28 Desember 2010

Kajian Muslimah MQ Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Tanggal 27 Desember 2010

Event : Kajian Muslimah MQ Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia
Tanggal : 27 Desember 2010
Pembicara : Ustadzah Ningrum Maurice
Tema: 7 Langkah meraih ridho Allah (point ke 2)

Pembacaan ayat suci Al Quran

Qs Ali Imran : 14-15

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).

Katakanlah: Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu? Untuk orang-orang yang bertaqwa (kepada Allah), pada sisi Rabb mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah; Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.

2. Hidup Zuhud

Zuhud : meninggalkan dunia.

Terkadang manusia merasa dirinya telah menggenggam surga, GR sekali

Zuhud : Kehidupan bersih, kehidupan yang diridhoi Allah

Zuhud pada dunia : bukan berarti mengharamkan yang halal dan tidak mau menambahkan harta.

Sabar itu bersumber pada hati yang bersih

Nabi Isa berkata: ”Wahai para pendukungku, berdoaalah kepada Allah agar meringankan sakaratul maut kalian.” Dalam doa-doa yang sering kita lantunkan, kita meminta dengan kerendahan hati ”Ya Allah, kami memohon kepada Engkau keselamatan dalam agama, kesehatan badan, keberkahan rizki, taubat sebelum ajal, kasih sayang saat ajal, ampunan setelah mati. Ya Allah, mudahkanlah bagi kami saat sakaratul maut menghadap, ampunan ketika hari penghitungan, dan selamat dari api neraka.” Semoga kita diwafatkan oleh Allah swt kemudahan sakaratul maut dan mati dalam keadaan husnul khatimah. Amin

Zuhud artinya meninggalkan segala sesuatu yang tidak memberikan manfaat untuk akhirat

Ya Allah, Jika fisikku ini cantik, jadikanlah kecantikan ini sebagai pengingat kesyukuranku kepadaMu
Ya Allah, jika fisikku ini menua, jadikanlah ketuaan ini sebagai masa panen amal sewaktu aku muda

Qs Al Hadid : 23

(Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.

Maksudnya disini, jangan terlalu gembira karena kesenangan, jangan terlalu sedih karena kesengsaraan.

Qs Al Baqarah : 155 - 156

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar,

(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: Innaa lillahi wa innaa ilaihi raajiuun.

Mereka melihat dunia dengan mata hati, bukan dengan hawa nafsu. Mereka menjauhi / menghindari kenikmatan dunia kalau hal tersebut tidak manfaat untuk akhirat

Keutamaan Niat :

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.

Apabila seseorang meninggal kemudian raut wajahnya senyum, bisa jadi orang yang meninggal tersebut telah diperlihatkan bahwa dia akan mendapatkan surga.

Segala sesuatu itu diawali dengan ikhtiar, baru kemudian dilengkapi dengan doa

Mereka meninggalkan kenikmatan dunia dalam rangka mencari ridho Allah

Qs Yasin : 65

Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksian kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.

Seluruh tubuh kita kelak akan dimintakan pertanggung jawabannya

Apabila seseorang hamba bermujahadah (bersungguh sungguh) untuk hidup zuhud, Allah tidakn akan membiarkan insan pilihanNya menempatkan dunia sebagai rumahnya.

Di dunia ini, kita semua adalah perantau, kita semua adalah musafir. Tidak selamanya kita akan berdiam di dunia ini. Sebagaimana telah digambarkan oleh Rasulullah SAW, bahwa kita di dunia ini laksana seorang musafir yang berteduh di bawah rindangnya sebuah pohon yang kemudian akan berlalu untuk melanjutkan perjalanan. Maka Rasulullah SAW berpesan, “Kun fid dunya ka annaka ghoriibun aw 'aabirus sabiil - Jadilah dirimu di dunia seperti orang asing atau seperti seorang musafir”. (HR. Bukhori).

Kenikmatan dunia itu hanya sedikit sekali dibandingkan kenikmatan di akhirat

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda, “Demi Allah, Dunia ini dibanding Akhirat ibarat seseorang yang mencelupkan Jarinya ke Laut; air yang Tersisa di Jarinya ketika diangkat itulah Nilai dunia ( akhirat = Laut) ” (HR Muslim).

Jadilah pribadi yang selalu mengingat Allah

Qs Ali Imran : 191

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

Juga tidak rela mereka memandang penuh takjub dan cinta atas isi dunia

Qs Taha : 131

Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan di dunia untuk Kami cobai mereka dengannya. Dan karunia Rabbmu adalah lebih baik dan lebih kekal.

Qs Luqman : 33

Hai manusia, bertaqwalah kepada Rabbmu dan takutilah suatu hari yang (pada hari itu) seorang bapak tidak dapat menolong anaknya dan seorang anak tidak dapat (pula) menolong bapaknya sedikitpun. Sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan (pula) penipu (syaitan) memperdayakan kamu dalam (mentaati) Allah.

Qs An Nur : 31

Hai manusia, bertaqwalah kepada Rabbmu dan takutilah suatu hari yang (pada hari itu) seorang bapak tidak dapat menolong anaknya dan seorang anak tidak dapat (pula) menolong bapaknya sedikitpun. Sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan (pula) penipu (syaitan) memperdayakan kamu dalam (mentaati) Allah.

Keutamaan sedekah

Qs Al Baqarah : 261

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Keutamaan sabar :

Qs An Nahl : 96

Apa yang dari sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

doa sebelum tidur :

Dengan menyebut namaMu Ya Allah,kubaringkan lambungku.Dengan menyebut namaMu juga aku akan menegakkannya lagi.Ya Allah,jika Kau genggam jiwaku,maka ampunilah dan sayangilah.Jika Kau lepaskan lagi,maka jagalah sebagaimana Engkau menjaga jiwa hamba-hambaMu yang shaleh.Dan,penutup doa kami adalah kesaksian bahwa segala puji hanyalah bagi Tuhan alam semesta.

Bagaimana menyingkapi ujian hidup ?

Qs Al Ankabut : 2-3

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: Kami telah beriman, sedang mereka tidak diuji lagi?

Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

Qs Al Baqarah : 155

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar,

Qs Ali Imran : 142

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antaramu, dan belum nyata orang-orang yang sabar.

Jangan menangis untuk hal dunia, menangislah untuk hal akhirat

Muhasabahku : Suamiku, aku belum jadi istri yang sholihah untukmu, aku masih banyak menangis untuk urusan dunia, Doakan aku kuat ya

Sebagian gambaran kenikmatan yang ada didalam surga

Qs Waqiah : 19-24

mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk,

dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih,

dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.

Dan (di dalam surga itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli,

laksana mutiara yang tersimpan baik.

Kesenangan dunia itu hanya tipuan belaka, kesenangan abadi hanya di akhirat

Qs Al Hadid : 20

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut