08 Mei 2012

Tausiyah Pengajian Masjid Raya Bani Umar Tema : Dampak dari membanggakan diri Tanggal : 8 Mei 2012

Event : Tausiyah Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tema : Dampak dari membanggakan diri
Tanggal : 8 Mei 2012
Pembicara : Ustadzah Khofifah Indar Parawansa

Qs Al Hujurat : 13

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. 

---

Kapal Titanic

RMS Titanic adalah sebuah kapal penumpang super Britania Raya yang tenggelam di Samudera Atlantik Utara pada tanggal 15 April 1912 setelah menabrak sebuah gunung es pada pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris ke New York City dan menewaskan 1.514 orang.

---

Titanic merupakan kapal terbesar di dunia pada pelayaran perdananya yang sanggup mengangkut 2.224 penumpang. Oleh karena itu kapal ini diberi nama Titanic, berasal dari kata Titan, makhluk yang punya kekuatan supra natural dalam mythologi Yunani. Dengan penuh keyakinan para insinyur pembuat Titanic ini berkata, “Bahkan Tuhan tidak bisa menenggelamkan Titanic!

---

Para penumpangnya terdiri dari sejumlah orang terkaya di dunia, serta lebih dari seribu emigran dari Britania Raya, Irlandia, Skandinavia. Pada tanggal 14 April 1912, empat hari pasca pelayaran, tepatnya 375 mil di selatan Newfoundland, kapal menabrak sebuah gunung es pukul 23:40 (waktu kapal; UTC-3)

---

Kapal Costa Concordia

Costa Concordia mulai berlayar pada Juli 2006 dan merupakan kapal terbesar yang dibangun di Italia, dengan tonase kotor seberat 114,500 GT.
Kapal ini mendapatkan perhatian internasional pada bulan Januari 2012 setelah kandas di lepas pantai Isola del Giglio, Italia, yang mengakibatkan 4.000 orang dievakuasi. Sedikitnya 25 orang tewas , 42 luka-luka, dan 7 orang masih belum diketahui

---

Runtuhnya Gedung WTC

pada 11 September 2001, 19 pembajak dari kelompok militan Islam, al-Qaeda membajak empat pesawat jet penumpang. Para pembajak sengaja menabrakkan dua pesawat ke Menara Kembar World Trade Center di New York City; kedua menara runtuh dalam kurun waktu dua jam. Pembajak juga menabrakkan pesawat ketiga ke Pentagon di Arlington, Virginia. Menurut laporan tim investigasi 911, sekitar 3.000 jiwa tewas dalam serangan ini.

---

Qs Al Qasas : 76

Sesungguhnya Karun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya: "Janganlah kamu terlalu bangga; sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri". Karun adalah salah seorang anak paman Nabi Musa a.s.

---

Qarun

Qarun adalah sepupu Nabi Musa, anak dari Yashar adik kandung Imran ayah Musa. Awal kehidupan Qarun sangatlah miskin dan memiliki banyak anak. Pada suatu kesempatan ia meminta Musa untuk mendoakannya kepada Allah SWT, yang ia pinta adalah kekayaan harta benda, dan akhirnya permintaan tersebut dikabulkan oleh Allah SWT.

---

Tempat Qarun ditenggelamkan bersama dengan harta dan pengikutnya telah menjadi danau yang dikenal sebagai Danau Qarun atau dalam bahasa Arab Bahirah Qarun. Yang tersisa hanya puing-puing istana Qarun yang teletak di daerah Al Fayyum, Mesir.

---

QS Al Qasas : 78

Qarun berkata: "Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karena ilmu yang ada padaku". Dan apakah ia tidak mengetahui, bahwasanya Allah sungguh telah membinasakan umat-umat sebelumnya yang lebih kuat daripadanya, dan lebih banyak mengumpulkan harta? Dan tidaklah perlu ditanya kepada orang-orang yang berdosa itu, tentang dosa-dosa mereka

---

QS Al Qasas : 79

Maka keluarlah Karun kepada kaumnya dalam kemegahannya . Berkatalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia: "Moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yang telah diberikan kepada Karun; sesungguhnya ia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar". Menurut mufassir: Karun ke luar dalam satu iring-iringan yang lengkap dengan pengawal, hamba sahaya dan inang pengasuh untuk memperlihatkan kemegahannya kepada kaumnya

---

Haman

Haman disebutkan dalam al-Qur’an sebanyak 6 kali. Sumber-sumber dalam al-Qur’an menyebutkan kisah Haman terjadi setelah kembalinya Musa dari Madyan. Dalam kerajaan Fir'aun, Haman menempati beberapa posisi penting kerajaan sebagai mentri, penasehat raja (terutama bidang keagamaan), dan sebagai pelaksana proyek pembangunan menara.

---

Haman diperintah oleh Fir'aun untuk membuat menara yang akan digunakan Fir'aun untuk melihat "Tuhan Musa". Pembuatan menara itu membutuhkan 50.000 pekerja dan belum termasuk tukang untuk membuat kuil-kuil. Setelah pembangunan menara selesai, Fir'aun menembakkan panah dari puncak menara untuk mengalahkan Tuhan Musa. Fir'aun berbohong kepada Musa bahwa Tuhannya telah mati dengan menunjukkan anak panahnya yang kembali telah berlumuran darah.

---

Qs Al Qasas : 38

Dan berkata Fir'aun: "Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa dia termasuk orang-orang pendusta". Maksudnya: membuat batu bata

---

Fir'aun

Siapakah Tuhan yang engkau sebut-sebut itu, hai Musa? Adakah tuhan di atas bumi ini selain aku yang patut di sembah dan dipuja?"

---

Qs Yunus : 75

Kemudian sesudah rasul-rasul itu, Kami utus Musa dan Harun kepada Fir'aun dan pemuka-pemuka kaumnya, dengan (membawa) tanda-tanda (mu'jizat-mu'jizat) Kami, maka mereka menyombongkan diri dan mereka adalah orang-orang yang berdosa.

---

Qs Yunus : 90

Dan Kami memungkinkan Bani Israil melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Fir'aun dan bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Fir'aun itu telah hampir tenggelam berkatalah dia: "Saya percaya bahwa tidak ada Tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”.

---

QS Al Qasas : 77

Dan Kami memungkinkan Bani Israil melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Fir'aun dan bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Fir'aun itu telah hampir tenggelam berkatalah dia: "Saya percaya bahwa tidak ada Tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”.

---

Sifat sifat Allah

Wujud : ada
Qidam : terdahulu
Baqa’ : kekal
Mukhalafatuhu Ta’ala Lilhawadith : berbeda dengan yang baru
Qiyamuhu Ta’ala Binafsihi : berdiri sendiri
Wahdaniyyah : Esa
Qudrah: Kuasa
Iradah : Menentukan
’Ilim: Mengetahui
Hayah : Hidup

Sama’ : Mendengar
Bashar : melihat
Kalam : berkata
Qadiran : maha kuasa
Muridan : menentukan
‘Aliman : maha mengetahui
Hayyun : maha hidup
Sami’an : maha mendengar
Bashiran : maha melihat
Mutakalliman : maha berkata-kata


Sifat sifat manusia

Adam : Tidak Ada
Huduts : Baru
Fana’ : Binasa
Mumatsalah Lilhawaditsi: Sama dengan yang baru
Ihtiyaj Ila Mahal Wa Mukhashshash : bersandar pada yang lain
Ta’addud : berbilang-bilang
’Ajz : Lemah
Karahah : Terpaksa
Jahil : Bodoh
Maut : Mati

Shamam : Tuli
’Ama : Buta
Bakam : Bisu
Ajizan : lemah
Mukrahan : Terpaksa
Jahilan : Bodoh
Mayyitan : mati
Ashamma : Tuli
A’ma : Buta
Abkama : Bisu

---

QS An nisa : 28

Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, dan manusia dijadikan bersifat lemah.

---

QS An nisa : 9

Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.

---

QS An Nahl : 112

Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezkinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari ni'mat-ni'mat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat.

---

Sabda Rasulullah SAW, tegaknya Negara ditunjang empat pilar.

1. bi’ilmil ulama (dengan ilmu ulama). Negara bisa tegak dengan benar bila ditunjang peran ulama.

2. bi-adillatil umaro (dengan keadilan para pemimpin/pejabat/pemerintah/penguasa).

3. bisaqoowatil aghniyaa, peran para aghniya (orang-orang kaya)/para konglomerat yang memberikan kontribusi kepada pemerintah/negara.

4. bidu’aail fuqoroo-i wal masaakiin, doanya orang-orang lemah.

---

Hati hati dengan hal hal yang bisa melalaikan kita kepada akhirat

Qs Ali Imran : 14

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).

---

Ciri ciri orang yang bertaqwa

1. Menafkahkan harta baik diwaktu lapang maupun sempit

2. Menahan amarah

3. Memaafkan kesalahan orang lain

4. Berbuat kebajikan

5. Bertaubat nasuha

QS Ali Imran : 133-134

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa,

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.

---

Sistem politik islam : Standar dalam kepemimpinan adalah demi kemaslahatan dan mengatur umat serta menjaga agama dan politik dunia

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut