21 Januari 2011

Pengajian Fatimah Az Zahra Tanggal 21 Januari 2011

Event : Pengajian Fatimah Az Zahra
Tanggal : 21 Januari 2011
Pembicara : Uje
Tema: Hal yang menghalangi seseorang menjadi sholeh/sholehah

Hal yang utama di dalam hati kita adalah iman

Jangan terlalu mencintai dunia, karen dunia hanya fatamorgana belaka :

Qs Al Isra : 7

Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah diantara mereka yang terbaik perbuatannya.

---

Qs Hud : 15-16

Barangsiapa menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan.

Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan

---

Macam Macam kesenangan dunia : suami/istri, anak harta, jabaran/kedudukan

Qs Ali Imran : 14

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).

---

Salah satu cara agar menjaga iman tetap baik adalah dengan shalat

Qs Al Ankabut : 45

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

---

Orang yang beruntung adalah orang yang beriman

Qs Al Mukminun : 1

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,

---

Jangan suka sibuk mengurusi permasalahan orang, apakah kita sendiri sudah menyelesaikan permasalahan kita sendiri dengan baik ?

Apabila kita mendapati suatu cobaan, ambil hikmahnya, ibarat telur ayam, dia keluar bersama dengan kotoran, untuk mendapatkan telur yang baik, bersihkanlah kotoran tersebut, sehingga telurnya bisa kita pergunakan

Iman itu bukan hanya tempelan/gelar semata, iman itu perbuatan yang sesuai dengan ajaran yang ada di dalam Al Quran dan hadist

Orang menjadi sholeh/sholehah itu untuk dirinya sendiri dan untuk Allah, bukan karena ingin dipandang oleh orang lain

---

Seorang istri itu wajib taat kepada suami selama suami tidak melakukan perbuatan yang dilarang Allah

Qs An Nisa : 34

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka Wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

---

Hal hal yang menghalangi seseorang menjadi sholeh/sholehah :

1. Al Qonaatul bil jahli : merasa cukup dengan kebodohan

merasa ilmunya sudah cukup dan tidak ada keinginan untuk menambah ilmunya

2. Al Hirsul bil maal : serakah dengan harta

tidak ada kepuasaan dalam mendapatkan harta, selalu merasa kurang

---

Apakah itu pahala ? pahala adalah bentuk ridho Allah

Janji kita kepada Allah

Qs Al An'am : 162

Katakanlah: Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam,

---

Qs Peringatan Allah kepada makhluknya agar menjadi makhluk yang sebaik baiknya dan jangan menjadi makhluk yang seburuk buruknya

Qs Al Bayyinah : 6-8

Sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.

Balasan mereka di sisi Rabb mereka ialah surga Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Rabbnya.

---

Orang kafir itu tertutup mata hatinya dari petunjuk Allah

Qs Al Baqarah : 6

Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman.

---

jangan lakukan syirik, karena syirik adalah dosa yang tidak diampuni

Qs Al Hajj : 31

dengan ikhlas kepada Allah, tidak mempersekutukan sesuatu dengan Dia. Barangsiapa mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka adalah ia seolah-olah jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh.

---

Qs Al Ana'am : 88

Itulah petunjuk Allah yang dengannya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya. Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.

---

Qs Al Kahfi : 110

Katakanlah: Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: Bahwa sesungguhnya Ilah kamu itu adalah Ilah Yang Esa. Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabbnya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Rabb-nya.

---

Qs Luqman : 13

Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.

---

Jauhkan kita dan keluarga kita dari neraka

Qs Tahrim : 6

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa ang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut