04 Agustus 2012

Tarawih Masjid Raya Bani Umar Tema : Al Quran sebagai Rahmat

Event : Tarawih Masjid Raya Bani Umar
Tema : Al Quran sebagai Rahmat
Tanggal : 4 Agustus 2012
Pembicara : Ustadz Fazari AsShofa

Berbagai peristiwa penting yang terjadi bulan Ramadhan :

1. Nuzulul Qur’an

2. Lailatul Qadar

3. Perang Badar

---

Ayat pertama yang turun

QS Al Alaq : 1

Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan,

---

Pohon berdzikir kepada Allah

QS Ali Imran : 41

Berkata Zakariya: Berilah aku suatu tanda (bahwa isteriku telah mengandung). Allah berfirman: Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Rabbmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari.

---

Macam umat islam :

1. Hanya KTP

2. Hanya keturunan

3. Pendidikan

---

Keutamaan perang melawan hawa nafsu di dalam ibadah puasa

Rasulullah SAW bersabda: Kita baru kembali dari satu perang kecil untuk kemudian masuk ke perang lebih besar. Sahabat pun terkejut dan bertanya, ’Perang apakah itu wahai Rasulullah? Baginda Rasulullah SAW berkata, ’Perang melawan hawa nafsu’.” (HR Al Baihaqi). Hadis itu disampaikan ketika Rasulullah SAW dan para sahabat kembali dari medan pertempuran melawan kaum musyrik.

Perang itu dinamakan dengan perang Badar. Ini adalah pertempuran besar pertama yang terjadi pada 17 Ramadan 2 Hijriyah. Para sahabat heran ketika Rasulullah mengatakan bahwa perang yang baru saja dilaluinya itu disebut perang kecil. Sebab, saat itu pasukan kecil kaum muslimin berjumlah 313 orang bertempur menghadapi pasukan Quraisy dari Mekkah yang berjumlah 1.000 orang.

---

Keutamaan malam lailatul qadar

Berkata: “Ya Rabb, engkau jadikan umatku paling pendek umurnya di antara umat-umat yang ada dan paling sedikit amalnya!’. Maka Allah menurunkan firman-Nya, "Lailatulqadar (malam kemuliaan) itu lebih baik daripada seribu bulan." (Q.S. Al Qadar, 3) Maksudnya, beramal saleh pada malam lailatulkadar itu pahalanya jauh lebih baik dan lebih besar daripada amalan yang dilakukan oleh seorang laki-laki dari Bani Israel itu. Mujahid berkata: Amal saleh, berpuasa, dan melaksanakan qiyamul lail pada Lailatul Qodar lebih baik daripada seribu bulan. Inilah keutamaan pertama dari Lailatul Qodar.

---

Dari Ibnu Umar, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda,"Barangsiapa mencarinya, maka carilah ia (lailatul qadar) pada malam ke-27, dan beliau bersabda, "Carilah ia pada malam ke-27,yakni lailatul qadar"- HR Ahmad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut