06 Agustus 2012

Tausiyah Tarawih Masjid Raya Bani Umar Tanggal : 6 Agustus 2012

Event : Tausiyah Tarawih Masjid Raya Bani Umar
Tema : -
Tanggal : 6 Agustus 2012
Pembicara : KH Drs. M Sobron Zayyan, MA

Al Qur'an sebagai obat

Qs Al Isra' : 82

Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.

---

Al Quran sebagai petunjuk dan pembeda

Qs Al Baqarah : 185

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa di bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

---

Hukum yang ada di dalam Al Quran :

1. Hablumminallah : Hubungan dengan Allah

2. Hablumminannas : Hubungan dengan manusia

---

Pembidangan ilmu agama islam : Akidah, Syariah, Akhlaq

Biasa disebut Al Iman, Al Islam, Al Ihsan

---

Akidah dikembangkan melalui ilmu ushuluddin / ilmu kajian / ilmu kalam / ilmu teologi / ilmu tauhid

Akhlaq dikembangkan melalui ilmu akhlaq / etika dan tasawuf

Syariah dikembangkan melalui ilmu fiqih/ ushul fiqih

---

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya.” Hadits riwayat Bukhari

---

Contoh tafsir Al Quran yang dibuat oleh Ulama Indonesia :

1. Tafsir Al Azhar

2. Tafsir Al Misbah

---

Yusuf Islam : Bagaimana saya memeluk Islam

Nama : Cat stevens. Setelah memeluk agama islam ia bernama Yousef Islam. Lahir di London, di jantung kota Inggris. Terlahir di zaman telah adanya tehnologi canggih dan di negara modern yang terkenal di dunia. Dari lingkungan yang demikian itu. Saya tumbuh dan hidup. Pendidikan saya selesaikan di sekolah Katholik .

Saya memahami benar ajaran kehidupan dan ajaran agama kristen. Saya mengimani adanya Tuhan, Isa almasih, takdir, jalan yang baik dan buruk. Gereja banyak mengajarkan dan menekankan pada saya untuk percaya kepada Allah, sedikit pada Isa Almasih dan mengurangi sedikit dari kepercayaan pada roh kudus

Pada waktu itu kehidupan di sekitar saya masyarakatnya berfikiran sempit dan picik . Mereka waktu itu banyak mengajarkan pada generasi semasa saya bahwa kekayaan adalah suatu kehormatan dan hak yang hakiki sedang kemiskinan adalah suatu kekalahan yang total dan memalukan.

Mencipta Falsafah hidup sendiri

Kami mencontoh Amerika yang mana kami beranggapan bahwa Amerikalah suatu lambang kekayaan yang nyata dan negara dunia ke 3 adalah sebagai Contoh dari kemiskinan, kesengsaraan, keterbelakangan, kebodohan dan kesesatan. Dikarenakan ini, saya mencari jalan untuk menjadi kaya agar dapat hidup bahagia.

Kemudian saya menciptakan falsafah hidup yaitu : Antara kehidupan tidak ada hubungannya dengan agama. Dan saya jalankan falsafah ini.

Mulai mencari jalan hidup

Mulailah saya mencari jalan untuk hidup sukses. Dan ketika itu cara yang paling murah adalah mempunyai gitar.

Kemudian saya membelinya dan mulailah menciptakan syair dan iramanya, melalui gitar. Melesatlah saya dari sekian penyanyi yang ada. Ini saya lakukan tepat setelah saya bernama Cat Stevens

Saat itu umur saya 18 tahun. Dan telah mencetak 8 album lagu . Mulailah saya melakukan show dan mengumpulkan banyak ketenaran dan kekayaan, hingga sampai pada puncaknya. Saya yang pada waktu itu ada di puncak ketenaran dan kejayaan, sering melihat keadaan yang dibawah, saya takut jatuh . Maksud saya takut kehilangan semua Sejak itu mulailah ada rasa tak tenang dan was-was dalam jiwa saya. Dan sejak itu pula mulainya saya menenggak minuman botolan setiap hari. Maksud saya minuman inilah yang memberi semangat dalam karier dan hidup saya. Waktu itu saya merasa sepertinya semua orang memakai topeng. Mereka sudah pasti adalah orang munafik hingga bisa menjual untuk mendapatkan keuntungan agar tetap hidup.

Saya merasakan semua ini adalah sesuatu yang merugikan dan kejam . Sejak saat itu mulai membenci kehidupan saya sendiri. Mulailah saya menjalani hidup menyendiri. Dan sejak itu jiwa saya terasa sakit tak terkendalikan dan benar-benar jiwa saya dalam keadaan sakit. Kemudian, saya dipindahkan ke rumah sakit dan ternyata saya terdapat mengidap penyakit batuk TBC. Selama tinggal di rumah sakit, mereka telah banyak memberi kebaikan pada saya dikarnakan banyak mengajarkan pada saya menuju cara untuk berfikir secara positip.

Ketika itu ada datang perasaan beriman kepada Tuhan. Tetapi gereja tak mengajarkan secara jelas siapa Tuhan itu sebenarnya. Dan lumpuhlah fikiran saya untuk mengetahui siapa Tuhan dan apa itu Tuhan yang pernah disebut-sebut digereja dulu.

Ketika itu pemikiran saya masih gelap. Mulailah berfikir untuk mengalihkan kehidupan ke suatu cara hidup baru. Waktu itu saya mulai membaca kepercayaan dan Timur. Dan waktu itu saya mencari ke dunia yang nyata. Datanglah suatu perasan pada saya suatu tujuan tetapi saya tak memahami apa tujuan yang datang pada saya saat itu. Secara tak saya sadari, saya duduk menyendiri dalam lamunan yang panjang.

Mulailah berfikir untuk mencari kebahagiaan yang tak pernah saya dapatkan dari kekayaan yang saya dapatkan atau kejayaan dan kemashuran yang pernah saya raih atau pula dalam kehidupan gereja .

Mulai memeluk agama budha

Mulailah saya memeluk agama Budha dan ajaran pemikiran cina. Belajar memahaminya dengan perkiraan saya kemungkinan kebahagiaan inilah yang akan menunjukkan isyarat untuk kejadian pd. esok hari agar dapat menghindar dari suatu kerugian atau kehancuran atau kejahatan. Mulailah saya menjadi seorang yang berserah kepada keadaan dan mempercayai pada bintang-bintang. Saya juga percaya para peramal. Tetapi semua ini ternyata omong kosong belaka.

Menjadi Komunis

Pindah dan masuklah saya menjadi seorang yang berfaham komunis. Logika saya menduga kebahagiaan akan terwujud jika kekayaan dibagi rata ke seluruh manusia di dunia ini. Tetapi saya merasakan faham komunisme ini tidak selaras dengan Naluri kemanusiaan saya yaitu tidak adanya keadilan . Yang adil adalah yang berhak atas sesuatu setelah ia mendapatkannya dari jerih payahnya. Bukannya setelah bersusah payah mendapatkan hasilnya kemudian larinya kepada orang yang tak bersusah payah, untuk mendapatkan itu.

Beberapa waktu kemudian saya berkeputusan bahwasanya tidak adanya ajaran atau kepercayaan sebagai jawaban yang saya temukan dan yang menjelaskan pada saya sebagai Suatu kenyataan dimana saya selama ini dalam pencarian untuknya. Berputus asalah saya, sebab waktu itu saya belum mengetahui Islam.

Kembali Masuk Gereja

Kemudian kembali pada kepercayaan saya semula ke gereja. Dikarnakan semua ajaran itu adalah kosong belaka dan gereja masih lebih baik dari semua yang pernah saya temukan selama dalam pencarian waktu itu.

Kembali lagi pada dunia musik dan mulai dari bawah lagi, Dengan menetapkan hati bahwasanya inilah agama saya dan tidak ada agama lain. Dan berusahalah saya dengan Ikhlas hati pada agama ini dengan Berusaha untuk memperbaiki musik agar menjadi sesuatu yang terbaik. Saya ambil satu keputusan dari ajaran gereja, yaitu : Jika ingin mencapai kedudukan seperti Tuhan maka berusahalah untuk ikhlas menyelesaikan suatu pekerjaan.

Hadiah Al Quran Asal Mula

Pada tahun 1975 terjadinya keajaiban yaitu kakak saya yang tertua memberi hadiah berupa Al-qur‘an. Dan hadiah itu hingga saya jalan-jalan ke Quds / Yerussalem (Palestin) tetap ada. Sejak dari sinilah saya mulai serius pada Al-qur‘an pemberian dari kakak saya ini.

Saat itu saya tak memahami isi dan maksud dari Qur‘an tsb. Dari sinilah saya mulai mencari penterjemah untuk menterjemahkannya pada saya dan menjelaskan apa maksud darinya. Sejak itu mula pertama kalinya saya berfikir tentang Islam. Islam dalam pandangan orang barat adalah faham rasialis dan muslimin adalah orang asing dari Turki dan Arab walaupun mereka adalah warga negara di Eropa. Orang tua saya asli dari Yunani. Orang Yunani sangatlah membenci orang Turki muslim. Seharusnya saya membenci agamanya orang Turki yang sebagai Warisan dari turunan mereka, tetapi saya melihat dan memperhatikan pada ayat dalam Al-qur‘an terjemahan tidak ada larangan untuk mengetahui isi dari Qur‘an itu sendiri.

Kata Bismillahirrahmanirrahim yang berpengaruh pada jiwa

Lembaran pertama pada Al-qur‘an ketika saya buka, tercantum jelas dgn nama Allah dengan lanjutannya adalah maha pengasih lagi maha penyayang. Kalimat ini sangatlah berpengaruh pada jiwa saya . Setelah itu terbaca surat Alfatihah yang artinya Pembukaan pada al-kitab (Al-qur‘an), (Alhamdulillaahirrabbil‘alamin yang artinya semua bersyukur pada Allah saja, pencipta alam semesta dan Tuhan semua makhluk).

Pada saat membaca kalimat ini, perasaan diri dan jiwa ini terasa amatlah kecil dan lemah dihadapan Allah SWT. Hal ini disebabkan dulu mereka mengajarkan bahwa Allah adalah satu dan terbagi menjadi tiga. Bagaimana terjadinya ? saya tak tahu ! Mereka juga mengatakan bahwa Allah kaum nasrani lain dengan Allahnya kaum Yahudi.

Selebihnya Qur‘anul karim adalah ibadah kepada Allah yang Esa. Tuhan semesta alam. Dan Qur‘an menegaskan bahwa Allahlah yang Tunggal Tuhan semesta alam . Juga menegaskan bahwa Allah sendirilah yang menciptakan Alam semesta ini tanpa bantuan dari siapapun dan tanpa membagi kekuasaan-Nya pada siapapun. Hal ini adalah sesuatu yang baru bagi saya.

Saya memahami (sebelum mengenal Al-qur‘an) bahwa disitu ada pemahaman / kecocokan, kekuatan/kemampuan dan keajaiban. Tetapi sekarang dengan Pemahaman Islam bahwa Allah adalah maha Tunggal dan maha berkehendak dan maha berkuasa atas segalanya, bersamaan dgnnya adalah keimanan yaitu iman kepada Hari akhir dan kehidupan setelah hari akhir sebagai Tujuan hidup yang utama dan kekal selamanya .

Dan juga, manusia bukanlah terbentuk perbandingan besar dari daging yang pada suatu hari akan berganti menjadi debu, seperti Para ahli biologi mengatakannya Tetapi yang pasti adalah segala sesuatu pekerjaan yang menentukan keadaan pada kehidupan ini yang pasti akan menentukan kehidupan di hari akhir.

Al Quran yang menunjukkan kepada Islam

Qur‘anul karim yang menunjukkan saya pada islam. Dan saya menyetujui petunjuknya. Semua bermula dari gereja yang telah menghancurkan saya yaitu yang mengaitkan saya pada kesengsaraan dan kepedihan. Dari dialah yang membawa saya kepada Al-qur‘an . Disebabkan tidak adanya jawaban yang saya dapatkan dari pertanyaan yang timbul di jiwa sebelum ini .

Qur‘an adalah sesuatu yang asing, Tidak sama dengan Kitab-kitab yang ada. Didalamnya tidak adanya pragraf atau alenia atau penjelasan seperti yang terdapat pada kitab-kitab lainnya yang ada pada Qur‘an tidak tercantum nama pencatat atau penulisnya. Dari sini saya yakin dan percaya ini adalah wahyu Allah kepada seorang rosul utusan-Nya

Perbedaan Al Quran dan Injil

Disini terlihat juga perbedaan dengan Injil yang berbeda-beda penulis dan pencatat dan banyak perbedaan pula dalam kisah-kisah. Saya telah berusaha mencari kesalahan pada Qur‘an tetapi disana tak saya temukan, walau berupa kesalahan kecil . Semua kalimat dan maksudnya tersusun rapi tidak ada yang bertentangan satu sama lainnya dan bersamanya menyatakan bahwa Allahlah yang maha Esa. Sejak itu mulailah saya memahami apa itu islam. Al-qur‘an bukan satu utusan saja tetapi semua nabi yang pernah diutus Allah ada didalamnya yang dikasihi dan tinggi derajatnya di sisi-Nya. Tidak ada yang dibedakan diantara mereka .

Ini adalah suatu pemahaman yang masuk akal. Seandainya kamu mengimani pada satu nabi tanpa mengimani yang lainnya sama artinya menghancurkan risalah/ ajaran/ pesan-pesan dari ajaran-Nya . Sejak ini saya memahami pertalian hidup dan kehidupan sejak adanya kehidupan didunia ini, yaitu dari adanya sejarah dunia bahwa manusia ada dua golongan yaitu golongan yang beriman dan golongan yang kafir.

Al Quran menjawab semua pertanyaan

Qur‘an telah menjawab semua pertanyaan saya selama ini. Dari sini saya merasakan adanya kebahagiaan. Kebahagiaan ini datangnya setelah mendapatkan kenyataan yang hakiki.

Setelah membaca dan memahami secara lengkap dari Al-qur‘an selama 1 tahun . Mulailah saya mencari cara dari mana saya untuk memahami isi Qur‘an ini. Setelah itu, saya merasakan bahwa hanya saya sajalah seorang muslim di dunia ini.

Kemudian saya berfikir, bagaimana saya seharusnya menjadi seorang muslim yang benar-benar muslim. Lalu saya pergi ke masjid di London dan berserah diri pada Islam dengan membaca kesaksian bahwa tidak Tuhan selain Allah dan Muhammad bahwasanya seorang hamba dan utusan Allah.

Sejak itu saya meyakini bahwa jalan yang saya pilih adalah ajaran yang berat dan ini bukanlah kalimat yang ringan sebagai tanggung jawabnya dan sebagai Jawaban darinya untuk menyelesaikan tugas sebagai Muslim. Sepertinya saya baru terlahir kembali. Dan saya mengetahui jalan yang saya tempuh sama seperti Saudara seiman lainnya.

Saya tak pernah bertemu dengan Mereka. Dan jika saya bertemu dgn muslim lainnya yang berusaha menunjukkan pada saya tetntang Islam tak pernah saya hiraukan. Semua ini di sebabkan kebanyakan nafsu diri dari muslimin telah menguasai mereka. Dan pengaruh negatip dari pemberitaan dunia barat dan juga pengaruh negatip dari pemberitaan negara muslim yang meng-kaburkan hakiki adanya ajaran islam, yang mana mereka banyak mendukung pada orang atau golongan atau gerakan yang merendahkan islam.

Kesemuanya ini melumpuhkan kebaikan dari rakyat mereka yang artinya berniat menghancurkan akhlak dan kehidupan kemanusiaan muslimin mereka sendiri .

Mempelajari KeRasulan Muhammad Saw

Unsur utama islam yang saya ambil dari Al-qur‘an, setelah itu saya mulai mempelajari tentang Kerosulan Muhammad SAW yang mana jalur dan sunnahnya mengajarkan muslimin yang intinya dari unsur islam .

Sejak itu saya mengetahui jalur yang maha berharga dalam kehidupan adalah Rosullah SAW dan Sunnahnya. Tanpa saya sadari lupalah saya pada musik. Suatu hari saya tanyakan pada saudara saya (seiman). Apakah saya boleh melangsungkan kehidupan dalam musik ? Saudara saya itu menasehatkan untuk berhenti. Katanya,” Musik akan mengambil waktumu untuk berzikir kepada Allah dan ini adalah sesuatu yang amat berbahaya bagimu .”

Saya melihat anak muda meninggalkan keluarga mereka dan hidup untuk musik dan lagu. Ini didalam islam sangat dilarang dan islam meyakinkan bahwa kekuatan ada pada lelaki muslim. Sejak itu, semua harta kekayaan yang saya miliki, saya serahkan untuk Dakwah Islam. (R. Shahrir)

* sumber: swaramuslim.net

---

Science di dalam Al Quran sebagai bukti kebesaran Allah

Suatu hari, seorang ahli kelautan bernama Jacques Yves Costeau melakukan penelitian di dasar laut untuk Discovery Channel. Ia menelurusi fenomena bawah laut di Cenota Angelita, Mexico.

Saat melakukan penyelaman, ia dikejutkan dengan sebuah fenomena alam yang luar biasa. Dia menemukan air tawar di antara air laut yang asin. Penemuan itu membuatnya takjub. Bagaimana mungkin air tawar bisa berada terpisah dalam air laut yang asin? Tetapi itulah kenyataan yang dia temukan di dalam laut.

Rasa ingin tahunya yang besar membuat Costeau kembali menyelam lebih dalam lagi. Ia menyaksikan fenomena alam yang lebih mengejutkan lagi. Betapa tidak. Ia melihat ada sungai di dasar lautan.

Sungai di bawah laut itu ditumbuhi daun-daunan dan pohon. Para peneliti menyebut fenomena itu sebagai lapisan Hidrogen Sulfida. Tapi tampak seperti sungai? Yang menjadi tanda tanya par ahli, mengapa air yang mengalir di sungai bawah laut itu rasanya tawar?

Sesungguhnya, sekitar 14 abad lalu, Alquran telah menjelaskan fenomena itu.

Qs Al Furqon : 53

Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.

---

Fenomena unik dan aneh itu juga telah disebutkan dalam :

Qs Ar Rahman : 19-20

Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu,

antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing.

---

Keutamaan membaca Al Quran

“Bacalah al-Quran sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat sebagai syafaat kepada pembacanya”. (Hadis Riwayat Muslim)

---

Keutamaan Lailatul Qadr

Qs Al Qadr

"Sesungguhnya Kami telah menurunkan al-Quran ini pada malam al-Qadar. Apakah yang kebesaran yang terdapat pada malam al-Qadar? Malam al-Qadar lebih baik daripada seribu bulan. Pada Malam itu, para malaikat dan Jibril turun dengan izin Tuhan mereka kerana membawa segala perkara yang ditakdirkan berlaku pada tahun berikutnya. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar."

---

Dari Aisyah Radiallahuanha, sesungguhnya Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda, "Carilah Lailatul Qadar pada malam-malam yang ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan". (HR Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut