11 Februari 2009

Pengajian selasa Masjid Bani Umar 27 Januari 2009

Event : Pengajian selasa Masjid Bani Umar
Tanggal :27-01-2009
Pembicara : H.Husein Mulachela
Judul : Menghormati orang tua

Surat Al Mujadalah:11
“ Wahai orang orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu,” berilah kelapangan di dalam majelis – majelis maka lapangkanlah, maka niscaya Allah akan memberikan kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan” berdirilah kamu maka berdirilah niscaya Allah akan mengangkat derajat orang orang yang beriman diantara kamu dan orang orang yang diberi ilmu beberapa derajat.Dan Allah maha teliti apa yang kamu kerjakan”

---


Allah akan melapangkan segala permasalahan kalau manusia tersebut beriman, manusia tidak perlu sibuk menghitung hitung kebaikan yang dia perbuat.

---

Salah satu hal yang membuat manusia malas untuk melakukan ibadah adalah :

1. karena manusia tersebut bodoh. Selalu menunda nunda ibadah

2. Memakan Makanan yang haram

3. Tidak mengenal Allah

QS Az zukruf: 33
“ dan sekiranya bukan karena menghindarkan manusia menjadi umat yang satu ( dalam kekafiran), pastilah sudah Kami buatkan bagi orang- orang yang kafir kepada Allah yang maha pengasih , loteng- loteng rumah meraka dari perak, demikian pula tangga- tangga yang mereka naiki.”

---

Menginformasikan bahwa orang yang tidak beribadah adalah orang- orang yang bodoh dan merugi

Qs Kahfi: 23-24

“ Katakanlah (Muhammad) apakah perlu Kami beritahukan kepadamu tentang orang orang yang paling rugi perbuatannya?

“ Yaitu orang yang sia sia perbuatannya dalam kehidupan di dunia sedangkan mereka mengira telah berbuat sebaik- baiknya”

---

Salah satu orang yang sia – sia melakukan perbuatan amalnya apabila dia masih dzolim terhadap kedua orangtuanya.

Qs Al –Isra’: 23-24

“ Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapaknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua- duanya sampai berusia lanjut dalam peliharaanmu, maka sekali- kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

“ dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya denbgan penuh kasih saying dan ucapkanlah “wahai tuhanku, sayangilah keduanya sebagimana mereka berdua mendidik aku pada waktu kecil”

---

Qs Al Hujarat: 2

“ wahai orang orang yang beriman, janganlah kamu meninggikan suaramu melebihi suara Nabi, dan janganlah kamu berkata kepadanya dengan suara keras, sebagaimana kerasnya suara sebagian kamu terhadap yang lain, nanti pahala segala amalmu bisa terhapus sedangkan kamu tidak menyadarinya.

---

Nada suara tidak boleh lebih keras/ tinggi dibanding orang tuanya.

---

Seluruh ibadah kita sia sia seperti debu tertiup angin apabila kita tidak menghormati orang tua.

QS Al Ahqaf: 15
“ Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orang tuanya . Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah , dan melahirkannya dengan susah payah pula. Masa mengandung sampai menyapihnya selama 30 bulan sehingga apabila anak itu telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa “ Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmatMu yang telah engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh aku bertobat kepada Engkau dan sungguh aku termasuk orang muslim”

---

Cara wanita untuk mendapatkan surga:

1. Shalat 5 waktu

2. Puasa ramadhan

3. Menjaga kemaluannya (termasuk bertaharah pada saat haid, dimana rambut dan kuku yang terjatuh/terpotong diikutkan mandi besar kemudian dikubur)

4. Taat pada suami

---

Tata cara untuk melakukan taubat karena berdosa kepada orang tua yang telah meninggal dunia:

1. Shalat walidain (setelah al fatihah kemudian membaca al ikhlas 5x, al falaq 5x, an-nas 5x [ada hari rabu malam kamis setelah shalat magrib)

2. Menyambung silahturahmi dengan rekan orang tua/ kerabat

3. Membagikan warisan dengan adil

4. Memberi air minum pada majelis/ pengajian

5. Member shodaqoh atas nama orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut