04 September 2014

Pengajian Khoirotunnisa Bintaro 4 September 2014 Ustadz M Fatih Karim Pilar pilar penguat jiwa Dahsyatnya Tawakkal

Event : Pengajian Khoirotunnisa Bintaro
Tanggal : 4 September 2014
Pemateri : Ustadz M Fatih Karim
Tema : Pilar pilar penguat jiwa : Dahsyatnya Tawakkal

Yuk, semangat dalam menuntut ilmu :
Ilmu yang bermanfaat akan melahirkan ataupun menghasilkan sesuatu yang bermanfaat pula, antara lain; membuat pemilikinya menjadi lebih beriman dan bertaqwa. Dan sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bisa menambah pengetahuan tentang Tuhannya serta bisa memperkuat keimanan dalam hati mereka menjadikan mereka semakin takut kepada Allah

http://www.dakwatuna.com/2013/10/04/39968/ilmu-itu-utama-harta-mungkin-kesekiannya/#ixzz3CKubrWnB

---

Kisah masuknya Umar (Amirul Mukminin) ke dalam Islam tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kisah yang patut jadi teladan bagi setiap muslim ini sangat menginspirasi. Sekilas saya ceritakan kembali kisahnya. Peristiwa Umar bin Khattab masuk Islam yaitu ketika dia mendengar saudara perempuan Umar dan suaminya telah masuk islam. Lalu dia bergegas pergi ke rumah saudara perempuannya itu padahal pada awalnya dia hendak pergi ke kediaman Rasulullah untuk membunuhnya, tak sengaja dia mendengar Khabbab bin Art yang sedang mengajarkan Al-Quran kepada keduanya. Ketika Umar masuk rumah mereka, Umar sangat marah namun karena melihat saudara perempuannya terluka akibat perbuatannya maka dia berdiam sejenak. Tanpa sengaja dia melihat kertas yang berisi surat Al-Quran, dia hendak melihat surat itu namun tidak diizinkan oleh adiknya sebelum ia berwudhu. Kemudian setelah berwudhu, Umar membaca surat tersebut yaitu penggalan surat Thaha. Hingga hatinya menjadi lembut dan tumbuhlah keyakinan bahwa Allah lah yang patut disembah dan Muhammad adalah utusan Allah.

Sebelum Umar masuk Islam, Rasulullah pernah berdoa, “Ya Allah, muliakanlah Islam dengan salah seorang dari dua orang yang lebih Engkau cintai; Umar bin Khattab atau Abu Jahal bin Hisyam”. Doa ini diungkapkan oleh Khabbab kepada Umar setelah melihat Umar yakin akan ke Esaan Allah di rumah saudarinya. Maka semakin kuatlah keyakinan Umar bin Khattab dan bergegas menemui Rasulullah untuk mengucapkan dua kalimat penakluk dunia yaitu Syahadat. Itulah sepenggal kisah masuknya sang Amirul Mukminin ke dalam Islam.

http://www.dakwatuna.com/2013/05/15/33314/sepenggal-hikmah-doa-rasulullah-saw-agar-umar-masuk-islam/#ixzz3CKv322ak

---

Ironis ketika 5 diantara 10 jamaah haji dari Indonesia diindikasikan tidak bisa membaca Al Quran.

---

Definisi Tawakal : Tawakal berasal dari perkataan Arab ‘Wakalah’ yang bererti memilih wakil, mewakilkan atau menyerahkan urusan kepada pihak yang lain.

Menurut Abu Zakaria Ansari, ‘Tawakal’ ialah “Keteguhan hati dalam menyerahkan urusan kepada orang lain.” Sifat sedemikian berlaku selepas timbulnya rasa percaya kepada orang yang diserahkan urusan tadi. Maksudnya, dia mesti mempunyai sifat amanah (dipercayai) terhadap apa yang diamanahkan dan dia boleh memberikan rasa tenang dan selamat terhadap orang yang memberikan amanah tersebut.

Dalam agama Islam, ‘Tawakal’ adalah sikap seseorang Muslim yang ikhlas dan benar2 berserah diri sepenuhnya kepada Keagungan dan Kekuasaan Allah dalam menghadapi atau menunggu hasil dari sesuatu usaha, pekerjaan atau menanti akibat dari suatu keadaan. Ia akan menjurus kepada menghayati fitrah sebenar kejadiannya sebagai makhluk ciptaan Allah Yang Maha Esa, yang mana seseorang itu sentiasa menyedari dirinya mempunyai kelemahan dan kekurangan.

Imam al-Ghazali pula merumuskan definisi ‘Tawakal’ sebagai, “Tawakal ialah menyandarkan kepada Allah tatkala menghadapi suatu kepentingan, bersandar kepadaNya dalam waktu kesukaran, teguh hati ketika ditimpa bencana disertai jiwa yang tenang dan hati yang tenteram.”

Dalam bertawakal ada peringkat-peringkat yang boleh dijadikan kayu ukur kebergantungan kita :

1. Pengharapan seseorang kepada Allah atas perlindungan dan memenuhi keinginannya, seperti seseorang yang menyerahkan segala urusannya kepada orang yang mewakilinya atau terikatnya seseorang pelanggan kepada penganjurnya. Dia menyerahkan sesuatu namun tiba suatu masa ia boleh menarik kembali perjanjian dan menyerahkannya kepada pihak lain yang lebih dipercayai.

2. Pengharapan seseorang kepada Allah seperti seorang anak yang hanya bergantung kepada ibu bapanya atau sikap terlalu bergantungnya seorang bayi terhadap ibunya. Dia tidak mengenali orang lain selain ibunya, tidak merengek dan meminta susu kecuali kepada ibunya, ia tidak berserah diri kecuali kepada ibunya. Namun bayi itu dapat juga berbuat sesuatu yang diinginkannya di luar pengetahuan ibu bapanya. Kebergantungannya kepada si ibu kerana adanya keinginan dan pengharapan yang tiada pada orang lain, selain ibunya.

3. Pengharapan seseorang kepada Allah bagaikan kebergantungan suatu mayat yang menyerahkan sepenuh urusan dirinya kepada orang yang masih hidup. Jenazah tidak tahu apa lagi yang diperbuat oleh orang yang memandikannya. Ia menyerah segala apa saja perlakuan yang diberikan terhadapnya.

Pada zaman Rasulullah ada seorang sahabat yang meninggalkan untanya tanpa diikat lebih dahulu. Ketika ditanya, mengapa tidak diikat, ia menjawab, “Saya telah benar-benar bertawakal kepada Allah.” Nabi yang tidak membenarkan jawapan tersebut lalu berkata, “Ikatlah dan setelah itu bolehlah engkau bertawakal.”

Ikatlah unta : Kaedah sebab akibat

Tawakkal : Kaedah hati

http://shafiqolbu.wordpress.com/2012/12/16/tawakal-alallah/

---

Apabila mengkaji konsep tawakal Imam al-Ghazali maka ada dua point penting yang dapat diambil dari konsepnya yaitu:
(a) tawakal dapat teratur dengan ilmu yang menjadi dasar pokok
(b) pintu-pintu tawakal adalah iman dan utamanya yaitu tauhid.
Dengan demikian dalam perspektif Imam Ghazali bahwa orang yang tawakal itu harus memiliki ilmunya. Relevansi konsep tawakal Imam al-Ghazali dengan kesehatan mental yaitu menurut Imam al-Ghazali untuk tawakal yang benar yaitu harus memasuki sebuah pintu yaitu pintu iman dan lebih khusus lagi tauhid. Dalam hal ini Al-Ghazali mengaitkan tawakal dengan tauhid, dengan penekanan bahwa tauhid sangat berfungsi sebagai landasan tawakal. peranan tauhid sangat penting dalam memelihara dan menanggulangi gangguan dan penyakit mental seseorang.

http://library.walisongo.ac.id/digilib/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jtptiain-gdl-abdulrozaq-3758

---

Fungsi Tawakkal :

Qs At Thalaq : 3

Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.

---

Orang yang bertawakkal, menjadikan Allah sebagai satu satunya penolong dan pelindung

Qs Ali Imran : 173

(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.

---

Jangan bersedih jika mengalami persoalan karena Allah selalu bersama kita

QS At Taubah : 40

... Janganlah berduka cita, sesungguhya Allah bersama kita ...

---

Qs Al Furqon : 58

Dan bertawakkallah kepada Allah Yang Hidup (Kekal) Yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya. Dan cukuplah Dia Maha Mengetahui dosa-dosa hamba-hamba-Nya

---

Orang mukmin itu ciri cirinya bersyukur dan bersabar

Hadist : “Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya.” (HR Muslim)

---

Yuk, jangan mudah menyerah jika menghadapi suatu kegagalan

Nama Kolonel Sanders pasti tidak terdengar asing lagi di telinga kita. Ya, Ia adalah pendiri Kentucky Fried Chicken (KFC) yang sangat terkenal itu. Menurutmu, bagaimana ia bisa seterkenal seperti sekarang ini? Apakah ia lahir di keluarga kaya yang memungkinkannya untuk mewujudkan segala cita-citanya dengan mudah? Atau ia adalah orang yang beruntung begitu saja tanpa melakukan apa-apa? Mungkin ada banyak orang yang berpikir seperti itu. Tetapi cerita sesungguhnya sangatlah jauh dari yang kita bayangkan.

Kolonel Harland Sanders lahir pada tanggal 9 September 1890 di Henryville, Indiana, Amerika Serikat. Pada usia 6 tahun, ayahnya meninggal dan Ibunya sudah tidak mampu bekerja lagi sehingga Harland muda harus menjaga adik laki-lakinya yang baru berumur 3 tahun. Dengan kondisi ini ia harus memasak untuk keluarganya. Di masa ini dia sudah mulai menunjukkan kebolehannya. Pada umur 7 tahun ia sudah pandai memasak di beberapa tempat memasak. Pada usia 10 tahun ia mendapatkan pekerjaan pertamanya di dekat pertanian dengan gaji 2 dolar sebulan. Selepas itu, ia berganti-ganti pekerjaan selama beberapa tahun. Pertama, sebagai tukang parkir pada usia 15 tahun di New Albany, Indiana dan kemudian menjadi tentara yang dikirim ke Kuba.

Setelah Ia menjadi pensiunan Angkatan Darat Amerika, Ia hanya hidup dari tunjangan hari tuanya. Hari demi hari, uang tunjangan itu semakin menipis. Ia lalu berpikir tentang apa yang dapat Ia lakukan untuk orang lain. Lalu jawaban pertama yang Ia dapatkan adalah menawarkan resep ayam goreng yang Ia punya. Temannya menyukai ayam goreng buatannya, dan Ia berpikir bahwa resep ayam goreng itu juga akan disukai oleh banyak orang. Akhirnya, pada usia 65 tahun, Ia mulai menawarkan resep itu ke restoran-restoran. Akan tetapi, banyak orang yang menertawakan dan menolaknya.

Berapa kali Kolonel Sanders ditolak? Ia pernah ditolak 1009 kali! Ia berjuang selama 2 tahun menjelajahi Amerika dengan mobil tuanya. Tidur di mobil, dan bangun di pagi hari dengan kondisi siap untuk menawarkan resepnya pada restoran baru. Dan akhirnya, idenya diterima dengan sukses besar!! Ia telah mendengar 1009 kata “Tidak” sebelum akhirnya Ia mendengar kata “Ya”. Pemenang bukanlah orang yang tidak pernah gagal, melainkan mereka tidak pernah menyerah.

Saat ini, KFC telah memiliki lebih dari 18000 outlet yang tersebar di 120 negara dengan penghasilan 15 miliar dollar Amerika setiap tahunnya. KFC telah berkembang menjadi salah satu bisnis waralaba yang paling menguntungkan di seluruh dunia.

http://filsafat.kompasiana.com/2014/02/20/kisah-sukses-kolonel-sanders-setelah-ditolak-1009-kali-633573.html

---

Dalam sesorang tentu memiliki suatu kelebihan yang dapat menutupi kekurangan orang tersebut, Begitu pula Thomas Alva Edison. Pria yang lahir di Milan, Ohio, Amerika Serikat pada tanggal 11 Februari 1847 dan meninggal 18 Oktober 1931 pada umur 84 tahun yang menjadi penemu dan pengusaha tersebut mempunyai kisah tersendiri untuk kita teladani. Berikut merupakan kelebihan Thomas Alva Edison yang patut di teladani:
1. Selalu mencoba.
ini terjadi ketika ia dikeluarkan dari sekolahnya, ia tidak tinggal diam tetapi selalu melakukan percobaan percobaan terbukti bahwa ia pernah membedah hewan yang murni di dorong oleh sifat keingin tahuan nya.
2. Menganggap kekurangan sebagai kelebihan
tau kah kau, bahwa ia sulit mendengar? hal ini terjadi ketika ia mengalami kecelakaan, tetapi menurutnya ini adalah suatu keberuntungan karena ia memiliki banyak waktu untuk berfikir dari pada mendengarkan pembicaraan kosong.
3. Menolak di sebut gagal
Hal ini terbukti pada sebuah surat kabar yang memuat judul berita utama : “Setelah 9.955 kali gagal menemukan bola lampu pijar, Edison akhirnya berhasil menemukan lampu yang menyala”. Ia meminta judul berita itu diganti. Keesokan harinya, atas permintaan Edison, surat kabar itu mengganti judul berita utamanya menjadi: “Setelah 9.955 kali berhasil menemukan lampu yang gagal menyala, Edison akhirnya berhasil menemukan lampu yang menyala”
4. Selalu optimis
Sifat ini terterap saat ia bereksperimen, beliau pun selalu optimis bahwa suatu saat nanti ia akan menemukan lampu pijar yang menyala dan itu menjadi kenyataan
5. Menganggap kepintaran bukan segalanya
Ia pernah mengatakan "Kejeniusan adalah satu persen dari inspirasi, dan sembilan puluh sembilan persen dari perspirasi" yang berarti untuk menjadi jenius kita harus banyak berusaha dan pemikiran hanya diperlukan 1% saja.
6. Pekerja Keras
Inilah yang sangat patut kita contoh ia tidak pernah putus asa walaupun gagal selama 9.955 kali, Tidak terpengaruh oleh orang lain

http://tokohmendunia.blogspot.com/2013/05/kelebihan-thomas-alva-edison.html

---

Kemauan yang membuat kita berusaha

Orang Melayu bilang: “Nak atau tak nak, kalau nak 1000 daya, kalau tak nak 1000 daleh”, artinya Mau atau tidak mau, kalau mau maka 1000 daya akan diupayakan, kalau tak mau 1000 alasan akan dicari-cari. Jadi permasalahannya bukan bisa atau tidak bisa, tapi mau atau tidak mau. Pilihannya adalah membuat daftar alasan kenapa kita gagal, atau membuat daftar bagaimana kita dapat berhasil?

http://dsusetyo.wordpress.com/

---

Awal Menggapai Kesuksesan Butuh Pengorbanan Dan Kemauan

---

Doa memohon ketawakkalan kepada Allah

Doa yang dipanjatkan Ibnu Abbas setelah shalat tahajud : Allahumma lakal-hamd. Anta qaiyimus-samawati wal-ard wa man fihinna. Walakal-hamd, Laka mulkus-samawati wal-ard wa man fihinna. Walakal-hamd, anta nurus-samawati wal-ard. Walakalhamd, anta-l-haq wa wa'duka-l-haq, wa liqa'uka Haq, wa qualuka Haq, wal-jannatu Han wan-naru Haq wannabiyuna Haq. Wa Muhammadun, sallal-lahu'alaihi wasallam, Haq, was-sa'atu Haq. Allahumma aslamtu Laka wabika amantu, wa 'Alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu wa bika khasamtu, wa ilaika hakamtu faghfir li ma qaddamtu wama akh-khartu wama as-rartu wama'a lantu, anta-l-muqaddim wa anta-l-mu akh-khir, la ilaha illa anta (or la ilaha ghairuka).

Artinya : Ya Allah Semua pujian bagiMu, diriMu adalah Pemegang langit dan bumi, dan apa yang ada di dalamnya Semua pujian adalah untukMu, diriMu memiliki kepemilikan Langit dan Bumi Dan apa yang ada di mereka . Semua pujian adalah untukMu, DiriMu adalah terang langit dan bumi dan semua pujian yang untukMu, diriMu adalah Raja langit dan Bumi, dan semua pujian untukMu, diriMu adalah Kebenaran dan JanjiMu adalah kebenaran, dan bertemu denganMu adalah benar, firman-Mu adalah kebenaran dan surga adalah benar dan neraka adalah benar dan semua nabi adalah benar, dan Muhammad adalah benar, dan hari kiamat adalah benar, ya Allah aku menyerah (keinginan saya) untukMu, saya percaya kepadaMu dan tergantung padaMu dan bertobat kepada-Mu dan dengan bantuanMu saya berpendapat ( baik dengan lawan saya, orang-orang kafir) dan aku menjadikanMu sebagai hakim (untuk menilai antara kami) Mohon ampunilah dosa-dosaku sebelumnya dan masa depan, dan apa pun yang saya disembunyikan atau mengungkapkan Dan diriMu adalah satu yang membuat (beberapa orang) maju Dan (beberapa) mundur. Tidak ada yang disembah selainMu.

Sufyan mengatakan bahwa 'Abdul Karim Abu Umaiya ditambahkan ke atas, "Wala Haula Wala quwata illa billah' (Sungguh tidak ada kekuatan atau kekuasaan kecuali dengan Allah)

---

Abu Bakar Ash Shiddiq diajarkan ketawakkalan oleh Rasulullah

“Ketika berada di dalam gua, aku melihat kaki orang-orang musyrik berada dekat dengan kepala kami. Aku pun berkata kepada Rasulullah: ‘Wahai Rasulullah, kalau di antara mereka ada yang melihat kakinya, mereka akan melihat kita di bawah kaki mereka’. Rasulullah berkata: ‘Wahai Abu Bakar, engkau tidak tahu bahwa bersama kita berdua yang ketiga adalah Allah’” (HR Muslim)

http://muslim.or.id/biografi/biografi-abu-bakar-ash-shiddiq.html

---

Pentingnya berdoa tawakkal kepada Allah

Doa : Bismillahi tawakkaltu 'alallah laa hawla wa laa quwwata illa billah

Terjemahanya: "Dengan nama Allah aku bertawakkal kepadaNya dan tiada daya serta upaya kecuali dengan kehendak Allah".

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jika seseorang keluar dari rumahnya lalu membaca: Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, walaa haula wala quwwata illa billah, maka malaikat akan berkata kepadanya: “kamu telah diberi petunjuk oleh Allah Ta’ala, dicukupkan dalam segala keperluanmu dan dijaga dari semua keburukan”, sehingga syaitan pun tidak boleh mendekatinya, dan syaitan yang lain berkata kepada temannya: Bagaimana mungkin kamu dapat memperdaya seorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga oleh Allah Ta’ala ?” (HR. Abu Dawud)

http://lenggangkangkung-my.blogspot.com/2010/11/doa-apabila-keluar-dari-rumah.html

---

Rasulullah adalah orang yang paling rendah hati, meskipun dia memiliki segala kebajikan dan keutamaan orang-orang dahulu kala dan orang-orang sekarang, dia seperti sebuah pohon yang berbuah. Menurut sebuah riwayat, beliau bersabda, “Aku diperintahkan untuk menunjukkan perhatian kepada semua manusia, untuk bersikap baik hati kepada mereka. Tidak ada Nabi yang sedemikian diperlakukan dengan sewenang-wenang oleh manusia selain aku.”

Kita tahu bahwa beliau dilukai kepalanya, ditanggalkan giginya, lututnya berdarah karena lemparan batu, tubuhnya dilumuri kotoran, rumahnya dilempari kotoran ternak. Beliau di hina, dan di siksa dengan keji.

Saat beliau berdakwah di Thaif, tak ada yang didapatkannya kecuali hinaan dan pengusiran yang keji. Ketika Rasulullah menyadari usaha dakwahnya itu tidak berhasil, beliau memutuskan untuk meninggalkan Thaif. Tetapi penduduk Thaif tidak membiarkan beliau keluar dengan aman, mereka terus mengganggunya dengan melempari batu dan kata-kata penuh ejekan. Lemparan batu yang mengenai Nabi demikian hebat, sehingga tubuh beliau berlumuran darah.

Dalam perjalanan pulang, Rasulullah Saw. menjumpai suatu tempat yang dirasa aman dari gangguan orang-orang jahat tersebut. Di sana beliau berdoa begitu mengharukan dan menyayat hati. Demikian sedihnya doa yang dipanjatkan Nabi, sehingga Allah mengutus malaikat Jibril untuk menemuinya. Setibanya di hadapan Nabi, Jibril memberi salam seraya berkata, “Allah mengetahui apa yang telah terjadi padamu dan orang-orang ini. Allah telah memerintahkan malaikat di gunung-gunung untuk menaati perintahmu.” Sambil berkata demikian, Jibril memperlihatkan para malaikat itu kepada Rasulullah Saw.

Kata malaikat itu, “Wahai Rasulullah, kami siap untuk menjalankan perintah tuan. Jika tuan mau, kami sanggup menjadikan gunung di sekitar kota itu berbenturan, sehingga penduduk yang ada di kedua belah gunung ini akan mati tertindih. Atau apa saja hukuman yang engkau inginkan, kami siap melaksanakannya.”

Mendengar tawaran malaikat itu, Rasulullah Saw. dengan sifat kasih sayangnya berkata, “Walaupun mereka menolak ajaran Islam, saya berharap dengan kehendak Allah, keturunan mereka pada suatu saat nanti akan menyembah Allah dan beribadah kepada-Nya.”

Ketika Makkah berhasil ditaklukkan, beliau berkata kepada orang-orang yang pernah menyiksanya, “Bagaimanakah menurut kalian, apakah yang akan kulakukan terhadapmu?” Mereka menangis dan berkata, “Engkau adalah saudara yang mulia, putra saudara yang mulia.” Nabi Saw. bersabda, “Pergilah kalian! Kalian adalah orang-orang yang dibebaskan. Semoga Allah mengampuni kalian.” (HR. Thabari, Baihaqi, Ibnu Hibban, dan Syafi’i).

http://www.eramuslim.com/oase-iman/tangisan-sang-nabi.htm#.VAhAfXWSzi

---

Banyak orang yang hidup di dunia ini hanya pandai bicara tapi perbuatan tidak ada, selalu memerintah atau menyuruh tapi ia sendiri tidak pernah melaksanakan. Padahal Allah SWT. Berfirman : “Kaburo maqtan ‘indalloh ‘an taquluuna malaa taf’aluun.” artinya: “Allah sangat murka terhadap orang yang hanya pandai bicara tapi ia tidak mengerjakan”.

http://fakhrualbantani.blogspot.com/2012/02/manusia-seperti-anjing.html

---

Allah menyukai orang orang yang bertawakkal

Qs Ali Imran : 159

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut