24 September 2014

Pengajian Square Kerudung 24 September 2014 Ustadz Abu Yahya Assaikh Syukur, Doa & Perjuangan Gaza

Event : Pengajian Square Kerudung
Tanggal : 24 September 2014
Pemateri : Ustadz Abu Yahya Assaikh
Tema : Syukur, Doa & Perjuangan Gaza

Pembacaan ayat suci Al Quran

Qs Al Baqarah : 155-157

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: Innaa lillahi wa innaa ilaihi raajiuun. Mereka itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Rabbnya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.

---

Buyut Rasulullah saw wafat dan dikubur di Gaza. Beliau bernama Hasyim bin Abdu Manaf. Beliau adalah orang tua dari kakek Rasulullah saw, Abdul Muththalib yang terkenal dengan sebutan Syaibah karena ada segumpal rambut putih di kepalanya.

http://www.globalmuslim.web.id/2012/11/gaza-tempat-buyut-rasulullah-wafat-dan.html

---

Negeri Syam terdiri dari 4 negara yaitu Palestine, Syiria (Suriah), Yordania, dan Lebanon, dan negara-negara yg dikuasai IsraeL, 2 negara yang disebut di awal sedang mengalami masa-masa yang dalam melawan kekejaman Yahudi laknatullah dan rezim Bashar al-Assad

http://cybermujahidah.wordpress.com/2012/03/24/wilayah-syam/

---

Ustadz Abu Yahya Assaikh hadir ke Indonesia dengan amanah dari orang orang yang masih di Palestina, mereka menangis darah. Terima kasih ke warga Indonesia yang menunjukkan solidaritas di Palestina, khususnya ACT. Bantuan di Indonesia itu diterima disana, Alhamdulillah sampai, yakinlah tidak ada yang sia sia dengan mengirimkan bantuan berupa apapun Gaza. Hubungan Indonesia dan Palestina erat sekali, tidak hanya hubungan sesama manusia saja melainkan hubungan sesama muslim.

---

Bagaimana kabar Gaza ? Suasana disana seperti wilayah yang dijaga oleh penjaga neraka, terkurung, terkungkung, tidak ada kebebasan. Disana ada pemerintahan yang dzolim, bisa jadi, apapun yang kita jumpai/temukan kemarin, belum tentu kita jumpai/temukan hari ini, kenapa ? Karena pengebomam bisa terjadi setiap saat. Kebiadapan dicontohkan dengan mushaf Al Quran yang dihina, dibakar dan diinjak injak. Disana bahkan air matapun ikut menangis, karena tak henti hentinya penderitaan dirasakan oleh warga Gaza. Cukuplah Allah tempat berserah diri bagi kami, sebaik-baik pelindung. Pembunuhan muslim terjadi setiap detik. Mari bersolidaritas atas nama sesama muslim.

---

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Hancurnya dunia lebih ringan di sisi Allah dibandingkan terbunuhnya seorang muslim. Dari Buraidah Radhiyallahu 'anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Dosa membunuh seorang mukmin lebih besar daripada hancurnya dunia. Bahkan darah seorang muslim lebih mulia daripada Ka’bah yang mulia (HR Muslim)

http://pustakaimamsyafii.com/terpeliharanya-darah-seorang-muslim.html

---

Hukum Membunuh di Dalam Islam

QS Al Maidah : 32

Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu. sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi

---

QS An Nisa : 93

Dan barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya

http://harkaman01.wordpress.com/2013/01/02/hukum-membunuh-di-dalam-islam/

---

Yerusalem adalah kota di Timur Tengah yang merupakan kota suci bagi agama Islam, Kristen dan Yahudi. Kota ini diklaim sebagai ibukota Israel, meskipun tidak diakui secara internasional, begitupun klaim sebagai bagian dari Palestina. Secara de facto kota ini dikuasai oleh Israel. Para elit Israel menganggap kota suci ini adalah bagian dari negaranya dan itu adalah bentuk ideologi "Zionisme". Dari semua negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, hanya Kosta Rika dan El Salvador saja yang menempatkan kedutaan mereka di Yerusalem. Lainnya di Tel Aviv, karena menurut PBB, Yerusalem akan dijadikan Kota Internasional. Oleh orang-orang Palestina, Yerusalem juga dianggap sebagai ibu kota Palestina. Kota historis Yerusalem adalah sebuah warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO mulai tahun 1981. Kota ini memiliki penduduk sebanyak 724.000 jiwa dan luas 123 km2. Sepanjang sejarahnya, Yerusalem telah dihancurkan dua kali, dikepung 23 kali, diserang 52 kali, dan dikuasai/dikuasai ulang 44 kali. Selamat datang di Yerusalem. Tanah para nabi. Kota istimewa tiga agama besar, Islam, Nasrani, dan Yahudi. Inilah tanah berjuluk Kota Suci Tiga Iman. Yerusalem yang berusia lebih dari 3.000 tahun juga menyimpan cerita perang bersimbah darah di setiap periode zaman. Tragedi Perang Salib dan Salahudin Al Ayubi adalah salah satu peristiwa besar dari jejak masa lampau daerah tersebut.

Bahkan sampai kini, Yerusalem tetap menjadi pusaran konflik antara Israel dan Palestina. Melahirkan keributan tak berkesudahan antara kaum Muslim Palestina dan bangsa Yahudi. Yerusalem memang tak bisa disamakan dengan kota-kota besar lain di dunia. Ada banyak tempat bersejarah terkait persoalan keyakinan beragama di sini. Satu yang paling mencolok adalah Tembok Ratapan. Di sinilah bait suci, tempat beribadah umat Yahudi. Sudah dua kali bait suci dihancurkan saat perang besar dan ini adalah periode ketiga dari kepingan masa lampau yang luluh lantak.

Al-Aqsa

Letaknya yang yang bersisian dengan Masjid Al Aqsa, tempat singgah Nabi Muhammad ketika Mi'raj ke langit ketujuh, menjadi penanda Yerusalem menjadi sebuah kota yang riuh dengan urusan spiritualitas. Masjid Al Aqsa secara harafiah bermakna masjid terjauh. Masjid ini adalah bagian dari kompleks bangunan suci di Yerusalem yang dikenal dengan nama Al-haram Asy-syarif. Bagi umat Islam, Yerusalem punya makna yang besar karena keberadaan Al Aqsa. Inilah kiblat pertama salat sebelum datang perintah Allah ke arah Ka'bah di Kota Mekkah, Arab Saudi. Tak jauh dari Al Aqsa, terdapat bongkahan batu yang dipercaya umat Islam sebagai titik keberangkatan Nabi Muhammad dalam peristiwa Mi'raj, perjalanan malam hari ke langit. Keberadaan Al Aqsa, kubah batu Al Shakra atau Dome of Rock di Yerusalem, kerap didatangi kaum Muslimin. Meski kota tua Yerusalem saat ini berada di bawah kekuasaan Israel, wilayah haram Al Syarif dengan kubah emas dan Masjid Al Aqsa tetap berada dalam pengelolaan Kementerian Waqaf Yordania. Hanya mereka beragama Islam yang diperkenankan memasuki wilayah tersebut. Tak jauh dari Yerusalem, lokasi kelahiran Yesus Kristus di Bethlehem pun mengundang para peziarah Nasrani. Pemeluk agama Kristen percaya di sinilah jejak Yesus Kristus yang lahir dari rahim perawan suci bernama Maria berada. Terdapat pula palungan, bayi Yesus dibaringkan. Dan pada usia ke-30, Yesus mulai menyebarkan risalah kebenaran terutama pada murid-muridnya yang berjumlah 12 orang. Sampai pada akhirnya di tanah Yerusalem ia mengalami siksaan pedih dan disalib di Bukit Golgota. Umat Nasrani meyakini inilah jalur bersejarah. Jalan yang dilalui Yesus Kristus saat mengusung salib menuju kalvari atau Bukit Golgota. Pontius Pilatus, penguasa Roma di provinsi jajahan Yudea, menjatuhkan hukuman salib kepada Yesus. Ini adalah hukuman terkeras bagi para kriminal dan penentang penguasa. Tapi Yesus bukanlah keduanya. Umat Nasrani percaya Yesus hanyalah seorang pengajar kebenaran yang membuat panas telinga para pemuka agama dan imam-imam kepala yang terganggu popularitasnya. Bersama pemerintah Roma, mereka pun berkonspirasi untuk menyingkirkan Yesus.

Di jalan ini ada 14 titik pemberhentian yang ada sejak abad ke-18. Lima titik salib terakhir berada di Gereja Makam Kudus. Stasi pertama dan kedua memperingati peristiwa pertemuan dan pengadulan Yesus oleh Pontius Pilatus. Sesuai tradisi monotheisme bangsa Semit, Yesus melaksanakan fungsi kenabiannya dengan penuh iman dan kepasrahan. Satu-satunya pengetahuan yang dimiliki adalah hukum torah dan keimanan serta kecintaannya kepada Tuhan melebihi segala sesuatu. Bagi elite Yahudi ketika itu, apalagi penguasa Roma, Yesus tidak lebih dari kaum pinggiran Galilea yang hanya layak diperolok dan disalibkan bersama-sama dua kriminal kelas teri. Penderitaan yesus ketika itu pun hingga kini tetap dikenang oleh umat Kristiani. Peziarah silih berganti datang ingin merasakan lebih dalam tentang makna sebuah pengorbanan. Menjadikan Yerusalem sebagai kota yang makin kental dengan aroma tiga keyakinan besar

http://yangpahamsaja.blogspot.com/2012/07/yerusalem-tanah-para-nabi.html

---

Yuk bantu saudara kita di Gaza

Hadist : Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allâh melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan (dalam masalah hutang), maka Allâh Azza wa Jalla memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi (aib) seorang Muslim, maka Allâh akan menutup (aib)nya di dunia dan akhirat. Allâh senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya. Barangsiapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allâh akan mudahkan baginya jalan menuju Surga. Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allâh (masjid) untuk membaca Kitabullah dan mempelajarinya di antara mereka, melainkan ketenteraman akan turun atas mereka, rahmat meliputi mereka, Malaikat mengelilingi mereka, dan Allâh menyanjung mereka di tengah para Malaikat yang berada di sisi-Nya. Barangsiapa yang diperlambat oleh amalnya (dalam meraih derajat yang tinggi-red), maka garis keturunannya tidak bisa mempercepatnya

http://almanhaj.or.id/content/3595/slash/0/membantu-kesulitan-sesama-muslim-dan-menuntut-ilmu-jalan-menuju-surga-1/

---

Gedung yang dihancurkan israel di Gaza adalah fasilitas vital seperti rumah sakit, perpustakaan, sekolah. Mari kita bayangkan, 1 ton bom yang dijatuhkan di suatu tempat, sudah bisa membuat rata dataran, apalagi 1000 ton bom yang sudah dijatuhkan ke Gaza. Bayangkan, Gaza diserang dari segala arah, Gaza seperti kuburan bagi orang yang masih hidup. 1/3 masjid di Gaza diratakan dgn tanah, 1/3 masjid rusak sebagian baahulungunannya, 1/3 lagi masih terjaga kondisinya. Dahulu ada 40 Rumah sakit, apotik, gudang obat di Gaza. Sekarang hanya tersisa 3 RS antara lain RS Indonesia, ACT dan Assyifa. 180 Yayasan di Gaza semua hancur. Cuaca di Gaza dingin meskipun tidak ada salju. Penduduknya rata rata tidak berganti baju 1 bulan karena tidak ada baju ganti. Banyak anak anak yatim piatu yang tidur di emperan jalanan/gedung. Sekolah sekolah menjadi incaran bom Israel.

---

Yuk beramal sholeh dengan membantu saudara kita di Gaza

Qs Al Baqarah : 62

... siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Rabb mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

---

Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang yang beriman

Qs Al Mukminun : 1-11

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu dalam shalatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya, dan orang-orang yang memelihara shalatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.

---

Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang yang mendapat petunjuk

Qs At Taubah : 18

Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk

---

Yuk bersama sama bersolidaritas membangunkan lagi masjid untuk saudara kita di Gaza

Barangsiapa yang membangun masjid, maka Allah akan bangunkan baginya semisalnya di surga.” (HR. Bukhari)

---

Banyak orang berupaya menggali Al Quds karena dipercaya disitu ada peninggalan harta karun Nabi Ibrahim/Nabi Luth

QS Al Anbiya: 71

“Dan Kami selamatkan Ibrahim dan Luth ke sebuah negeri yang Kami telah memberkahinya untuk sekalian manusia.”

Hadist : Doa Nabi “Ya Allah, berkahi setiap takaran sha’ dan mudd kami! Berkahi kami di Mekkah dan Madinah! Berkahi kami di Syam dan Yaman” (al-Thabrani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut