31 Juli 2012

Tausiyah Tarawih Masjid Raya Bani Umar Tanggal : 31 Juli 2012

Event : Tausiyah Tarawih Masjid Raya Bani Umar
Tema :
Tanggal : 31 Juli 2012
Pembicara : DR. Bambang Irawan, MA

Setiap manusia akan menghadapi 2 ketiadaan yaitu :

1. Saat manusia belum diciptakan Allah

2. Saat manusia hidup kemudian mengalami kematian

---

Penyakit hati ada di dalam tubuh orang kafir karena mereka mendustakan agama

QS Al Baqarah : 10

Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.

---

Masuk surga bukan karena amal, melainkan karena rahmat Allah

HR Bukhori

“Amal tidak akan bisa menyelamatkan seseorang di antara kalian.” Mereka bertanya: “Tidak pula anda wahai Rasulullah saw?” Beliau menjawab: “Ya, saya pun tidak, kecuali Allah menganugerahkan rahmat kepadaku. Tepatlah kalian, mendekatlah, beribadahlah di waktu pagi, sore, dan sedikit dari malam, beramallah yang pertengahan, yang pertengahan, kalian pasti akan sampai.”

---

Amal tidak akan memasukkan seseorang di antara kalian ke surga dan tidak pula menyelamatkannya dari neraka. Demikian juga saya, kecuali dengan rahmat Allah swt.

---

Keutamaan Harapan kepada Allah dibandingkan dengan Amal

“Sebagian dari tanda-tandanya seseorang itu bersandar kepada amal adalah berkurang harapannya kepada Allah pada saat terjadinya kesalahan & dosa” (Kitab Al-Hikam : 1).

---

Ujian hidup sebagai penghapus dosa

Tiada seorang muslim tertusuk duri atau yang lebih dari itu, kecuali Allah mencatat baginya kebaikan dan menghapus darinya dosa. (HR. Al Bukhari)

Saad bin Abi Waqash berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah saw, "Ya Rasulullah, siapakah orang yang paling berat ujian dan cobaannya? Nabi saw. menjawab, "Para nabi kemudian yang meniru (menyerupai) mereka dan yang meniru (menyerupai) mereka. Seseorang diuji menurut kadar agamanya. Kalau agamanya tipis (lemah) dia diuji dengan itu (ringan) dan bila imannya kokoh dia diuji sesuai dengan itu (keras). Seseorang diuji terus-menerus sehingga dia berjalan di muka bumi bersih dari dosa-dosa. (HR. Al Bukhari)

---

Jangan berputus asa dari ampunan Allah

Dari Abi Hurairah r.a. dari Nabi Saw bersabda: "Demi Dzat Yang jiwaku berada dalam kekuasaan-Nya, jika kalian tidak berbuat dosa niscaya Allah SWT akan membinasakan kalian dan mendatangkan suatu makhluk lain yang berbuat dosa, sehingga mereka kemudian meminta ampun kepada Allah SWT dan Allah SWT mengampuni mereka". (Karena di antara nama Allah SWT adalah "Al Ghaffaar" Maha Pemberi ampunan. Maka siapa yang akan memberikan ampunan jika seluruh hamba-Nya adalah orang-orang yang tidak pernah melakukan dosa? Maka orang yang telah melakukan dosa hendaknya tidak menjadi putus asa, selama dosa yang ia lakukan itu adalah bukan dosa besar. Karena ampunan Allah SWT lebih besar dari dosanya itu.

---

Allah mencintai orang yang bertaubat

Qs Al Baqarah : 222

"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri."

---

PIlihlah prioritas kehidupan akhirat

QS Al A'la : 17

Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal.

---

Mari menjadi hamba yang diridhoi Allah agar bisa masuk ke surgaNya

Qs Al Fajr : 28-30

Hai jiwa yang tenang.

Kembalilah kepada Rabbmu dengan hati yang puas lagi diridhoi-Nya.

Maka masuklah ke dalam jamaah hamba-hamba-Ku,

dan masuklah ke dalam surga-Ku.

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut