17 Februari 2009

Pengajian Masjid Raya Bani Umar 15 Februari 2009

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal :15-02-2009
Pembicara : Salim Bin Yahya
Judul : Ilmu dan Iman<

Kalau ingin bahagia dunia dan akhirat, gunakan panduan agama

QS Surat Ar-rum: 30
“ Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (islam), (sesuai) fitrah Allah disebabkan karena (Dia) telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. (itulah) agama yang lurus tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

---

QS Surat Ar- rum :43
“ oleh karena itu, hadapkanlah wajahmu kepada agama yang lurus (islam) sebelum dating dari Allah suatu hari (kiamat) yang tidak dapat ditolak, pada hari itu mereka terpisah pisah”

---

Qs Surat An-Naba :78
“ Tuhan (yang memelihara) langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya, Yang Maha Pengasih, mereka tidak mampu berbicara dengan Dia.”

---

QS Surat Al Mu’minun: 101
“ Apabila sangkakala ditiup, maka tidak ada lagi pertalian keluarga diantara mereka pada hari itu (hari kiamat) dan tidak (pula) mereka saling bertanya”

---

Qs Surat Abasa: 33- 37

“ Maka apabila telah datang suara yang memekakkan (tiupan sangkakala (yang kedua)”
“ pada hari itu manusia lari dari saudaranya”
“ dan dari ibu dan bapaknya”
“ dan dari sitri dan anak-anaknya”
“ setiap orang dari mereka pada hari itu mempunyai urusan yang menyibukkannya”

---

Amal shaleh itu berasal dari amal dan ikhlas (iman dan berilmu yang manfaat)
Allah menguji umatnya bagi yang berilmu

QS Surat Ali Imran : 18- 20

“ Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia(demikian pula) para malaikat dan orang berilmu yang menegakkan keadilan tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana”
“ sesungguhnya agama disisi Allah adalah Islam. Tidaklah berselisih orang – orang yang telah diberi kitab kecuali setelah mereka memperoleh ilmu karena kedengkian diantara mereka . Barang siapa ingkat terhadap ayat- ayat Allah maka sungguh Allah sangat cepat perhitungan-Nya.”

“ Kemudian jika mereka membantah engkau (Muhammad) katakanlah” Aku berserah diri kepada Allah dan (demikian pula ) orang – orang yang mengikutiku. Dan katakanlah kepada orang- orang yang telah diberi kitab dan kepada orang- orang yang buta huruf. “Sudahkah kamu masuk Islam?” Jika mereka termasuk Islam, berarti mereka telah mendapatkan petunjuk tetapi jika mereka berpaling maka kewajibanmu hanyalah menyampaikan. Dan Allah Maha Melihat hamba- hamba-Nya”

---

Qs Surat Az-Zumar: 1

“ Kitab(Al Qur’an) ini di turunkan oleh Allah Yang Maha Mulia, Maha Bijaksana.”

---

QS Surat Fatir : 28

“ Dan demikian (pula) di antara manusia, makhluk yang bergerak yang bernyawa, dan hewan- hewan ternak ada yang mermacam- macam warnanya (dan jenisnya) Di antara hanma- hamba Allah yang takut kepada-Nya hanyalah para ulama.Sungguh Allah Maha Perkasa , Maha Pengampun.

---

QS Surat Al Mujadalah: 11

“ Wahai orang-orang yang beriman. Apabila dikatakan kepadamu,”Berilah kelapangan di dalam majelis- majelis maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberikan kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan,”berdirilah kamu” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajad) orang – orang yang beriman di antara kamu dan orang- orang yang diberi ilmu beberapa derajad. Dan Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan.”

---

Perhiasan yang abadi adalah iman dan ilmu

HR. Bukhori dan Muslim,Ra

“Barangsiapa Allah menghendaki orang menjadi baik, maka Allah akan memudahkan dia untuk paham agama”

---

Celaan Allah kepada orang yang tidak berilmu:

1. Jangan membicarakan Allah tanpa Ilmu

Orang yang tanpa ilmu mudah disesatkan oleh setan

Qs Surat Taha: 22

“ dan kepitlah tanganmu ke ketiakmu niscaya ia akan keluar menjadi putih (bercahaya) tanpa cacat, sebagai mukjizat yang lain”

---

Qs Surat Ar-Rum : 29

“ tetapi orang- orang yang dzalim itu mengikuti keinginannya tanpa ilmu pengetahuan maka siapakah yang dapat memberi petunjuk kepada orang- orang yang telah disesatkan Allah. Dan tidak ada seorang penolongpun bagi mereka.”

---

Qs Surat Al Hajj :3

“ dan diantara manusia ada yang berbantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan dan hanya mengikuti para setan yang sangat jahat.”

---

Qs Surat An-Nahl :43

“ Dan kami tidak mengutus sebelum engkau )Muhammad) melainkan orang laki- laki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka bertanyalah kepada orang – orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui”

---

Qs Surat Al Anbiya’ : 7

“ Dan Kami tidak mengutus (rasul- rasul) sebelum engkau (Muhammad) melainkan beberapa orang orang laki- laki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka bertanyalah kepada orang – orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui”

---

2. Jangan melakukan sesuatu tanpa didasari ilmu

3. Jangan beragama tanpa ilmu

Qs Surat Al Isra: 36

“ Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani semua itu akan diminta pertanggung jawabannya”

---

QS Surat Al- A’raf: 33

“Katakanlah (Muhammad) “Tuhanku hanya mengharamkan segala perbuatan keji yang terlihat dan yang tersembunyi , perbuatan dosa, perbuatan dzalim tanpa alasan yang benar dan (mengharankan) kamu mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Dia tidak menurunkan alasan untuk itu dan (mengharamkan) kamu membicarakan tentang Allah apa yang tidak kamu ketahui”

---

Mata hati adalah tempat berkumpulnya ilmu dan iman

Organ tubuh yang dipengaruhi oleh mata dan telinga, karena itu hati harus memiliki ilmu dan iman.

Pada saat malam jumat diutamakan membaca surat Al Kahfi (HR.Turmidzi)

“ Barang siapa menghafal surat Al Kahfi ayat 1- 10 maka Allah mengharamkannya mendapat siksa Dajjal”

---

Surat yang membawa syafaat adalah surat Al Mulk

---

Ayat yang disarankan dibaca sebelum tidur adalah As Sajadah

Dalam pengajian sebaiknya yang membaca Al Quran 1 orang sedangkan yang lainnya menyimak

Wanita itu tidak wajib:

1. Berjihad

2. Shalat jumat

3. Shalat berjamaah di masjid

Penjelasan manusia dan jin ciptaan Allah :

Qs Surat Al Hijr : 26 -27

“ Dan sungguh Kami telah menciptakan manusia (Adam ) dari tanah liat kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk”

“ Dan kami telah menciptakan jin sebelum (adam) dari api yang sangat panas”

---

Kesalahan orientasi orangtua dalam mendidik anak:

QS Surat Luqman :12- 19

“dan sungguh telah Kami berikan hikmah kepada Luqman yaitu “bersyukurlah kepada Allah . Dan barang siapa bersyukur(kepada Allah) maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri dan barang siapa yang tidak bersyukur(kufur) maka sesungguhnya Allah maha Kaya dan Maha terpuji”

“ Dan (Ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika dia member pelajaran kepadanya,”wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar- benar kezaliman yang besar”

“ Dan Kami perintahkan kepada manusia(agar berbuat baik) kepada kedua orangtuanya . Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah tambah dan menyapihnya dalam usia 2 tahun ,bersyukurlah kepadaKu dan kepada kedua orang tuamu.Hanya kepadaKu lah kembalimu”

“ Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya dan pergaulilah keduany di dunia dengan baik dan ikutilah jalan orang yang kembali kepadaKu. Kemudian hanya kepadaKu tempat kembalimu maka aku beritahukan kepadamu apa yang telah kerjakan”

“ (Luqman berkata) “wahai anakku sungguh jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi dan berada dalam batu atau di langit atau di bumi niscaya Allah akan memberinya (balasan).Sesungguhnya Allah Maha halus, Maha teliti”

“ wahai anakku,laksanakanlah shalat dan suruhlah (manusia) berbuat yang makruf dan cegahlah yang munkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting”

“ Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang- orang yang sombong dan membanggakan diri”

“ Dan sederhanakanlah dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu . Sesungguhnya seburuk- buruk suara ialah suara keledai”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut