20 Januari 2012

Pengajian Masjid Raya Bani Umar Tema : Keutamaan Shalawat Tanggal : 17 Januari 2012

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tema : Keutamaan Shalawat
Tanggal : 17 Januari 2012
Pembicara : Ustadz Tuti Sukayat

Keutamaan shalawat kepada Nabi Muhammad

Qs Al Ahzab : 56

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya

---

Manfaat bershalawat :

1. Allah mengabulkan hajat, memudahkan rezeki

2. Menjadi cahaya di atas Shirat

3. Dikumpulkan bersama para syuhada

Shalawat ini bisa dijadikan barometer untuk mengukur kadar kecintaan seseorang terhadap Nabinya,yaitu Muhammad saw.Selain itu,Jauh dekatnya seorang muslim dengan nabinya dapat dilihat dari sedikit banyaknya ia dalam membaca shalawat.Sebab orang yang paling dekat dengan Rasulullah adalah orang yang banyak membaca shalawat kepada Nabinya.

Rasulullah saw bersabda :” sesungguhnya orang yang paling dekat denganku pada hari kiamat adalah orang yang paling banyak membaca shalawat kepadaku”

Rasulullah saw bersabda :” Sesungguhnya akan datang kepada telagaku pada hari kiamat kaum-kaum yang hanya aku kenal karena mereka banyak membaca shalawat untukku”.

Diantara tanda dari orang yang banyak membaca shalawat kepada Nabi saw adalah wajahnya ketika dirinya berkumpuldengan semua makhluk dipadang mahsyar.Juga bercahayaketika saat melewati shirat,yaitu jembatan penyebrangan yang ada diatas neraka sebagai jalan menuju surga. Padahal waktu itu,banyak orang yang melewati shirat mukanya dan tubuhnya menjadi hitam pekat karena uap dari bara api neraka. Hal ini tidak terjadi pada para nabi,orang shaleh termasuk orang orang yang banyak membaca shalawat,justru cahaya mereka akan bersinar saat melewati shirat.

Bercahayanya wajah adalah sebagai tanda bahwa dirinya adalah calon penghuni surga, yang ringan hisabnya dan selamat saat melewati shirat.Orang seperti ini kebahagiaannya sudah terpancar dari kemilauan sinar wajahnya.Bahkan cahaya yang menyelimuti dirinya itu jika dibagi untuk menerangan seluruh makhluk yang ada di alam ini akan mencukupi.

---

Shalawat Nariyah

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan Wa sallim salaaman taaman ‘ala sayyidinaa Muhammadin Alladzi tanhallu bihil ‘uqadu, wa tanfariju bihil kurabu, wa tuqdhaa bihil hawaa’iju Wa tunaalu bihir raghaa’ibu wa husnul khawaatimi wa yustasqal ghomaamu bi wajhihil kariimi, wa ‘alaa aalihi, wa shahbihi ‘adada kulli ma’luumin laka

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah pujian yang sempurna dan juga keselamatan sepenuhnya, Kepada pemimpin kami Muhammad, Yang dengan sebab beliau ikatan-ikatan (di dalam hati) menjadi terurai, Berkat beliau berbagai kesulitan menjadi lenyap, Berbagai kebutuhan menjadi terpenuhi, Dan dengan sebab pertolongan beliau pula segala harapan tercapai, Begitu pula akhir hidup yang baik didapatkan, Berbagai gundah gulana akan dimintakan pertolongan dan jalan keluar dengan perantara wajahnya yang mulia, Semoga keselamatan juga tercurah kepada keluarganya, dan semua sahabatnya sebanyak orang yang Engkau ketahui jumlahnya.”

Doa untuk anak yang diambilkan dari Al Quran :

Qs Surat Ali Imran : 38

" Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik,dari sisiMu sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa"

---

QS Surat Ibrahim : 35

“ Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berdoa. “ Ya tuhan , jadikanlah negeri ini, negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku agar tidak menyembah berhala”

---

Qs Surat Ibrahim : 40

" Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat, Ya Tuhan Kami, perkenankanlah doaku"

---

Qs Surat Ibrahim : 41

“ Ya Tuhan Kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari kiamat)”

---

QS Surat Al Anbiya : 89

" ... Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik"

---

Ustad Abdul Roziq (penemu metode Bilqis)

Bacaan Bertajwid Tanpa Ilmu Tajwid Dengan Metode Bilqis

Belajar Al Quran itu mudah

Qs Al Qamar : 17, 22, 32, 40

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?

---

Bagaimana cara belajar membaca al Quran yang bagus ?

1. Menggunakan metode yang tepat

2. Adanya kemauan yang kuat

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut