31 Maret 2010

Pengajian Al Mizan Bintaro Tanggal 29 Maret 2010

Event : Pengajian Al Mizan Bintaro
Tanggal : 29 Maret 2010
Pembicara : Ustadz Salim
Tema : Rangkuman dari berbagai kebaikan

Abu Hurairah Ra, Rasulullah Saw bersabda :

1. Barangsiapa membebaskan seorang mukmin dari kesusahan di dunia pasti Allah akan membebaskannya dari kesusahan di hari kiamat. Barangsiapa memudahkan orang yang kesulitan, pasti Allah akan memberinya kemudahan di dunia dan di akhirat.

2. Barangsiapa menutupi aib seseorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba tersebut menolong saudaranya.

3. Barangsiapa menempuh perjalanan untuk mencari ilmu (yang baik) pasti Allah memberinya kemudahan ke surga. Tidaklah suatu kaum berkumpul di rumah Allah (masjid) , membaca dan mempelajari Al Quran, niscaya mereka merasakan ketentraman dan kasih sayang. Para malaikat berkumun di sekeliling mereka dan Allah memuji mereka di hadapan semua makhluk yang berada di sisiNya.

4. Orang yang amal perbuatannya kurang sempurna, tidak bisa disempurnakan oleh kemuliaan nasab - HR Muslim

Pelajaran yang bisa diambil dari hadist tersebut :

1. Pahala yang diberikan Allah kepada hamba Nya sesuai dengan apa yang telah dilakukan seseorang. Memberikan kemudahan di balas dengan kemudahan, memberikan bantuan dibalas dengan memberikan bantuan, menutupi aib dibalas dengan menutupi aib dan begitu seterusnya. Abu Sa'id Al Khudry Ra bahwa Rasulullah Saw bersabda " Barangsiapa yang memberi makan seseorang yang lapar, Allah akan memberinya makan pada hari kiamat dengan buah dari surga. Barangsiapa yang memberi minum orang yang haus, maka Allah akan memberinya minum pada hari kiamat dari khamar murni yang diberi tanda khusus dari minyak kasturi. Dan barangsiapa yang memberikan baju seseorang yang tidak memiliki baju, maka Allah akan memakaikan baju padanya dengan baju hijau dari surga " - HR Muttafaq Alaih

2. Berbuat baik kepada makhluk merupakan jalan untuk mendapatkan kecintaan Allah karema "semua makhluk adalah tanggungan Allah, maka yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling memberi manfaat kepada tanggunganNya - HR Thabrani. Biasanya seorang tuan suka berbuat baik kepada orang orang yang berada dalam tanggungannya sedangkan yang disebutkan dalam hadist berupa meringankan kesulitan orang lain dan yang lainnya adalah bentuk perbuatan baik kepada makhluk dan memberi manfaat kepada mereka. Maka itu semua adalah jalan untuk memperoleh kecintaan Allah.

3. Kabar gembira bagi seorang mukmin yang suka memudahkan, menolong ataupun membantu menyelesaikan kesulitan mukmin lainnya, ia akan mati dalam keimanan dan akan mendapatkan kemudahan dan pertolongan dari Allah pada hati kiamat kelak.

apa yang disebutkan tentang meringankan kesulitan dan lainnya adalah umum, terhadap orang muslim dan non muslimyang tidak melakukan permusuhan kepada kaum muslimin. Berbuat baik kepada mereka diperintahkan, bahkan hal itu pun berlaku pula bagi semua makhluk yang bernyawa. Rasulullah Saw bersabda " Sesungguhnya Allah mewajibkan berlaku ihsan dalam segala sesuatu" beliau juga bersabda " Dalam setiap jantung yang berdenyut terdapat pahala "

4. mewaspadai riya' dalam menuntut ilmu agar segala yang telah diusahakan tidak sia sia

5. senantiasa memohon pertolongan dan kemudahan dari Allah, karena hidayah hanyalah pemberian Allah semata, ketaan hanyalah karena izin dan kemudahan yang telah diberikan Nya. Tanpa itu semua yang kita lakukan tidak akan bermanfaat.

6. senantiasa membaca Al Quran dan berkumpul dalam rangka membaca, mempelajari, memahami, mengamalkan, dan mengajarkannya. juga tidak lupa membacakannya ketika memulai acara acara tertentu dan terhadap orang yang telah meninggal.

7. bersegera untuk bertaubat, istighfar, dan melakukan amal sholih.

Qs Ali Imran : 133 - 134

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.
QS. Ali Imran (3) : 133
(Yaitu) orang-orang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.
QS. Ali Imran (3) : 134

Qs An Najm : 2 - 3

kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak pula keliru,
QS. an-Najm (53) : 2
Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al Qur'an) menurut kemauan hawa nafsunya.
QS. an-Najm (53) : 3

Pembagian hadist Rasulullah :

1. berasal dari perkataan beliau

2. berasal dari sifat beliau

3. berasal dari tingkah laku beliau

4. berasal dari keputusan beliau

Riwayat Abu Hurairah Ra :

Adab Meng qoshor shalat :

Adab menjamak shalat :

Hadist tentang keutamaan shalat :

Hadist tentang keutamaan akhlaq sesama muslim, menjaga lidah :

Qs 36 : 65

Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.
QS. Yasin (36) : 65

Keutamaan Al Quran :

Qs Al Hasyr : 21

Kalau sekiranya Kami menurunkan Al Qur'an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir.
QS. al-Hasyr (59) : 21


Doa untuk kesembuhan dari segala penyakit :

Bismillahirrohmannirrohim. Bismillahi wa billahi wa laa haula walaa quwwata illaa billahil aliyyil azhim. Uskun ayyuhal wajau sakkantuka billadzii yumsikussamaa a an taqo'a alal ardhi illaa bi idznihi innallaaha binnaaasi larouuffur rohiim. Bismillahirrohmanirrohim bismillahi wa billaahi wa la haula wala quwwata iillaa billahil ali yil azhim. Uskun ayyuhal wajau sakkantuka billadzii yumsikus samaawaati wal ardhi an tazuulaa wa lain zaa lataa in amsakahumaa min ahadin min ba'dihi innahuu kaa na haliiman ghofuuro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut