17 Juni 2012

Isra' Mi'raj Musholla Al Ukhuwah Mahagoni park Tema : Menyikapi tadabbur al Quran dan mengambil Hikmah Isra' Mi'raj

Event : Isra' Mi'raj Musholla Al Ukhuwah Mahagoni park
Tema : Menyikapi tadabbur al Quran dan mengambil Hikmah Isra' Mi'raj
Tanggal : 17 Juni 2012
Pembicara : Ustadz Adipura

Pembacaan ayat suci Al Quran :

Qs Al Isra': 1-2

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab Taurat itu petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman): Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku,

---

Sebaik baik manusia adalah manusia yang bertaqwa

QS Al Hujurat : 13

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal

---

Semua hal yang ada di dalam Al Quran itu benar dan nyata, namun banyak diantara kita yang meragukannya bahkan mengingkarinya

QS Al Ankabut : 49

Sebenarnya, Al-Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim.

---

InsyaAllah al Quran itu akan terjaga kemurniaannya, kebenarannya, ke eksistensiannya karena itulah janji Allah

QS Al Hijr : 9

Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.

---

Ada kekhawatiran dari Rasulullah jika ummatnya mengabaikan Al Quran

QS Al Furqon : 30

Berkatalah Rasul: Ya Rabbku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan Al-Quran ini sesuatu yang tidak diacuhkan.

---

Mempelajari / menseriusi pendalaman Al Quran itu tergantung dari niat kita sendiri, apakah kita benar benar serius/tidak

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.

---

Mari introspeksi diri, apaah kita selama ini meremehkan Al Quran ?

QS Al Waqiah : 81

Maka apakah kamu menganggap remeh saja Al-Quran ini?,

---

Al Quran itu menjadi solusi, Al Quran itu menyenangkan hati jika kita sudah menanamkannya di dalam hati

QS Taha : 2

Kami tidak menurunkan Al-Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah,

---

Al Quran itu mudah dipelajari, tinggal kita mau untuk mengambil hikmah dari al Quran itu sendiri/tidak ?

QS Al Qamar : 17, 22, 32, 40

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?

---

Pedoman hidup utama kita adalah Al Quran dan Al Hadist

Hadist : “Aku tinggalkan pada kalian dua perkara yang kalian tak akan tersesat apabila (berpegang teguh) dgn keduanya, yaitu Kitabullah (Al-Qur’an) & Sunnahku (tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam).”

---

Apabila kita belum bisa berbahasa arab, gunakanlah panduan al Quran terjemah supaya memudahkan kepahaman kita

Qs Ad Dukhan : 58

Sesungguhnya Kami mudahkan Al-Quran itu dengan bahasamu supaya mereka mendapat pelajaran.

---

Qs Maryam : 97

Maka sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran itu dengan bahasamu, agar kamu dapat memberi kabar gembira dengan Al-Quran itu kepada orang-orang yang bertaqwa, dan agar kamu memberi peringatan dengannya kepada kaum yang membangkang.

---

Kita bisa serius mempelajari buku pelajaran yang jauh lebih tebal dari pada Al Quran, mengapa kita ragu ragu dalam memahami al Quran, padahal al Quran itu sumber segala ilmu pengetahuan

QS Yusuf : 1-2

Alif, laam, raa. Ini adalah ayat-ayat Kitab (Al-Quran) yang nyata (dari Allah).

Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.

---

Banyak sekali ilmu pengetahuan yang bersumber dari Al Quran, ini adalah salah satu bukti keistimewaan Al Quran

QS Al A'raf : 203

Dan apabila kamu tidak membawa suatu ayat Al quran kepada mereka, mereka berkata: `Mengapa tidak kamu buat sendiri ayat itu?` Katakanlah: `Sesungguhnya aku hanya mengikut apa yang diwahyukan dari Tuhanku kepadaku. Al quran ini adalah bukti-bukti yang nyata dari Tuhanmu, petunjuk dan rahmat bagi orang-orang beriman.`

---

Banyak hal yang tidak bisa kita jangkau dengan akal pikiran manusia, hal itu adalah bukti keterbatasan manusia dalam ilmu, namun Allah maha mengetahui segala sesuatu, bahkan ketika kita berpikir bahwa Mengapa Allah menciptakan manusia padahal Allah tahu bahwa manusia kelak akan berbuat kerusakan, nah banyak sekali hal yang kita tidak/belum ketahui hikmah di balik peristiwa

Qs Al Baqarah : 30

Ingatlah ketika Rabb-mu berfirman kepada para Malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata: Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau? Rabb berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.

---

Perintah shalat itu juga diberikan kepada umat Nabi Musa

QS Al Baqarah : 83

Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada ibu bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.

---

Perintah shalat juga diberikan kepada umat nabi Ibrahim dan Ismail

Qs Al Baqarah : 125

Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: Bersihkanlah rumah-ku untuk orang-orang yang thawaf, yang itikaf, yang ruku, dan yang sujud.

---

Perintah shalat juga diberikan kepada umat nabi Isa

QS Maryam : 30-31

Berkata Isa: Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al-Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi.

dan Dia menjadikan aku seorang yang berbakti di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup,

---

Nabi Muhammad adalah nabi penutup, sehingga ajarannya paling sempurna diantara nabi nabi yang sebelumnya

Qs Al Ahzab : 40

Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

---

Perintah untuk berkurban itu juga diperintahkan kepada putra putra Nabi Adam

Qs Al Maidah : 27

Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, maka diterima salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): Aku pasti membunuhmu!. Berkata Habil: Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertaqwa.

---

Inti dari kurban bukan dari daging/darah hewan tersebut, melainkan ketakwaan

Qs Al Hajj : 37

Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.

---

Di dalam setiap kepemimpinan nabi, pasti ada umat yang ingkar

1. Umat Nabi Shaleh

Qs Asy Syu'ara : 141-142

Kaum Tsamud telah mendustakan rasul-rasul.

Ketika saudara mereka, Shaleh, berkata kapada mereka: Mengapa kamu tidak bertaqwa?

---

2. Umat Nabi Syuaib

Qs Asy Syu'ara : 177

ketika Syuaib berkata kepada mereka: Mengapa kamu tidak bertaqwa?,

---

3. Umat Nabi Isa

Qs Al Maidah : 112

(Ingatlah), ketika pengikut-pengikut Isa berkata: Hai Isa putera Maryam, bersediakah Rabbmu menurunkan hidangan dari langit kepada kami. Isa menjawab: Bertaqwalah kepada Allah jika betul-betul kamu orang yang beriman.

---

Perintah shalat itu ada 5 waktu

Qs Hud : 114

Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.

---

Qs Al Isra' : 78

Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).

---

Apa sebenarnya fungsi shalat ? untuk mengingat Allah serta mewujudkan ketaqwaan kepada Allah

QS Taha : 14

Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Ilah (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.

---

Qs Al An'am : 72

dan agar mendirikan shalat serta bertaqwa kepada-Nya dan Dialah Rabb Yang kepada-Nya-lah kamu akan dihimpunkan.

---

QS Al An'am : 162

Katakanlah: Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam,

---

Orang yang shalat hanya sebatas ritual tanpa makna didalamnya, berarti sia sia

QS Al Anfal : 35

Sembahyang mereka di sekitar Baitullah itu lain tidak hanyalah siulan dan tepukan tangan. Maka rasakanlah azab disebabkan kekafiranmu itu.

---

Hadist : “Sesungguhnya aku diutus Allah semata-mata untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak manusia.”

---

Jadi, apakah ciri ciri taqwa itu ?

Qs Ali Imran : 133-135

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa,

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengatahui.

---

Jadi pahala dan dosa itu berlaku baik di dunia maupun di akhirat

QS Ali Imran : 56

Adapun orang-orang yang kafir, maka akan Ku-siksa mereka dengan siksa yang sangat keras di dunia dan di akhirat, dan mereka tidak memperoleh penolong.

---

Event : Isra' Mi'raj Musholla Al Ukhuwah Mahagoni park
Tema : Hikmah sedekah
Tanggal : 17 Juni 2012
Pembicara : Ustadz Soleh sofyan

Hadis Nabi: "Bila seorang hamba meninggal, maka putuslah semua amalnyakecuali dari tiga perkara, yaitu sedekah yang mengalir, ilmu yangbermanfaat dan anak soleh yang mendoakannya" (H.R. Muslim).

---

Doa :

Qs Al Furqon : 74

Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut