17 April 2012

Pengajian Masjid Raya Bani Umar Tema : Solusi Problematika Umat Tanggal : 17 April 2012

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tema : Solusi Problematika Umat
Tanggal : 17 April 2012
Pembicara : Ustadz Syahroni Mardani. Lc

Menanamkan sikap optimisme

Beragam problematika dihadapi oleh ummat islam di zaman ini, baik di Indonesia ataupun kaum muslimin di dunia internasional. Problematika itu baik berupa problem internal kaum muslimin semisal, kemiskinan, tingkat pendidikan yang masih rendah, lemahnya aqidah lantaran tercampur dalam beragam bidah serta khufarat, masih kurang solidnya persatuan antar umat islam, masalah yang muncul karena adanya gangguan dari pihak luar yang tak senang pada islam dan kaum muslimin, Tak sedikit dari kaum muslimin yang kemudian menjadi putus asa, pesimis dan kehilangan harapan. Padahal itu semua bukanlah akhlaq seorang muslim. Maka salah satu solusi agar kaum muslimin keluar dari beragam problemnya adalah "Menanamkan semangat optimisme di internal kaum muslimin". Almustaqbal lihaddzaddien : masa depan milik agama ini, masa depan milik islam.

---

Tafa'ul : Optimis

---

Agar optimis, kabarkan berita baik

---

Sikap optimis adalah sunnah nabi Muhammad

Dari Anas Ra berkata Rasulullah Saw bersabda : " Seandainya kiamat akan datang (esok hari) lalu di tanganmu ada benih dan kamu masih sempat menanamnya sebelum kiamat datang maka tanamlah dan kamu akan diberi balasan pahala atas usahamu itu. (HR Bukhori)

---

Qs Yusuf : 87

Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah, Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum kafir

---

Menyebarkan dan menyampaikan berita baik, berita gembira (good news/busyro) merupakan perintah agama. Mengapa harus menyampaikan berita baik ? karena mendengarkan berita baik itu dapat membuat orang menjadi optimis

---

QS Adh Dhuha : 11

Dan terhadap nikmat Tuhanmu maka hendaklah kamu siarkan

---

Dari Anas bin malik Ra dari nabi Muhammad bersabda : Permudah urusan dan jangan dipersulit. Berikan berita gembira dan jangan di takut takuti (Muttafaq Alaih) Diantara pelajaran dari hadist ini adalah mempermudah dalam berfatwa dan menggembirakan dalam berdakwah.

---

QS Saba : 28

Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui.

---

Ancaman Allah Swt buat orang orang yang suka menyebarkan berita buruk (Menyampaikan sebuah berita juga ada kode etiknya)

QS An Nur : 19

Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar (berita) perbuatan yang amat keji itu tersiar di kalangan orang-orang yang beriman, bagi mereka azab yang pedih di dunia dan di akhirat. Dan Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

---

Agar optimis, mimpi buruk tak perlu diceritakan, mimpi baik boleh diceritakan

Dari Abu Said al khudry Ra sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda, jika seorang dari kalian bermimpi sesuatu yang dia sukai, sesungguhnya itu adalah (hadiah) dari Allah. Ucapkanlah Alhamdulillah dan ceritakanlah, seandainya dia bermimpi sesuatu yang dia tidak sukai maka itu datangnya dari syetan, ucapkanlah "Taawwudz" dan jangan engkau ceritakan pada siapapun. Mimpi buruk itu memberi pengaruh apa apa (Muttafaq alaih)

---

Terhadap orang tua, berkatalah yang baik sampaikan berita gembira

QS Al Isra : 23

Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

---

Agar selalu optimis bahkan islam mengajarkan kita agar selalu berpikir positif bisa jadi pada sesuatu yang tidak kita sukai terdapat kebaikan di dalamnya

QS Al Baqarah : 216

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui."

---

Contoh fitnah yang menimpa rumah tangga "bisa jadi dia membawa kebaikan"

Rasulullah Saw pernah berhadapan dengan fitnah "perzinahan" yang menimpa istrinya Aisyah binti Abu bakar. Gemparlah kota madinah hingga akhirnya Allah Swt menurunkan firmannya yang menjelaskan bahwa Aisyah terbebas dari fitnah keji itu. Menurut Allah Swt fitnah ini mungkin saja akan membawa kebaikan bagi Nabi Saw :

QS An Nur : 11

Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya dan siapa diantara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar.

---

Adab adab saat bermimpi buruk

"Apabila salah seorang di antara kalian melihat mimpi yang tidak disukainya maka hendaklah dia meludah ke sebelah kirinya tiga kali dan berlindunglah kepada Allah dari setan tiga kali, lalu hendaklah dia berpindah (beralih) dari posisinya yang semula" (Muttafaq Alaih)

---

QS At Tin : 4

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

---

Man jadda wa jadda

---

Musibah yang menimpa suatu kaum kadang membawa faedah / manfaat bagi kaum yang lain

---

Wanita yang ditinggal mati suaminya wajib berkabung selama masa idah dan haram selain di masa idah kecuali tiga hari

Hadis riwayat Ummu Habibah istri Nabi Ra: Dari Zainab binti Abu Salamah ia berkata: Aku menemui Ummu habibah istri Nabi ketika ia ditinggal mati ayahnya yaitu Abu Sufyan. Ummu Habibah meminta diambilkan minyak wangi yang bercampur dengan minyak wangi kuning atau lainnya. Kemudian ia mengoleskan kepada seorang budak wanita serta mengusapkan ke kedua pipinya seraya berkata: Demi Allah, sebenarnya aku tidak memerlukan wewangian ini. Hanya saja aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda dari atas mimbar: Tidak dihalalkan bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhirat berkabung atas seorang mayat lebih dari tiga hari, kecuali karena kematian suami, maka ia harus berkabung selama empat bulan sepuluh hari. (HR Muslim)

---

"Seseorang akan berkumpul bersama orang yang dicintainya".

---

Tanda orang yang mencintai Rasulullah :

1. mengikuti dan mengamalkan sunnahnya

2. sering menyebut namanya

3. merindukan perjumpaan dengannya

4. mengagungkan (ta'zhim) ketika mendengar namanya

5. mencintai (karena Alloh) orang yang dicintainya

6. membenci (karena Alloh) orang yang dibencinya

7. mencintai al-Qur'an

8. menyayangi umatnya

9. zuhud terhadap dunia

---

“Jika kamu melihat orang rajin mendangi masjid, maka persaksikanlah ia sebagai orang yang beriman.” (HR. Ahmad)

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut