25 November 2010

Liqo Tanggal 24 November 2010

Event : Liqo
Tanggal : 24 November 2010
Pembicara : Ummi Liyah
Tema: Pencapaian minimal agar tarbiyah tidak sekedar transfer ilmu

Persiapkan materi kultum :

1. Larangan berhubungan dengan jin

2. beriman kepada Qadar

3. Ihsan

4. Hijrah Rasulullah

5. Kemenangan islam

6. Invasi pemikiran

7. Zionisme Internasional

8. Peran dan tanggung jawab muslimah

9. Menjauhi tempat yang haram

10. Bahaya lidah

11. Urgensi fikih wanita

13. Hukum bersuci

Pencapaian minimal yang harus dimiliki supaya tarbiyah tidak sekedar transfer ilmu :

1. Akidah yang bersih

contohnya :

a. Tidak berhubungan dengan jin

b. Tidak meminta tolong kepada orang yang berhubungan dengan jin

Qs Jin : 6

Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan.

c. meramal nasib dengan melihat telapak tangan

Qs An Naml : 65

Katakanlah: Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah, dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan.

d. Tidak menghadiri majelis dukun dan peramal

e. Tidak meminta berkah dengan mengusap kuburan

boleh berziarah asal bertujuan :

- mengingat mati

- mendoakan almarhum/ almarhumah

f. Tidak meminta doa kepada yang sudah meninggal

g. tidak bersumpah kepada selain Allah

Qs An Nahl : 91

Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah(mu) itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpah itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.

Qs Al Maidah : 89

Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang disengaja, maka kaffarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barangsiapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kaffaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kaffarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar). Dan jagalah sumpahmu. Demikian Allah menerangkan kepadamu hukum-hukum-Nya agar kamu bersyukur (kepada-Nya).

Qs Al Qalam : 10

Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina

h. Tidak merasa sial karena melihat / mendengar sesuatu

i. Mengikhlaskan amal karena Allah semata

Qs An Nahl : 162

Katakanlah: Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam,

j. Mensyukuri nikmat Allah

Qs Ibrahim : 7

Dan (ingatlah juga), takala Rabbmu memalumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nimat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nimat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.

k. Mengimani rukun iman

l. Menjadikan setan sebagai musuh

Qs Al A'raf : 27

Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.

Qs Al Isra : 53

Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku: hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sesungguhnya syaitan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.

m. Tidak mengikuti langkah setan

n. Menerima dan tunduk secara penuh kepada Allah, tidak berhakim kepada selain Allah

2. Ibadah yang benar

Qs Ali Imran : 17

(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur.

3. Akhlaq yang baik

Qs Al Ahzab : 21

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

Qs Ali Imran : 134

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

4. Berpenghasilan yang halal

Qs Al Baqarah : 172

Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada Allah kamu menyembah.

5. Berwawasan

6. Badan yang sehat dan kuat

7. Mengoptimalkan diri dalam hal mujahadah

Qs At Taubah : 41

Berangkatlah kamu baik dalam keadaan ringan ataupun merasa berat, dan dan berjihadlah dengan harta dan jiwa pada jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

8. Teratur dalam membagi waktu

9. Bermanfaat bagi orang lain

Diriwayatkan dari Jabir berkata,”Rasulullah saw bersabda,’Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut