25 November 2011

Pengajian Musholla al ukhuwah mahagoni park Tanggal 24 Nov 2011

Event : Pengajian Musholla al ukhuwah mahagoni park
Tanggal : 24 Nov 2011
Pembicara : Ustadzah Lulung Umrulain
Tema: Siroh Sahabat Nabi : Abu Bakar, Usman bin Affan, Umar bin Khattab

Mengapa kita juga perlu menteladani para sahabat Rasulullah ? Karena Allah meridhoi mereka

Qs At Taubah : 100

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar.

---

Keutamaan Abu Bakar Ash shiddiq

Sabda Nabi Saw : Kecemasanmu terhadap diri kita berdua, Allahlah yang menyertai kita

Anas meriwayatkan dari Abu Bakr bahwa ia berkata : “Saya pernah berkata kepada Rasululloh ketika kami berdua berada dalam gua : “Sekiranya salah seorang melihat ke arah telapak kakinya pasti dapat melihat kita!” beliau bersabda : “Bagaimana perkiraanmu wahai Abu Bakr jika ada dua orang sedang Alloh yang ketiganya”. (H.R Bukhori dan Muslim).

---

Sabda Nabi Saw : seseorang yang hartanya dan persahabatannya paling dekat denganku adalah abu bakar

Diriwayatkan dari Abu Sa'id Al Khudri Ra bahwa Rasulullah Saw duduk di atas mimbar lalu beliau bersabda : ada orang yang diberi dua pilihan oleh Allah antara kemewahan dunia dan pahala disisiNya lalu dia memilih pahala disisiNya, Maka abu bakar Ra menangis dan Rasulullah Saw juga menangis. Kata Abu Bakar " Kami serahkan segalanya kepada Anda" Kata Abu Sa'id : Rasulullah Saw adalah orang yang paling baik dan Abu Bakar adalah orang yang paling mengerti / paling dekat dengan beliau.

Rasulullah Saw bersabda : Seseorang yang hartanya dan persahabatannya paling dekat denganku adalah Abu Bakar. Seandainya aku memilih kekasih maka aku pilih Abu bakar sebagai kekasih, tetapi persaudaraan islam. Tiada suatu celah di mesjid kecuali celah Abu Bakar

Hadist ini juga diriwayatkan oleh Al Bukhari, No Hadist 3904)

---

Persahabatan Abu Bakar Ash Shiddiq dengan Umar Al Faruq dengan Nabi Muhammad

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas Ra dia berkata Umar bin Khattab Ra (menjelang ajal tiba) dibaringkan di atas tempat tidurnya. Orang orang pun berkumpul untuk bertahmid dan mendoakannya sebelum dia wafat yang ketika itu aku turut berkumpul. Kata Ibnu Abbas : tidak ada yang mengejutkan kecuali seorang laki laki menepuk pundakku dari belakangku lalu aku menolehnya ternyata dia adalah Ali Ra. Kemudian dia memohonkan rahmat untuk Umar. Setelah itu Ali mengatakan "Tidak ada lagi seorang sepeninggalmu yang aku lebih senangi daripada kamu sehingga aku lebih suka bertemu Allah dengan membawa kebajikan seperti kebajikanmu. Demi Allah menyusulkanmu kepada dua orang temanmu (Rasulullah Saw dan Abu bakar yang telah wafat) maka ada sabda Rasulullah Saw yang pernah aku dengar dan sering aku beritahukan " Aku datang dengan Abu Bakar dan Umar. Aku masuk dengan Abu bakar dan Umar, Sungguh aku berharap agar Allah menjadikanmu bersama Rasulullah Saw dan Abu Bakar"

Hadist ini juga diriwayatkan oleh Al Bukhari No hadist 3677)

---

Kegelapan itu ada lima perkara dan penerangnya juga ada lima perkara yaitu :

a. Cinta dunia itu kegelapan dan penerangnya adalah taqwa.

b. Dosa itu kegelapan dan penerangnya adalah taubat.

c. Akhirat itu kegelapan, penerangnya adalah amal soleh.

d. Kubur itu kegelapan, penerangnya adalah kalimah ‘La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah.’

e. Siratul Mustaqim itu kegelapan, penerangnya adalah yakin

(Abu bakar assiddiq)

---

Cinta dunia itu kegelapan dan penerangnya adalah taqwa.

Qs Ali Imran : 14

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak 186 dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).

---

Dosa itu kegelapan dan penerangnya adalah taubat.

QS Ali Imran : 133-135

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa,

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengatahui.

---

Imam Nawawi memulakan bab ini menulis, berkata ulama:

“Taubat itu wajib dari setiap dosa. Taubat seorang hamba dengan Allah Taala, tidak berkait dengan hak manusia lain, mempunyai tiga syarat:

1. Berhenti serta-merta dari melakukan maksiat.

2. Menyesal kerana melakukannya.

3. Berazam untuk tidak mengulanginya lagi.

---

Jadilah orang yang :

1. meskipun fakir namun rajin bekerja untuk menghidupi keluarga

2. seorang istri yang diridhoi suami

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya”. (HR. Abu Dawud )

---

3. seorang suami yang mensedekahkan maharnya

4. seorang anak yang meridhoi ayahnya

5. orang yang bertaubat setelah berbuat dosa

---

Kubur itu kegelapan, penerangnya adalah kalimah ‘La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah.’

Qs Ibrahim : 24-27

Tidakkah kamu kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit,

pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Rabbnya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.

Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi; tidak dapat tetap (tegak) sedikitpun.

Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.

---

Doa agar diberikan penerangan di alam kubur

Qs At Tahrim : 8

... "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu".

---

Akhirat itu kegelapan, penerangnya adalah amal soleh

Qs Al Mulk : 2

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.

---

Siratul Mustaqim itu kegelapan, penerangnya adalah yakin

Shirat adalah Sebuah jembatan yang terbentang di atas punggung Neraka Jahannam sebagai satu-satunya jalan menuju jannah Allah.

Abu Sa’id al-Khudry berkata, “Telah sampai hadits kepadaku yang menyatakan bahwa jembatan itu lebih lembut dari sehelai rambut dan lebih tajam dari pedang.

Bagi orang Mukmin, mereka mendatangi sirat tersebut sesuai dengan amalan mereka. Dalam hal ini ada tiga bagian antara lain :

a. Mereka yang melewatinya tanpa ada rintangan.

b. Mereka yang awalnya celaka(bersusah payah), namun ia selamat darinya.

c. Mereka yang masuk ke Neraka kemudian ia selamat darinya

http://fadilarahim.wordpress.com/2010/05/12/beriman-kepada-shirat-jembatan-di-atas-neraka-jahannam/

---

Rasulullah saw. bersabda, "Tidaklah salah seorang di antara kalian (nanti dibangkitkan) kecuali Tuhannya akan berbicara dengannya tanpa seorang penerjemah. Ia melihat ke arah kanan, ia pun tidak melihat apapun kecuali sesuatu yang dipersembahkannya. Ia melihat ke arah kiri, ia pun tidak melihat apapun kecuali sesuatu yang dipersembahkannya. Lantas ia melihat apa yang berada di depannya, ia pun tidak melihat apapun kecuali kobaran api neraka. Maka takutlah engkau dari api neraka meskipun hanya dengan secuil kurma." HR Bukhari

http://www.kursusbahasaarab.net/Artikel/Jagalah-Dirimu-Meskipun-Hanya-Dengan-Secuil-Kurma.html

---

Keutamaan Umar bin Khattab

Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar Ra dari Rasulullah Saw beliau bersabda : Ketika aku tidur, aku bermimpi diberi segelas susu lalu aku minum sebagiannya sehingga aku merasakan kesegaran sampai keujung ujung kuku kemudian aku berikan sisanya kepada Umar bin khattab. Para sahabat bertanya : Apa takwil mimpi itu, ya Rasulullah ? Beliau menjawab : tentang ilmu"

Hadist ini juga diriwayatkan oleh Al Bukhari No Hadist 82)

---

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra dia berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah bersabda : ketika aku tidur, aku bermimpi berada di sebuah sumur yang ada timbanya lalu aku menimba air dari sumur itu dengan izin Allah. Kemudian Ibnu Abi Quhafah mengambil timba tersebut lalu dia menimba sekali atau dua kali dengan merasa sulit (Semoga Allah mengampuni Ibnu Abi Quhafah) kemudian air sumur itu habis. Setelah itu timba dipegang oleh Umar bin Khattab maka tidak aku lihat orang yang cerdas yang bisa menimba air seperti Umar bin Khattab sehingga orang orang berkerumun di dekat air

Hadist ini juga diriwayatkan oleh Al Bukhari No Hadist 3664)

---

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra dari Nabi Muhammad beliau bersabda : ketika aku sedang tidur, aku bermimpi berada di dalam surga tiba tiba ada seorang perempuan membersihkan dirinya dengan air di sebelah sebuah istana, kemudian aku tanyakan : Milik siapa istana ini ? Mereka menjawab "Milik Umar bin Khattab" Maka aku tuturkan kecemburuan Umar lalu aku berpaling.

Kata Abu Hurairah : Kemudian Umar menangis yang ketika itu kami semua berada di majelis tersebut bersama Rasulullah saw kemudian Umar mengatakan "Ya Rasulullah, demi ayah dan ibuku, apakah aku cemburu kepada Anda ?"

Hadist ini juga diriwayatkan oleh Al Bukhari No Hadist 3242

---

Diriwayatkan dari Sa'ad bin Abi Waqqash Ra, dia berkata : Umar pernah minta izin kepada Rasulullah Saw untuk bertamu kepada beliau yang ketika itu disisi Rasulullah Saw terdapat para wanita Quraisy yang sedang berbicara panjang lebar dengan Rasulullah Saw dengan suara yang lantang. setelah Umar minat izin hendak masuk, para wanita itu segera berdiri untuk bersembunyi di balik hijab. Kemudian Rasulullah Saw mempersilahkan Umar masuk sambil tersenyum. Kata Umar: Ya Rasulullah, Allah membuat Anda tersenyum, Rasulullah Saw menjawab : aku heran pada wanita yang ada disisiku tadi. Ketika mereka mendengar suaramu, mereka segera bersembunyi, Kata Umar : Ya Rasulullah Andalah yang lebih berhak disegani". Lalu Umar mengatakan kepada para wanita itu "Hai orang orang yang menjadi musuhnya sendiri, apakah kalian segan kepadaku tanpa segan kepada Rasulullah Saw? Mereka menjawab : Ya, kau lebih keras daripada Rasulullah. Rasulullah Saw bersabda : Demi Allah yang menguasai diriku, tak ada setan yang berpapasan denganmu Umar di suatu jalan melainkan setan tersebut pasti akan menyimpang untuk menghindari jalanmu

Hadist ini juga diriwayatkan oleh Al Bukhari No hadist 3294

---

Diriwayatkan dari Aisyah Ra dari Nabi Saw bahwa beliau pernah bersabda: di kalangan umat umat terdahulu ada orang orang yang mendapat ilham. jika di dalam umatku ada orang orang yang mendapat ilham maka Umarlah salah satunya

Kata Ibnu Wahb : Maksud kata "muhaddatsuun" dalam hadist tersebut adalah orang orang yang mendapat ilham

Hadist ini juga diriwayatkan oleh Al Bukhari No Hadist 3689

---

Umar Bin Khattab disebut juga Al Faruq (pemisah antara hak dan batil)

Doa sebelum belajar yang dilakukan Umar :

Rodlittu billahirobba wabil islaamidina wabimuhammadin nabiyyawwarasulla robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahman

---

Kebesaran Allah itu sangat luas, kita tidak akan bisa menyebutkannya 1 per 1

Qs Al Kahfi : 109

Katakanlah: "Kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Rabbku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Rabbku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula).

---

Keutamaan shalat tahajud

QS Al Isra : 78-79

Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh 865. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).

Dan pada sebagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

---

Hukum syariat (Islam) ada lima:

1. wajib

suatu (pekerjaan) yang berpahala jika dikerjakan, dan berdosa jika ditinggalkan

2. mandub (sunnah)

suatu (pekerjaan) yang berpahala jika dilakukan, dan tidak berdosa jika ditinggalkan.

3. haram

suatu (pekerjaan) yang berpahala jika ditinggalkan, dan berdosa jika dilakukan

4. makruh

suatu (pekerjaan) yang berpahala jika ditinggalkan, dan tidak berdosa jika dilakukan.

5. mubah

suatu (pekerjaan) yang jika dikerjakan atau ditinggalkan sama saja, tidak berpahala dan tidak berdosa.

ww.shiar-islam.com/syariat2.htm

---

Tanda-tanda Dekatnya Kiamat antara lain :

1. Kewafatan Rasullulah

2. Penaklukan Baitul Maqdis

3. Wabak Penyakit

4. Zina eaharajalela

5. Alat musik merajalela

6. Menghias masjid dan membanggakannya

7. Orang hina mendapat kedudukan terhormat

8. Banyak wanita yang berpakaian tetapi hakikatnya telanjang

9. Negara Arab menjadi padang rumput dan sungai

10. Munculnya gaya hidup mewah dan manja di kalangan umat Islam

http://jiwang.org/sejarah-mitologi/34364-tanda-hampirnya-kiamat.html

---

Agama yang benar hanya Islam

Qs Al Isra : 85-86

Barangsiapa mencari agama selain dari agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.

Bagaimana Allah akan menunjuki suatu kaum yang kafir sesudah mereka beriman, serta mereka telah mengakui bahwa Rasul itu (Muhammad) benar-benar rasul, dan keterangan-keteranganpun telah datang kepada mereka Allah tidak menunjuki orang-orang yang zalim

---

Hanya Allah yang patut kita sembah

Qs Ali Imran : 18

Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu 188 (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut