14 Desember 2010

Pengajian Masjid Raya Bani Umar Tanggal 14 Desember 2010

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 14 Desember 2010
Pembicara : Ustadz Abu Sangkan
Tema: Pelatihan Shalat Khusyuk

Dzikir membuat hati kita tenang :

QS Ar Ra'du : 28

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Qs Al Fajr : 27-28

Hai jiwa yang tenang.

Kembalilah kepada Rabbmu dengan hati yang puas lagi diridhoi-Nya.


Shalat itu tidak hanya sekedar relaksasi raga, tapi juga relaksasi jiwa :

Rasulullah s.a.w. juga pernah bersabda:"Banyak sekali orang yang sholat hanya mendapatkan capek berdiri" (H.R. Nasai: hasan).

Ajaran adzan menambahkan kata " Shalat itu lebih baik daripada tidur"

Berdasarkan riwayat Nasai dari Abi Mahdzurah, ia berkata, "Aku bertanya, wahai Rasulullah, beritahukan kepadaku sunnah adzan. Beliau menyebutkan hingga ketika sampai muadzin membaca hayya ''alal-falâh. Jika pada shalat subuh hendaknya kamu membaca "ash-shalâtu khairum minan naum" sebanyak dua kali. Dan membaca "Allâhu akbar, allâhu akbar, lâilaha illallâh." (HR. An-Nasai)

Shalat diharapkan mampu menjadi obat penyakit hati :

Qs Al Ankabut : 45

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Cara Rasulullah berdiri saat shalat :

"Beliau menghadapkan kedua jari jari kaki beliau ke arah kiblat"

Cara Rasulullah Rukuk :

Rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang.

Manfaat: Postur ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

" Apabila kamu rukuk letakkanlah kedua telapak tanganmu pada lututmu kemudian renggangkanlah jari jarimu lalu diamlah sehingga setiap anggota badan (ruas tulang belakang) kembali kepada tempatnya (HR Ibnu Khuzaimah Dan Ibnu Hibban)

Cara Rasulullah Sujud :

Nabi bila melakukan sujud beliau merenggangkan antara kedua tanggannya sehingga apabila seekor anak domba menerobos dibawah lengannya tentu dengan mudah dapat melewatinya (HR Muslim, Abu Dawud)

Nabi bila melakukan shalat, beliau merenggangkan antara kedua tangannya sehingga keliatan ketiaknya yang putih (HR Bukhori, Muslim)

Apabila dia sujud beliau merenggangkan kedua pahanya dengan tidak menopang perutnya (HR Abu Dawud)

Hadist :

Keberadaan hamba yang paling dekat dengan Tuhannya adalah ketika ia dalam keadaan sujud, maka perbanyaklah doa." (HR. Muslim)

Cara Rasulullah Tuma'ninah :

Apabila mengangkat kepalanya dari rukuk, beliau berdiri tegak sehingga orang orang menduga bahwa beliau lupa dan apabila mengangkat kepalanya dari sujud, beliau diam sehingga orang orang menduga beliau lupa (HR Bukhori, Muslim)

Adalah bagi Rasulullah 2 kali terdiam tidak menyebut apa apa ketika membuka shalat (iftitah) dan terdiam ketika selesai membaca (Al Fatihah) (HR Ash Habus sunan)

Doa yang juga dibaca ketika rukuk :

Ya Allah kepadaMu aku rukuk, kepadaMu aku beriman, kepadaMu aku berserah diri, pendengaranku, penglihatanku, otakku, tulangku dan urat syarafku khusyuk, tunduk kepadaMu (HR Muslim, Tirmidzi)

Fungsi Left Celebral Hemisphere :

Melakukan proses berpikir yang bersifat : logis, sekuensial, linear, rasional

Fungsi Right celebral hemisphere :

Melakukan proses berpikir yang bersifat : acak, tidak teratur, intuitif, holistik (spiritual)

Gelombang Otak Manusia :

1. BETA
(di atas 12 hz atau dari 12 hz s/d 19 hz). Merupakan gelombang otak yang terjadi pada saat seseorang mengalami aktifitas mental yang terjaga penuh. Anda berada dalam kondisi ini ketika Anda melakukan kegiatan Anda sehari-hari dan berinteraksi dengan orang lain di sekitar Anda. Gelombang beta dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu high beta (lebih dari 19 Hz) yang merupakan transisi dengan getaran gamma, lalu getaran beta (15 hz -18 hz) yang juga merupakan
transisi dengan getaran gamma, dan selanjutnya lowbeta (12 hz ~ 15 hz). Terjadi pada saat seseorang mengalami aktifitas mental yang terjaga penuh

2. ALPHA ( 8 hz – 12 hz ). Adalah gelombang otak yang terjadi pada saat seseorang yang mengalami relaksaksi atau mulai istirahat dengan tanda-tanda mata mulai menutup atau mulai mengantuk. Anda menghasilkan gelombang alpha setiap akan tidur, tepatnya masa peralihan antara sadar dan tidak sadar. Fenomena
alpha banyak dimanfaatkan oleh para pakar hypnosis untuk mulai memberikan sugesti kepada pasiennya. Orang yang memulai meditasi (meditasi ringan) juga menghasilkan gelombang alpha. Frekwensi alpha 8 -12 hz , merupakan frekwensi pengendali, penghubung pikiran sadar dan bawah sadar. Anda bisa mengingat mimpi Anda, karena Anda memiliki gelombang alpha. Kabur atau jelas sebuah mimpi yang bisa Anda ingat, tergantung kualitas dan kuantitas gelombang alpha pada saat Anda bermimpi. Terjadi pada saat seseorang yang mengalami relaksaksi atau mulai istirahat

3. THETA ( 4 hz – 8 hz ). Adalah gelombang otak yang terjadi pada saat seseorang mengalami tidur ringan, atau sangat mengantuk. Tanda-tandanya napas mulai melambat dan dalam. Selain orang yang sedang diambang tidur, beberapa orang juga menghasilkan gelombang otak ini saat trance, hypnosis, meditasi dalam,
berdoa, menjalani ritual agama dengan khusyu. Orang yang mampu mengalirkan energi chi, prana atau tenaga dalam, juga menghasilkan gelombang otak theta pada saat mereka latihan atau menyalurkan energinya kepada orang lain.

Bayi dan balita rata-rata tidur lebih dari 12 jam dalam sehari. Itulah mengapa otak anak-anak selalu dalam fase gelombang alpha dan theta. Perlu diingat, gelombang alpha dan theta adalah gelombang pikiran bawah sadar. Oleh sebab itu, anak-anak cepat sekali dalam belajar dan mudah menerima perkataan dari orang lain apa adanya. Gelombang otak ini juga menyebabkan daya imajinasi anak-anak luar biasa. Ketika mereka bermain mobil-mobilan misalnya, imajinasi mereka aktif dan permainan menjadi sangat seru. Gelombang otak theta juga dikenal sebagai “gelombang ajaib”, karena berkaitan dengan kekuatan psikis. Berdasarkan penyelidikan para ahli, bahwa banyak terjadi kecelakaan pesawat udara, tabrakan, kebakaran, kecelakaan kapal laut yang menewaskan banyak orang. Namun ada keanehan, beberapa anak balita bisa selamat. Kemungkinan ini dikarenakan anak-anak hampir setiap saat dalam kondisi gelombang theta. Perasaan
dekat dengan Tuhan pun akan terjadi apabila kita dapat memasuki fase gelombang theta. Anda mungkin pernah mengalaminya saat Anda berdoa, meditasi, melakukan ritual-ritual agama. Dengan dasar inilah “GOD SPOT” ditemukan. Terjadi pada saat seseorang mengalami keadaan sangat mengantuk

4. DELTA (0.5 hz – 4 hz) Adalah gelombang otak yang memiliki amplitudo yang besar dan frekwensi yang rendah, yaitu dibawah 3 hz. Otak Anda menghasilkan gelombang ini ketika Anda tertidur lelap, tanpa mimpi. Fase delta adalah fase istirahat bagi tubuh dan pikiran. Tubuh Anda melakukan proses
penyembuhan diri, memperbaiki kerusakan jaringan, dan aktif memproduksi sel-sel baru saat Anda tertidur lelap. Penemuan baru dibidang frekwensi dan gelombang otak manusia oleh Dr. Jeffrey D. Thompson dari Neuroacoustic Research, bahwa masih ada gelombang dan frekwensi lain dibawah delta, atau dibawah 0.5 hz, yaitu frekwensi EPSILON, yang juga sangat mempengaruhi aktifitas mental seseorang dalam kemampuan supranatural, seperti pada gelombang theta
diatas. Otak Anda menghasilkan gelombang ini ketika Anda tertidur lelap

5. GAMMA (16 hz – 100 hz) Adalah gelombang otak yang terjadi pada saat seseorang mengalami aktifitas mental yang sangat tinggi, misalnya sedang berada di arena pertandingan, perebutan kejuaraan, tampil dimuka umum, sangat panik, ketakutan, kondisi ini dalam kesadaran penuh. Berdasarkan penyelidikan Dr. Jeffrey D. Thompson (Center for Acoustic Research) di atas gelombang gamma sebenarnya masih ada lagi yaitu gelombang Hypergamma ( tepat 100 Hz ) dan gelombang Lambda (tepat 200 Hz), akan yang merupakan geolombang-gelombang supernatural atau berhubungan dengan kemampuan yang luar biasa.

Shalat itu adalah kebutuhan kita kepada Allah

Qs Al Baqarah : 45-46

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu,

(yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Rabb-nya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.

Qs Asy Syura : 216-219

Dan bertakwalah kepada (Allah) Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang.

Yang melihat kamu ketika kamu berdiri (untuk shalat),

dan (melihat pula) perobahan gerak badanmu di antara orang-orang yang sujud.

Sesungguhnya Dia adalah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Setiap manusia berasal dari sesuatu yang tak berbentuk (tanah), kembali ke tak berbentuk pula (tanah)

Qs Nuh : 17-18

Dan Allah menumbuhkan kamu dari tanah dengan sebaik-baiknya,

kemudian Dia mengembalikan kamu ke dalam tanah dan mengeluarkan kamu (daripadanya pada hari kiamat) dengan sebenar-benarnya.

Qs Sad : 72

Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya ruh (ciptaan)-Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan sujud kepadanya.

JIka kita mendapatkan musibah :

QS Al Baqarah : 156

(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: Innaa lillahi wa innaa ilaihi raajiuun.

Disetiap hati manusia, pasti ada jiwa yang suci, ingin selalu kembali kepada Allah, seperti kisah Firaun

Qs Yunus : 90

Dan Kami memungkinkan Bani Israil melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Firaun dan bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Firaun itu telah hampir tenggelam berkatalah dia: Saya percaya bahwa tidak ada Ilah melainkan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).

Setan mengganggu manusia melalui hawa nafsunya

Qs Yusuf : 24

Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusufpun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Rabbnya. Demikianlah, agar Kami memalingkan daripadanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba kami yang terpilih.

Qs Yusuf : 53

Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Rabbku. Sesungguhnya Rabbku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Menyembah Allah adalah kodrat kita

Qs Maryam : 58

Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nimat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayt-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.

Ayat Al Quran dan segala kedahsyatannya :

Qs Az Zumar : 23

Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al-Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Rabbnya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka diwaktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorangpun pemberi petunjuk baginya

Qs Al Isra : 107-108

Katakanlah: Berimanlah kamu kepadanya atau tidak usah beriman (sama saja bagi Allah). Sesungguhnya orang-orang yang diberi pengetahuan sebelumnya apabila Al-Quran dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur atas muka mereka sambil bersujud,

dan mereka berkata: Maha suci Rabb kami; sesungguhnya janji Rabb kami pasti dipenuhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut