11 Februari 2009

Pengajian Selasa Masjid Raya Bani Umar 6 Januari 2009

Event : Pengajian Selasa Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 6-1-2009
Pembicara : Najamuddin Sidik
Judul : Amalan Ibadah Kepada Allah

Macam macam amalan manusia:

1. Beriman dan bertakwa, hijrah dan jihad.

Qs Al Baqarah: 218

“ sesungguhnya orang - orang yang beriman, dan orang – orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah mereka itulah yang mengharapkan Rahmat Allah, Allah maha pengampun, maha penyayang”

---

QS At taubah: 20

“orang orang yang beriman dan berjijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwa mereka adalah lebih tinggi derajadnya disisi Allah mereka itulah orang – orang yang memperoleh kemenangan.

---

2. Awali segala sesuatu kegiatan (khususnya membaca Al Quran) dengan membaca “Audzubillahiminassyaitanirrajim”

QS An Nahl: 98

“ Maka apabila engkau (Muhammad) hendak membaca Alquran mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.”

---

3. Beramal sodaqoh itu memiliki keutamaan dan memiliki fungsi yang membawa manfaat bagi pemberi dan penerimanya

Qs Al Baqarah: 261-262

“ perumpamaan orang yang menginfaqkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir yang menumbuhkan tujuh tangkai,pada setiap tangkai ada 100 biji . Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah maha Luas dan Maha Mengetahui.”

“ Orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, kemudian dia tidak mengiringi apa yang dia infakkan itu dengan menyebut- nyebutnya dan menyakiti perasaan penerima, mereka memperoleh pahala disisi Tuhan mereka. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.

---

QS Al Baqarah:267-268

“ wahai orang- orang yang beriman, infakkanlah sebagian usahamu dari yang baik-baik dan dari sebagian apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu.Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah maha Kaya, maha terpuji”

“ setan menjanjikan(menakut- nakuti) kemiskinan kepadamu dan menyuruh kamu berbuat keji (kikir) sedangkan Allah menjanjikan ampunan dan karunia-Nya untukmu.Dan Allah maha luas, maha mengatahui”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut