24 Februari 2009

Pengajian Masjid Raya Bani Umar 22 Februari 2009

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal :22-02-2009
Pembicara : Prof.Dr. Muslim Nasution
Judul : Toleransi beragama dalam Agama Islam

Kerukunan antar umat beragama (insaniyah)

Walaupun kita berbeda agama namun dianjurkan untuk tolong- menolong, namun jika umat non- muslim melakukan perlawanan/ memerangi umat islam, maka kita sebagai umat muslim wajib berjihad.

QS Surat Al Kafirun :1-6

“ Katakalah (Muhammad) “wahai orang orang kafir”
“ aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah”
“ dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah”
“ dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah”
“ dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah”
“untukmu agamamu, dan untukku agamaku”

---

QS Surat Ali Imran: 159

“ Maka berkat rahmat Allah, engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka . Sekiranya engkau bersikap keras , tentulah ,ereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila engkau telah membulatkan tekad maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh Allah mencintai orang- orang yang bertawakal.”

---

Qs Surat Al Baqarah : 190

“ Dan perangilah di jalan Allah orang- orang yang memerangi kamu, tetapi jangan melampaui batas. Sungguh Allah tidak menyukai orang- orang yang melampaui batas.”

---

Qs Surat Al Ma’idah: 51

“ Wahai orang- orang yang beriman. Janganlah kamu menjadikan orang Yahudi dan nasrani sebagai teman setia(mu) ; mereka satu sama lain saling melindungi. Barang siapa diantara kamu yang menjadikan mereka teman setia, maka sungguh Allah tidak member petunjuk kepada orang- orang yang dzalim”

---

Opini saya mengenai hal tersebut :

Daripada berbaik- baik sekali dengan kaum tersebut, lebih baik kita berbaik- baik dengan sesama muslim, bukankah kita juga lebih berkumpul dengan orang- orang yang mukmin

Berdasarkan muktamar MUI di padang panjang tahun 2009, berikut adalah prinsip- prinsip agama Islam demi menjaga kesatuan dan persatuan:

1. Menggunakan pancasila dan UUD 45 sebagai penyatu

2. Bangsa Indonesia sepakat mengidealkan kemajemukan dengan Bhinekka Tunggal Ika

3. Menjaga konsensi kemaslahatan keberagaman kehidupan beragama.

4. Mengakui 6 agama di Indonesia: Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu dan Konghuchu, agama agama tersebut memiliki kedudukan yang sama.

5. Islam mengakui konsistensi agama lain tanpa mengakui kebenaran agama tersebut.

6. Islam mengikuti keterikatan dengan hidup muhadah dan muhasafah (saling menjaga)

7. Pemerintah menjaga kemurnian agama dan memusnahkan aliran aliran sesat seperti Lia Eden, Ahmadiyah, Satrio piningit dll.

8. Bagi masyarakat yang mengetahui adanya penodaan agama Islam, harap melaporkan ke aparat terkait.

---

Kerukunan antar sesama muslim:

Qs Surat Al- Hujarat : 9-10

“ Dan apabila ada 2 golongan orang mukmin berperang maka damailaknlah antara keduanya. Jika salah satu dari keduanya berbuat dzalim terhadap (golongan) yang lain maka perangilah (golongan) yang berbuat dzalim itu sehingga golongan itu kembali kepada perintah Allah . Jika golongan itu telah kembali (kepadfa perintah Allah) maka damaikanlah keduanya dengana dil dan berlakulah adil. Sungguh Allah mencintai orang- orang yang berlaku adil”

“ sesungguhnya orang- orang mukmin itu bersaudara. Karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat Rahmat”

---

Qs Surat Ali Imran : 110

“ kamu (umat islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf dan mencegah dari perbuatan munkar dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Diantara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang- orang fasik.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut