02 Juli 2014

Shalat Tarawih 3 Masjid Raya Bani Umar 30 Juni 2014 Dr Abdurrahman Dahlan, MA Keutamaan sedekah

Event : Shalat Tarawih 3 Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 30 Juni 2014
Pemateri : Dr Abdurrahman Dahlan, MA
Tema : Keutamaan sedekah

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam adalah manusia paling dermawan. Dan beliau lebih demawan ketika di bulan Ramadhan. Beliau menjadi lebih pemurah dengan kebaikan daripada angin yang berhembus dengan lembut. Beliau bersabda, "Shadaqah yang paling utama adalah shadaqah pada bulan Ramadhan." (HR. Al-Tirmidzi dari Anas)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam adalah manusia paling dermawan. Dan beliau lebih demawan ketika di bulan Ramadhan

Sesungguhnya shadaqah di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan dan kelebihan. Dan ini haruslah menjadi motifator/pendorong seorang muslim menjadi lebih dermawan pula di bulan yang mulia. Maka pada tulisan ini kami akan tuturkan beberapa sebab yang lebih bisa mendorong kaum mukminin yang sedang berpuasa Ramadhan untuk lebih dermawan di dalamnya

http://www.voa-islam.com/read/tsaqofah/2012/07/31/20062/inilah-alasan-kita-harus-lebih-dermawan-di-bulan-ramadhan/#sthash.3ja0oyqm.dpuf

kalau ingin menjadi penyantun, paksakan diri untuk menjadi penyantun, insyaAllah akan menjadi benar benar penyantun

Keutamaan pahala infaq

Qs Al Baqarah : 261

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti seperti sebutir biji yang menumbuhkan 7 tangkai, pada setiap tangkai ada 100 biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui"

---

hadits Rasulullah saw, ”Tidak akan berkurang rezeki orang yang bersedekah, kecuali bertambah, bertambah, dan terus bertambah.”

http://muhammadassad.wordpress.com/2011/03/25/sedekah-membawa-berkah/

---

Contoh sedekah dalam proses pengkurban kepada penerima daging qurban

Qs Al Hajj : 37

Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi Ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.

Dengan demikian, yang harus diqurbankan atau disembelih adalah sifat-sifat kebinatangan sebagai lambang ketaatan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Qurban bukan pula untuk “mengambil hati” yang Maha Kuasa, Allah Swt tidak pernah tergantung dengan hamba-Nya, karena itu Allah Swt tidak pernah mengharapkan akan darah dan daging hewan qurban tersebut, tetapi yang dinilai adalah ketaatan, rasa syukur dan keikhlasan untuk berqurban dan membagi harta dengan orang yang memerlukan salah satunya lewat pembagian daging hewan qurban.

http://kalsel.muhammadiyah.or.id/artikel-menyelami-makna-qurban-detail-300.html

---

Keutamaan sedekah

“Bersegeralah bersedekah, karena bala tidak pernah mendahului sedekah.” (HR. Thabrani)

“Sesungguhnya sedekah dan silaturahim itu dapat menambah umur dan menolak ketentuan buruk yang tidak disukai dan ingin dijauhi.” (HR. Abu Ya’la)

http://ippho.com/539/mengundang-takdir-baik

---

Menyediakan Makanan Berbuka Bagi Orang-orang Yang Berpuasa

“Barangsiapa menyediakan makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, niscaya ia akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun.” (HR. Ahmad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut