12 Februari 2009

Pengajian Masjid Daarut Tauhid 15 Januari 2009

Event : Pengajian Masjid Daarut Tauhid
Tanggal :15-01-2009
Pembicara : Biro Konsultasi Psikologi & pendidikan Kwarta Ashar
Judul : The power of forgiving

Budaya ketimuran memandang yang tua harus dihormati dan dihargai disbanding yang muda namun apakah meminta maaf terlebih dahulu bagi yang tua akan mengurangi kebijaksanaan dan menjatuhkan harga diri yang tua? Tentu saja tidak

Meminta maaf adalah bentuk terapi untuk pemulihan hubungan anatar manusia

David Mc Clelland mengatakan “ berbuat baik dan menjaga hubungan baik dengan orang lain terbukti efektif dalam menjaga keseimbangan otak”

Meminta maaf dan memaafkan pada dasarnya merupakan konsep manusiawi yang menunjukkan betapa tidak ada satu orang manusiapun yang sempurna

Meminta maaf dan memaafkan justru lebih ditujukan untuk kepentingan kita sendiri untuk menghindarkan penyakit dan tekanan hati dalam diri kita.

Meminta maaf dan member maaf tidak hanya merekayasa gerak –gerik tubuh namun melibatkan aspek hati sekaligus membangun tali persaudaraan keikhlasan dan keleluasan hati untuk memulai dan melupakan segala hal buruk tentang seseorang.

Bila dalam suatu kelompok sudah saling jegal, saling menfitnah atau saling menjatuhkan maka dikhawatirkan bangsa tersebut akan semakin jauh dari rahmat dan pertolongan Allah.

Contoh cara ampuh memulai dan membangun tali persaudaraan:

a. Kirimi hadiah, kirimkan ucapan atau makan kepada teman, saudara atau tetangga anda

b. Hindari debat kusir walaupun benar, carilah topic pembicaraan yang mempersatukan. Mulailah dengan menyapa, mengucapkan salam dengan lembut penuh perhatian kepada teman, saudara atau tetangga anda.

c. Buatlah jadwal khusus untuk berkunjung ke banyak kalangan baik komunitas, aktivitas social, kegiatan keagamaan ataupu mengajak makan bersama teman, saudara atau tetangga anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut