08 November 2010

Pengajian Fatimah Az Zahra Tanggal 5 November 2010

Event : Pengajian Fatimah Az Zahra
Tanggal : 5 November 2010
Pembicara : Ustadzah Astrie Ivo, Uje
Tema: Hikmah seputar Idul Adha

Allah selalu ingin membuat hambanya lebih dekat kepadaNya

Sehat itu milik Allah, sakit itu titipan Allah

Berpikir positif, sakit yang dirasakan siapa tahu adalah penyelamat kita dari musibah yang lebih besar lagi

Hafal Al Quran bagus, namun lebih bagus lagi mengamalkan Al Quran

Kalau ingin senang di akhirat, harus mau susah di dunia

Doa bagi keterangan pikiran dan hati :

Qs 66 : 8

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Rabb kamu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengan dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Kagumi segala ciptaan Allah

Qs Al alaq : 1

Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan,

Makan sebagai sarana untuk menunda lapar, bukan untuk bertahan hidup

Tidur sebagai sarana untuk menunda ngantuk, bukan untuk tujuan tidup

Istri yang sholehah "tidak menuntut" kesholehan suaminya, mau suaminya sholeh/ tidak, istri hanya sekedar menasehati dan mengingatkan suaminya, kesholehahan seorang istri untuk Allah semata, bukan untuk dilihat suaminya

Istri sholehah itu ibroh, Ibroh artinya sesuatu yang dipelajari dan bisa diaktualisasikan

Hadist :

Dari Shuhaib radhiyallahu anhu, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Artinya : Sungguh menakjubkan urusan orang mukmin. Sesungguhnya semua urusannya adalah baik. Apabila mendapat kelapangan, maka dia bersyukur dan itu kebaikan baginya. Dan, bila ditimpa kesempitan, maka dia bersabar, dan itu kebaikan baginya”

Ciri rumah muslim, ada perpustakaan buku agamanya dan ada musholla

Adalah suatu kewajiban bagi sesama muslim untuk saling menasehati :

Qs Al Ashr : 3

kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.

Sosok istri nabi Muhammad, Siti Khodijah :

1. wanita yang cantik, sehingga mampu membuat Aisyah cemburu

2. Mandiri secara ekonomi

3. Manajemen waktu antara karir dan keluarga yang baik

Doa agar diberi anak yang sholeh

Qs As Shaffat : 100

Ya Rabbku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.

Kisah tentang kesabaran Nabi Ismail yang diuji keimanannya kepad Allah dan ketaatannya kepada ayahnya Nabi Ibrahim :

Qs As Shaffat : 101-102

Maka Kami beri dia kabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar.

Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu! Ia menjawab: Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.

Doa kita kepada orang tua

Qs Al Isra : 24

Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.

keluarga sakinah artinya keluarga yang tenang, tentram

Hadist :

Barangsiapa memberi karena Allah, menolak karena Allah, mencintai karena Allah, membenci karena Allah, dan menikah karena Allah, maka sempurnalah imannya. (HR. Abu Dawud)

Doa agar diberi kecukupan dalam segala hal :

Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertawakal kepadaMu sehingga Engkau mencukupinya, meminta petunjukMu sehingga Engkau menunjukinya, dan meminta pertolongan kepadMu sehingga Engkau menolongnya

Malaikt bertanya kepad Allah tentang penciptaan manusia :

Qs Al Baqarah : 30

Ingatlah ketika Rabb-mu berfirman kepada para Malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata: Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau? Rabb berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.

Pilar Haji

1. Niat

Hadist :

Dari Amirul Mukminin, Umar bin Khatthab radhiallahu ‘anhu, beliau berkata: Sesungguhnya seluruh amalan itu bergantung pada niatnya dan setiap orang akan mendapatkan ganjaran sesuai dengan apa yang diniatkannya. Barang siapa yang berhijrah karena Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya menuju keridhaan Allah dan rasul-Nya. Barang siapa yang berhijrah karena mencari dunia atau karena ingin menikahi seorang wanita, maka hijrahnya tersebut kepada apa yang dia tuju.” (HR. Bukhari)

Setiap anggota badan kita kelak akan di tanya pertanggung jawabannya

QS Yasin : 65

Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksian kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.

2. Harta / bekal yang baik

3. Mengamalkan Al Quran dan Sunnah

4. Jihad

Qs At Taubah : 20

Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapatkan kemenangan.

keutamaan kesabaran :

Qs Ali Imran : 200

Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.

Doa kita selalu dikabulkan Allah

Qs Al Baqarah : 186

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang mendoa apabila ia berdoa kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran

Syarat doa dikabulkan : Iman dan Taqwa

Dalil tentang keutamaan menutup aurat

Qs Al Ahzab : 59

Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mumin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Qs An Nur : 31

Katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedada mereka, dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kaki mereka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

Saat kita tidur, nyawa kita dipegang sementara

Qs Az Zumar : 42

Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Ia tahanlah jiwa (orang) yang telah ia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut