02 Agustus 2012

Tausiyah Tarawih Masjid Raya Bani Umar Tema : Puasa dan akhlaq mulia

Event : Tausiyah Tarawih Masjid Raya Bani Umar
Tema : Puasa dan akhlaq mulia
Tanggal : 1 Agustus 2012
Pembicara : Ustadz Zuni Nurrochim S Ag, MA

Sabda Rasulullah SAW: “Semua Nabi memohon permohonan, atau semua nabi mempunyai doa yang ketika mereka berdoa dikabulkan, maka kujadikan doaku adalah syafaat untuk ummatku di hari kiamat” (Shahih Bukhari)

---

"Kaum mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaqnya di antara mereka". (HR. Tirmidzi)

---

“Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya (HR. Tirmidzi)

---

Ciri wanita sholehah

Qs An nisa : 34

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka Wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

---

Buah dari shaum :

1. Menjaga istiqomah

2. Menjaga keberkahan

Terdapat keberkahan pada tiga hal: (1) Dalam berjamaah, (2) Dalam makan tsarid (roti yang dicampur dengan kuah), dan (3) Dalam makan sahur.

---

3. Menjaga diri

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan perbuatannya, maka Allah Ta’ala tidak peduli dia meninggalkan makan dan minumnya. ” (Shahih HR. Al-Bukhari)

---

Dalam kesempatan lain Baginda Rasulullah SAW pernah ditanya tentang apa yang paling banyak menyebabkan orang masuk surga. Beliau menjawab, “Takwa kepada Allah dan akhlak mulia.” (HR at-Tirmidzi).

---

Imam Ghazali menyusun hakikat syukur ke dalam 3 perkara, yaitu: ilmu, Keadaan dan amal. Ilmu berarti mengerti dan menyadari nikmat dari pemberi nikmat. Sedangkan keadaan adalah kegemberiaan yang terjadi saat nikmat itu diterima. Lalu amal berarti tindakan untuk melaksanakan apa yang menjadi keinginan Si Pemberi Nikmat dan apa-apa yang Dia cintai. Bersyukur hendaklah diawali dengan penuh betapa besar nikmat dan anugrah-Nya. Bahwa nikmat itu datangnya hanya dari Alloh SWT, Sang pemberi nikmat Hakiki, sedangkan yang lain-lain hanya perantara yang tidak berarti jika ditinjau dari sudut Tuhan sendiri.

---

Kita tidak bisa mengh‌itung nikmat Allah yang diberikan karena jumlahnya sangat banyak, sangat besar

QS An Nahl : 18

Dan jika kamu menghitung-hitung nimat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

---

Dari Abi Hurairoh Ra berkata : bersabda Rosulullah SAW : amalnya seseorang dari kamu tidak akan memasukan dia ke surga , para shohabat bertanya : apakah termasuk engkau wahai Rosulullah ? Rosulullah menjawab : ya, termasuk aku, kecuali jika Allah mencurahkan keutamaan dan rahmat-Nya kepada ku (HR Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut