30 Juni 2015

Tausiyah di acara Buka bersama Genam Tangsel 28 Juni 2015 ustadz Zuni nurrochim, MA Semangat ber amar ma'ruf nahi munkar

Event : Buka bersama Genam Tangsel
Tanggal : 28 Juni 2015
Pembicara : Ustadz Zuni nurrochim, MA
Tema : Semangat ber amar ma'ruf nahi munkar

Tips supaya menjadi orang yang beruntung salah satunya adalah berani ber amar ma'ruf nahi munkar
Qs Ali Imran 104
Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang maruf dan mencegah dari yang munkar; mereka adalah orang-orang yang beruntung

Ingin menjadi makhluk yang berbaik, berbuat amar ma'ruf nahi munkarlah
Qs Ali Imran : 110
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang maruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

Kalau kita bergaul dengan orang yang semangat berbuat kebaikan, maka kitapun akan ikut terbawa berbuat kebaikan
Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seseorang tergantung agama temannya, maka hendaklah seorang di antara kalian melihat teman bergaulnya.

Hindari hal hal yang menjurus pada perbuatan setan
Qs Al Maidah : 90-91
“Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya khamr (minuman keras), judi, berhala, dan mengundi nasib adalah najis yang merupakan perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kalian mendapat kemenangan. Sesungguhnya setan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kalian lantaran meminum khamr dan berjudi itu, dan menghalangi kalian dari mengingat Allah dan shalat, maka berhentilah kalian (dari mengerjakan perbuatan itu).

Dakwah yang efektif itu yang seperti apa? Dakwah kepada diri sendiri, karena telinga kita lebih dekat dgn mulut kita, maka nasihat yang kita katakan sejatinya utk diri kita sendiri

Amar maruf nahi munkar sukses bukan semata mata karena ajakan kita melainkan karena adanya pertolongan Allah

Tugas kita hanya menyampaikan, apakah mereka menerima hidayah dari "isi" yang kita sampaikan atau tidak, itu hanya kewenangan Allah
Qs Al Baqarah : 272
“Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk, akan tetapi Allah-lah yang memberi petunjuk (memberi taufiq) siapa yang dikehendaki-Nya”

Rasulullah SAW sendiri dengan tegas menyatakan bahwa hanya ada 3 cara untuk mencegah kemungkaran :
Dari Abu Sa’id Al-Khudri rodhiallohu ‘anhu dia berkata: Aku mendengar Rosululloh sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa di antara kalian melihat suatu kemungkaran hendaklah ia mengubah dengan tangannya; jika tidak mampu, maka dengan lisannya; jika ia masih tidak mampu, maka dengan hatinya dan itu adalah selemah-lemahnya iman.” (HR. Muslim)

Sebelum mendekati obyek dakwah, Jangan lupa meminta pertolongan kepada Allah

Dakwah tidak hanya mengumpat, tapi juga memberi solusi

Kalau kita mendoakan orang lain kebaikan, maka doa kebaikan itu juga kembali ke kita

Trilogi Tarbiyah juga perlu diterapkan dalam beramar ma'ruf nahi munkar :
Tilawah = Memberi ilmu agar tahu
Tazkiyah = membersihkan hati, agar termotivasi menjadi mau
Taalim= mengajarkan dan meningkatkan kapasitas diri sehingga menjadi mampu

Selain beramar ma'ruf nahi munkar, kita harus membekali diri dengan Takhalli, Tahalli dan Tajalli.
Takhalli berarti mengosongkan jiwa dari sifat-sifat buruk, seperti : sombong, dengki, iri, cinta dunia, riya’, dan sebagainya.
Tahalli berarti menghiasi jiwa dengan sifat-sifat mulia, seperti : kejujuran, kasih sayang, tolong menolong sabar, ikhlas, dan sebagainya. Setelah menempuh takhalli dan tahalli, sampailah para pengamal tasawuf kepada maqam tajalli. Menurut bahasa, tajalli berarti pernyataan atau penampakkan.
Sedangkan menurut istilah, tajalli adalah terbukanya tabir yang menghalangi hamba dengan Tuhan sehingga hamba menyaksikan tanda-tanda kekuasaan-Nya.

Beramar ma'ruf nahi mukar juga perlu dibekali dengan taqwa
Qs Ali Imran 200
Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung

Semangat itu dari dalam, bergabunglah dengan orang orang yang penuh semangat

Supaya amar ma'ruf nahi munkarnya mantap, lengkapi juga dengan iman
Qs Ar Ra'd : 28
yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Percaya diri dalam beramar ma'ruf nahi mukar karena Allah selalu bersama kita
Qs Al Hadid : 4
Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa; Kemudian Dia bersemayam di atas Arsy dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan

Bekali diri dengan ilmu agar kita makin lancar beramar ma'ruf nahi munkar
Qs Al Mujadillah : 11
Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: Berlapang-lapanglah dalam majlis, lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut