28 Desember 2010

Pengajian Masjid Raya Bani Umar Tanggal 28 Desember 2010

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 28 Desember 2010
Pembicara : Drs. Sunandar Ibnu Nur, MA
Tema: 5 Rahasia Istri Yang Sempurna

Doa :

Allahumma anziina munzalan mubarakan wa anta khoirun munziilin

Ya Allah, tempatkanlah kami di tempat yang penuh berkah, karena Engkaulah yang sebaik baik menempatkan

Doa :

Allahumma inna as'aluka ilman nafi'an wa rizkon wasi'an wa syifa'an minkulli da'in birahmatika ya Arhammarrohimin

Ya Allah kami mohon ilmu yang bermanfaat, ilmu yang luas, kesembuhan dari segala penyakit, dengan rahmatMu wahai yang Maha Penyayang

Pepatah :

1. Mendahululan yang terpenting diantara yang penting

2. Siapa yang menanam akan mengetam (memanen)

Prinsip yang harus kita tanamkan di dalam diri adalah : give and take (memberi terlebih dahulu, baru kemudian kita mendapatkan)

Hadist tentang keutamaan menuntut ilmu :

Barang siapa berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke syorga. (HR. Muslim).

Siapa yang keluar untuk menuntut ilmu maka dia berada di jalan Allah sampai dia kembali (Shahih Tirmidzi)

Allah menjanjikan bahwa orang yang berilmu itu lebih tinggi derajatnya dibandingkan yang biasa biasa saja

Qs Al Mujadilah : 11

Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: Berlapang-lapanglah dalam majlis, lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Bahaya Zina :

Hadistnya :

Dari Ibnu Abbas r.a. dikatakan: Tidak ada yang kuperhitungkan lebih menjelaskan tentang dosa-dosa kecil daripada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Allah telah menentukan bagi anak Adam bagiannya dari zina yang pasti dia lakukan. Zinanya mata adalah melihat [dengan syahwat], zinanya lidah adalah mengucapkan [dengan syahwat], zinanya hati adalah mengharap dan menginginkan [pemenuhan nafsu syahwat]. …” (HR Bukhari & Muslim)

5 Rahasia istri yang sempurna :

1. Seorang istri yang cantik, pintar bersolek, memasak dan mengurus rumah adalah penting

2. Seorang istri yang periang, enerjik, dapat membuat suami tertawa dan menghibur di kala susah juga penting

3. Seorang istri yang pengertian, solehah, jujur, taat beribadah dan dapat dipercaya juga penting

4. Seorang istri yang dapat memahami dan memuaskan anda lahir batin juga tak kalah penting

5. tapi yang paling penting adalah keempat istri istri tersebut tadi jangan sampai saling mengenal satu sama lainnya (Becanda loh)

Dalil tentang poligami :

Qs An Nisa : 3

Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu menikahinya), maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga, atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.

--

10 pertanyaan tentang perilaku keseharian manusia secara umum

Mari kita renungkan hadits berikut, ”Manusia akan melewati titian (yang terbentang diatas) neraka jahanam. Disekitarnya terdapat banyak duri, belenggu dan jangkar yang akan menyambar manusia dari kanan dan kiri. Di kedua tepinya ada malaikat yang berdoa, ”Ya Allah selamatkanlah”. Diantara manusia ada yang melintas secepat kilat, ada yang melintasi secepat angin, ada yang melintasinya seperti penunggang kuda, ada yang berlari-lari kecil, ada yang berjalan biasa. Adapun orang yang berhak masuk neraka, maka akan masuk kedalamnya. Di dalamnya mereka tidak mati dan tidak hidup... sementara manusia yang lain disiksa dengan dosa dan kesalahannya. Mereka terbakar hingga menjadi arang, kemudian diizinkan untuk mendapat syafaat.” (Muttafaq a’laih dari Abu Said al Khudri)

Ketika memasuki neraka / surga, kita semua terbagi menjadi kelompok kelompok

Qs Az Zumar : 71-73

Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahannam berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka telah sampai ke neraka itu dibukakan pintu-pintunya dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul di antaramu yang membacakan kepadamu ayat-ayat Rabbmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan dengan hari ini? Mereka menjawab: Benar (telah datang). Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir

Dikatakan (kepada mereka): Masukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka neraka Jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri.

Dan orang-orang yang bertaqwa kepada Rabbnya dibawa ke surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: Kesejahtera (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya

Life begin at 40

Imam Al Ghazali : "Tanda seorang hamba itu berpaling dari Allah ialah ia menyibukkan diri dengan sesuatu yang tidak berguna. Dan sesungguhnya seseorang itu apabila hilang waktu sesaat dari umurnya bukan untuk sesuatu yang ia diciptakan untuknya (yakni ibadah), maka patutlah dia menjalani penyesalan yang berkepanjangan. Dan barangsiapa yang telah melampaui usia 40 tahun sedangkan kebaikannya tidak dapat mengalahkan kejahatannya, maka hendaklah dia mempersiapkan dirinya untuk masuk ke dalam neraka."

--

Mulai kepalkan tangan anda, setiap pertanyaan, silahkan buka jari anda 1 per satu jika diantara jawaban dari pertanyaan ini adalah : Ya

Apakah diantara anda yang selama hidupnya atau setidaknya sejak akil baligh melakukan :

* 1. tidak pernah berbuat salah / khilaf

* 2. tidak pernah berbuat dosa atau maksiat

* 3. tidak pernah meninggalkan kewajiban shalat

Barang siapa meremehkan atau melalaikan sholat, Allah SWT akan menyiksanya dengan 15 siksaan. 6 siksaan di dunia,3 siksaan ketika meninggal,3 siksaan dialam kubur, dan 3 siksaan saat bertemu dengna Allah SAW.

Setiap kali ular itu memukul, tubuh mayat tersebut melesak 70 hasta ke dalam bumi

Adapun 6 siksaan yang ditimpakan didunia adalah :

1. Di cabut keberkahan umurnya.

2. Dihapus tanda kesalehan dari wajahnya (pancaran kasih sayang terhadap sesama)

3. Tidak diberi pahala oleh Allah SWT semua amal yang dilakukannya

4. Doanya tidak diangkat kelangit

5. Tidak memperoleh bagian doa kaum salihin

6. Tidak beriman ketika roh dicabut dari tubuhnya

Adapun 3 siksaan yang ditimpakan saat meninggal dunia ialah :

1. Mati secara hina

2. Mati dalam keadaan lapar

3. Mati dalam keadaan haus

Sedangan 3 siksaan yang didapat dalam kubur ialah :

1. Kubur menghimpitnya hingga tulang-belulangnya berantakan

2. Kuburnya dibakar hingga sepanjang siang dan malam tubuhnya berkelojotan menahan panas

3. Tubuhnya diserahkan kepada seekor ular bernama Asy-Syujaul Aqra. Kedua mata ular itu berupa api dan kukunya berupa besi, kukunya sepanjang satu hari perjalanan.”Aku diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyiksamu, karena engkau mengundurkan shalat Subuh hingga terbit matahari,mengundurkan sholat Zuhur hingga Asar, mengundurkan sholat Magrib hingga Isya, dan mengundurkan sholat Isya hingga Subuh,” kata ular itu.

Setiap ular itu memukul,tubuh mayat itu melesak 70 hasta, sekitar 3.000 meter, ke dalam bumi. Ia disiksa dalam kubur hingga hari kiamat. Di hari kiamat, wajahnya akan tertulis kalimat berikut : Wahai orang yang mengabaikan hak-hak Allah, Wahai orang yang dikhususkan untuk menerima siksa Allah, di dunia kau mengabaikan hak-hak Allah, maka hari ini berputus asalah kamu dari rahmat-Nya.

Adapun 3 siksaan yang dilakukan ketika bertemu dengan Allah SWT adalah :

1. Ketika langit terbelah,malaikat menemuinya, membawanya rantai sepanjang 70 hasta untuk mengikat lehernya. Kemudian memasukkan rantai itu kedalam mulut dan mengeluarkan dari duburnya. Kadang kala ia mengeluarkannya dari bagian depan atau belakang tunuhnya. Malaikat itu berkata,”Inilah balasan bagi yang mengabaikan kewajiban-kewajinban yang telah ditetapkan Allah.” Ibnu Abas berkata,”Andai kata satu rantai itu jatuh kedunia,niscaya cukup untuk membakarnya.”

2. Allah tidak memandangnya

3. Allah tidak menyucikannya dan ia memperoleh siksa yang amat pedih.

Demikian ancaman bagi orang-orang yang melalikan sholat. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada orang yang bersegera menjelankan segala perintah-Nya dan menjauhi apa yang dilarang oleh-Nya. Amin.

Ada tiga perkara yang mengikuti mayit sesudah wafatnya, yaitu keluarganya, hartanya dan amalnya. Yang dua kembali dan yang satu tinggal bersamanya. Yang pulang kembali adalah keluarga dan hartanya, sedangkan yang tinggal bersamanya adalah amalnya. (HR. Bukhari dan Muslim)

* 4. tidak pernah berbohong

* 5. tidak pernah bergunjing / ghibah

* 6. tidak pernah membuat kecewa atau menyinggung perasaan orang tua kita

* 7. tidak pernah merasa dendam atau berburuk sangka pada saudara, teman atau orang lain

* 8. tidak pernah mengkondisikan mendapat uang subhat atau uang haram

* 9. tidak pernah marah atau membuat kecewa atau menyakiti orang lain

* 10. tidak pernah putus wudhu, dzikir, membaca al quran, shalat tahajud, dhuha, sedekah, shalat subuh berjamaah di masjid

Manusia adalah tempatnya salah dan khilaf, Al inssanu mahallul khoto'i wannisyaanu

Yang penting : bertaubat

Qs Ali Imran : 133

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa,

“Apabila seorang manusia itu meninggal dunia, maka terputuslah amal perbuatannya kecuali dari tiga sumber, yaitu sedekah jariah (wakaf), ilmu pengetahuan yang bisa diambil manfaatnya, dan anak soleh yang mendoakannya.”

Pentingnya bersedekah :

QS Al Baqarah : 254
Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa'at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim.

Abu Hurairah ra. Berkata, Rasulullah bersabda: Setiap ruas tulang tubuh manusia wajib dikeluarkan shodaqohnya setiap hari ketika matahari terbit. Mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah shodaqoh, menolong orang dengan membantunya menaiki kendaraan atau mengangkatkan barang ke atas kendaraannya adalah shodaqoh, kata-kata yang baik adalah shodaqoh, tiap-tiap langkahmu untuk mengerjakan sholat adalah shodaqoh, dan membersihkan rintangan dari jalan adalah shodaqoh. (HR Bukhari dan Muslim)

“Senyum anda kepada saudara anda adalah shadakah, dan perintah kepada yang ma’ruf serta larangan dari yang mungkar itu shadakah, petunjukmu pada seorang asing yang tersesat itu sedekah, engkau menuntun orang yang sulit melihat itu shadakah, menyingkirkan batu dan duri dari jalan itu adalah sadakah, dan engkau membantu mengambilkan air untuk sahdaramu itu adalah sedekah. ” (Hadits riwayat Turmudzi )

Segala sesuatu yang kita lakukan itu ada balasannya

Qs Al Zalzalah :7-8

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

Mari introspeksi diri ketika menghadapi ujian Allah

Qs Ar Rum : 41

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

1 komentar:

  1. Nining.aidil@yahoo.com29 Desember, 2010 01:01

    Subhanallah, daya rekam dan daya ingatnya luar biasa.Kaya dengan dalil al-Qur'an dan hadits, suatu upaya penelusuran referensi yang serius,sesuai dan berekesinambungan. Jazakillah khoeron katsiron. Perfect. Sedikit koreksi: ALLAHUMMA INNA NAS-ALUKA 'ILMAN NAAFI'AN, WA RIZQAN WAASI'AN WA SYIFAA-AN MIN KULLI DAAIN BIROHMATIKA YAA ARHAMARRAAHIMIINA. "Ya Allah, kami mohon kpdmu ilmu yg bermanfaat, rezeki yg luas..dst.
    Pepatah: TAQDIIMUL AHAMMI MINAL MUHIMMI, Mendahulukan yg lebih penting dari yang penting.
    MAN YAZRO' YAHSUD, "Siapa menanam akan mengetam". Sekali lagi...jazakillah khoeron katsiron. Salam ta'dzim. SUNANDAR IBNU NUR

    BalasHapus

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut