengampuni dosa dosamu dan semoga segala kebaikan lah yang kau dapatkan dimana kau berada"

6. Shalat istiqoroh

7. shalat safar

8. memilih teman yang baik .

perjalanan adalah safar, "perjalanan yang membongkar akhlaq / kebiasaan seseorang "

9. memilih pemimpin perjalanan

" Jika kamu keluar rumah dengan 3 orang, pilih 1 orang sebagai ketua perjalanan " sebagi pemimpin perjalanan adalah yang hafal QS Al Baqarah

10. selalu membaca doa dan dzikir dzikir dalam perjalanan

---

Doa yang dimakbul ada 3 yaitu :

1. doa orang yang dizholimi

2. doa musafir

3. doa orang tua kepada anaknya. HR Tirmidzi

---

Jika melakukan perjalanan dengan jalan menanjak, ucapkan Takbir " Allahu Akbar"

Jika melakukan perjalanan dengan jalan menurun, ucapkan tasbih "Subhanallah"

---

Doa mohon haji mabrur:

1. menuji Allah dan Shalawat kepada Rasulullah

2. mendoakan orangtua, diri kita sebelum mendoakan orang lain

3. mendoakan pendamping, anak, cucu menjadi orang yang bertakwa.

QS Al Furqon : 74

4. mendoakan inti acara : Haji Mabrur

Ya Allah, jadikanlah haji nya mabrur, sa'i yang diterima , dosa yang diampuni dan amal sholeh yang diterima dan urusan yang tidak akan mengalami rugi selamanya"

Wahai Tuhan Yang maha Mengetahui apa apa yang ada di dalam hati sanubari, keluarkanlah aku ya Allah dari kegelapan ke cahaya yang terang benderang

Ya Allah, aku mohon padaMu segala hal yang mendatangkan rahmatMu dan segala ampunanMu, selamat dari segala dosa, dan beruntung dengan mendapatkan rupa rupa kebaikan, beruntung memperoleh surga, terhindar dari neraka

Tuhanku, puaskanlah aku dengan anugerahMu yang telah engkau berikan, berkatilah untukku atas semua yang Engkau anugerahkan kepadaku dan gantilah apa apa yang telah hilang dariku dengan kebajikanMu"

---

Menurut Imam Hasan Al-Basri, Haji Mabrur adalah haji yang setelah kembali menampakkan diri lebih zuhud di dunia dalam artian merasa cukup dengan yang halal dan baik, dan lebih serius dalam mempersiapkan diri dan membekali diri untuk menyongsong kehidupan akhirat.

---

Doa Mohon petunjuk

Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami sesuatu yang benar sehingga jelas kebenarannya dan mudahkanlah kami mengikutinya"

"Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami sesuatu yang salah sehingga jelas kesalahan itu dan mudahkanlah kami menjauhinya"

---

Macam perilaku orang yang melaksanakan ibadah haji :

1. Ibadah sosialnya baik, ibadah pribadinya baik

2. Ibadah sosialnya baik, ibadah pribadinya buruk

3. ibadah sosialnya buruk, ibadah pribadinya buruk

4. ibadah sosialnya buruk, ibadah pribadinya baik

---

Masjidil Haram

Thawaf qudum ialah thawaf yang dilaksanakan sebagai penghormatan pada saat pertama masuk Masjidil Haram. Thawaf qudum hukumnya sunnat. Bagi jamaah haji yang mengambil haji tamattu' tawaf qudumnya sudah termasuk dalam thawaf umrah.

---

Tips doa ketika melakukan putaran tidak lupa berdoa :

Putaran 1 dan 2 : doa berisi pujian kepada Allah

Putaran 3 : Shalawat Nabi

Putaran 4 : Doa kepada Orang tua

Putaran 5 : Keluarga Inti

Putaran 6 : teman/saudara

Putaran 7 : untuk diri sendiri

---

Masjid Nabawi

Raudhah adalah tempat mustajab untuk berdoa. Keyakinan tersebut membuat jamaah haji dari berbagai negara yang berada di Madinah, berbondong-bondong menuju Masjid Nabawi sekaligus untuk dapat memanjatkan doa di Raudhah. Tapi Taman Surga yang terbatas itu hampir tak sebanding dengan ribuan jamaah yang ingin sekadar meletakkan dahi bersujud dan memanjatkan doa serta salam bagi Baginda yang Mulia. Perjuangan menuju Raudhah cukup berat.

Keutamaan Raudhah ini disampaikan langsung oleh Rasulullah, ”Di antara rumahku dan mimbarku adalah taman (Raudhah) dari taman-taman surga. Dan mimbarku di atas kolam.” (Shahih Bukhari)

---

Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Setiap anak Adam pasti berbuat salah dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah yang bertaubat"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut