18 Februari 2009

Pengajian Masjid Raya Bani Umar 17 Februari 2009

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal :17-02-2009
Pembicara : Ustad Edi Abu Marwah
Judul : Syukur

Bagi orang orang yang tidak mensyukuri nikmat Allah akan mendapatkan rasa capek pikiran, capek hati dan capek fisik.

Bekerja itu bukan hanya untuk mencari uang, melainkan salah satu bentuk jihad

Orang yang bersyukur adalah orang yang pandai berterima kasih kepada orang yang menjadi jalan pembawa nikmat pada dirinya.

Sunnah rasul yang biasa dilakukan setelah bangun tidur adalah:

a. Duduk terlebih dahulu beberapa saat

b. Mengusap wajah

c. Membaca doa bangun tidur

(Alhamdu lillahil ladzi radda ‘ alaiya ruhi, wa’ afani fi jasadi wa adzina libidzikrih : Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan ruhku kepadaku, menyehatkan tubuhku dan memebri kesempatan bagiku untuk menyebut namaNya)

d. Meminum air yang gelasnya tertutup

e. Berdiri untuk beranjak ke toilet

f. Masuk toilet membaca doa (Bismillahi Allahuma inni audzubika minal khubusi wal khubaisi)

g. Keluar toilet membaca doa (Gufranaka)

Amalan amalan yang bisa dilakukan semasa haid:

a. Istighfar (100x dengan amat penuh perasaan dan utamanya dilakukan saat sebelum subuh)

b. Infak dan shodaqoh

c. Membaca ayat Al quran dengan tujuan untuk berdoa (bukan membaca mushaf Al Quran)

---

Riwayat Imam Al kurtubi:

“ barang siapa ingin dilimpahkan rizkinya, harta, kebun dan sungai- sungainya maka minta ampunlah kepada Allah”

---

Ayat ayat Al Quran yang mencantumkan hal hal yang berkaitan dengan anjuran untuk bersyukur:

Qs Surat Al Baqarah: 40, 47 , 122, 163, 164, 165, 231
“ Wahai bani israil! Ingatlah nikmatKu yang telah Aku berikan kepadamu. Dan penuhilah janjimu kepadaKu niscaya Aku penuhi janjiKu kepadamu dan takutlah kepadaKu saja”

---

“ wahai Bani Israil! Ingatlah nikmatKu yang telah Aku berikan kepadamu dan Aku telah melebihkan kamu dan semua umat yang lain di ala mini (pada masa itu)”

---

“wahai Bani Israil! Ingatlah nikmatKu yang telah Aku berikan kepadamu dan Aku telah melebihkan kamu dan semua umat yang lain di ala mini (pada masa itu)”- diulang di ayat 122

---

“Dan Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Pengasih , Maha Penyayang”

---

“sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, pergantian malam dan siang , kapal yang berlayar di laut dengan (muatan) yang bermanfaat bagi manusia, apa yang diturunkan Allah dari langit berupa air, lalu dengan itu dihidupkanNya bumi setelah mati (kering) dan Dia tebarkan di dalamnya macam- macam binatang dan perkisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi, (semua itu) sungguh merupakan tanda- tanda (kebesaran Allah) bagi orang- orang yang mengerti.”

---

“Dan dintara manusia ada orang yang menyembah tuhan selain Allah sebagai tandingan yang mereka cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang- orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah sekiranya orang- orang yang berbuat zalim itu melihat ketika mereka melihat azab (pada hari kiamat) bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat berat azabNya (niscaya mereka menyesali)”

---

“ dan apabila kamu menceraikan istri- istri(kamu) lali sampai (akhir) iddahnya maka tahanlah mereka dengan cara yang baik atau ceraikanlah mereka dengan cara yang baik(pula) Dan janganlah kamu tahan mereka dengan maksud jahat untuk menzalimi mereka. Barang siapa melakukan demikian, maka dia telah menzalimi diri mereka sendiri. Dan janganlah kamu jadikan ayat- ayat Allah sebagai bahan ejekan. Ingatlah nikmat Allah kepada kamu, dan apa yang telah diturunkan Allah kepada kamu yaitu kitab(Al Quran) dan hikmah (sunnah) untuk memberi pengajaran kepadamu. Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

---

QS Surat Al Ma’idah: 7, 11, 20

“ Dan ingatlah akan karunia Allah kapedamu dan perjanjianNya, yang telah diikatkan kepadamu. Ketika kamu mengatakan “Kami mendengar dan kami menaati” “dan bertakwalah kepada Allah, sunggguh Allah Maha Mengetahui segala isi hati”

---

“ wahai orang – orang yang beriman ! ingatlah nikmat Allah (yaitu diberikan) kepadamu, ketika suatu kaum bermaksud (hendak) menyerangmu dengan tangannya, lalu Allah menahan tangan mereka dari kamu, Dan bertakwalah kepada Allah dan hanya kepada Allah-lah hendaknya orang – orang beriman itu bertawakal”

---

“ dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada kaumnya” wahai kaumku, Ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika Dia mengangkat nabi- nabi dintaramu dan menjadikan kamu sebagai orang- orang merdeka dan memberikan kamu apa yang belum pernah diberikan kepada seorangpun dintara umat yang lalu”

---

Qs Surat Al A’raf :69, 74

“ dan herankah kamu bahwa ada peringatan yang dating dari Tuhanmu melalui seorang laki- laki dari kalanganmu sendiri untuk member peringatan kepadamu ?ingatlah ketika Dia menjadikanmu sebagai khalifah- khalifah setelah kaum Nuh dan Dia lebihkan kamu dalam kekuatan tubuh dan perawakan. Maka ingatlah akan nikmat- nikmat Allah agar kamu beruntung”

“ dan ingatlah ketika Dia menjadkan kamu khalifah- khalifah setelah kaum Ad dan menempatkan kamu di bumi . Di tempat yang datar , kamu dirikan istana- istana dan di bukit- bukit kamu pahat menjadi rumah- rumah . Maka ingatlah nikmat- nikmat Allah dan janganlah kamu membuat kerusakan di bumi”

---

Qs Surat Ibrahim : 7

“Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan “sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya aku akan menambah (nikmat)kepadamu tetapi jika kamu mengingkari (nikmatKu)maka pasti azabKu sangat berat.”

---

Qs Surat Al Ahzab: 9

“ wahai orang – orang yang beriman , ingatlah akan nikmat Allah (yang telah dikaruniakan) kepadamu ketika bala tentara dating kepadamu, lalu Kami kirimkan kepada mereka angin topan dan bala tentara yang tidak dapat terlihat olehmu. Allah Hama Melihat Apa Yang Kamu Kerjakan”

---

Qs Surat Fatir: 3

“ wahai manusia, ingatlah nikmat Allah kepadamu Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepadamu dari langit dan bumi? Tiada ruhan selain Dia, mengapa kamu berpaling (dari ketauhidan)”

---

Qs Surat Al Qamar: 17, 22, 32, 40 dan Surat Maryam :97 (semua memiliki arti yang sama)

“ Dan sungguh telah kami mudahkan Al Quran untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?”

---
Qs Surat Ad Dhuha: 11
“ Dan terhadap nikmat Tuhanmu, hendaklah engkau menyatakan dengan bersyukur.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut