11 Februari 2009

Pengajian Selasa Masjid Raya Bani Umar 18-11-2008

Event : Pengajian Selasa Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 18-11-2008
Pembicara : (Moderator:Hasan Basri)
Judul : Makhluk makhluk Allah

Jenis jenis makhluk yang diciptakan Allah:

1. Malaikat, Makhluk ciptaan Allah dengan derajat yang tertinggi, tidak memiliki hawa nafsu yang selalu bersikap patuh kepada Allah, tidak terlihat kasat mata.
2. Jin, Makhluk ciptaan Allah yang berkembang biak juga, memiliki nafsu dan tidak terlihat oleh kasat mata, ada yang patuh kepada Allah, ada pula yang tidak.
3. Setan, Makhluk ciptaan Allah yang berkembang biak juga, memiliki nafsu dan tidak terlihat oleh kasat mata, semua tidak patuh pada Allah.
4. Manusia, Makhluk ciptaan Allah yang berkembang biak juga, memiliki nafsu dan kasat mata, ada yang patuh kepada Allah, ada pula yang tidak.

Hablum minannas (hubungan antar manusia), kita melakukan komunikasi dengan adab:

1. Jangan merendahkan orang lain, Nilai manusia dimata Allah berbeda beda, memandang derajad antar manusia tidak dilandasi oleh usia, pekerjaan, tingkat sosial, agama. Ada saatnya kiya kaya, ada saatnya kita miskin, jangan memandang rendah orang yang memiliki status social yang dibawah kita, karena bisa saja meraka memiliki nilai lebih baik dari kita dilihat dari sisi keimanan dimata Allah.

2. Berkata halus, Tidak hanya kepada orang yang lebih tua umurnya dianding kita melainkan anak anak, karena cara kita bertutur kata adalah sebagian dari cerminan siapa diri kita.

3. Semua adalah saudara, Perlu dibedakan hubungan antar sesama muslim dan non-muslim, bukan berarti kita mendeskriminasikan melainkan akidah yang berbeda menentukan cara piker yang berbeda pula.
4. mudah memaafkan, Salah satu sifat Allah adalah maha pemaaf, sesama manusia saling memaafkan dan memperbaiki hubungan yang pernah terputus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut