22 Maret 2010

Ta'lim Uje Tanggal 22 Maret 2010

Event : Ta'lim Uje
Tanggal : 22 Maret 2010
Pembicara :Ustadz Tubagus Kholiluddin Muslim Syafi'i
Tema: Keistimewaan Ummat Nabi Muhammad

Syaikh Nawawi Al-Jawi Al-Bantani Asy-Syafi’i

Syekh Nawawi Banten (1230-1314 H/1813-1897 M) alias Syaikh Nawawi Al-Jawi Al-Bantani Asy-Syafi’i adalah satu dari tiga ulama Indonesia yang mengajar di Masjid Al-Haram di Makkah Al-Mukarramah pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Dua yang lain ialah muridnya, Ahmad Khatib Minangkabau, dan Kiai Mahfudz Termas (wafat 1919-20 M).

Beberapa karya monumentalnya antara lain adalah Qathr al-Ghaits, merupakan syarah dari kitab akidah terkenal, Ushul qBis, karya Abu Laits al-Samarqandi, yang di Jawa lebih dikenal sebagai Asmaraqandi. Bersama karya Ahmad Subki Pekalongan, Fath al-Mughits, yang merupakan terjemahan Jawa Ushul 6 Bis, Qathr al-Ghaits banyak dipakai dan menjadikan Ushul 6 Bis lebih terkenal.

---

Perbedaan antara Nabi Adam dan umat Nabi Muhammad dalam beberapa hal diantaranya :

1. Ketika Nabi Adam melakukan dosa di dalam surga, kemudian memohon ampun kepada Allah, tidak saat itu juga diampuni, dalam sebuah riwayat mengatakan bahwa Nabi Adam bersujud selama 40 tahun kemudian bari mendapatkan ampunan dari Allah, beliau menangis hingga air matanya kemudian menjadi aliran sungai gangga, namun apabila umat Nabi Muhammad melakukan dosa kemudian memohon ampun dan bertaubat nasukha, maka Allah mengampuni saat itu juga.

2. Ketika Nabi Adam melakukan dosa di dalam surga, kemudian Allah menurunkannya ke bumi, Umat Nabi Muhammad melakukan dosa di luar surga, kemudian mendapatkan ampunan dari Allah, justru berkesempatan untuk masuk ke dalam surga

3. Ketika Nabi Adam melakukan dosa di dalam surga, kemudian Allah menurunkannya ke bumi dalam keadaan telanjang, Umat Nabi Muhammad melakukan dosa, kemudian ketika mendapatkan ampunan dari Allah, ketika di surga nanti, umat Nabi Muhammad justru mendapatkan pakaian yang sangat indah.

4. Ketika Nabi Adam melakukan dosa di dalam surga, kemudian Allah menurunkannya ke bumi dalam keadaan berpisah dengan istrinya (Hawa), namun umat Nabi Muhammad melakukan dosa dan masih diberikan kesemptakan oleh Allah untuk tetap bersama dengan pasangan pasangannya (istrinya).

---

Umat Nabi Muhammad memiliki keistimewaan antara lain :

1. memiliki shalat yang bisa berfungsi sebagai penggugur dosa kecil, sedangkan umat Nabi lain tidak ada.

2. seluruh alam ini adalah tempat shalat bagi umat Nabi Muhammad, sedangkan umat Nabi terdahulu hanya melakukan shalat di tempat tertentu saja

3. seluruh umat Nabi Muhammad akan mendapatkan salam dari malaikat ketika memasuki surga.

4. seluruh umat Nabi Muhammad akan masuk surga pertama kali sebelum umat Nabi yang lainnya, dan masuk neraka yang terakhir kali.

5. seluruh umat Nabi Muhammad berhal mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad.

Dalil yang berhubungan :

1. Kita memiliki Nabi yang berakhlak terbaik, mari kita gunakan sebagai panutan

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
QS. al-Ahzab (33) : 21

2. Jangan berputus asa, Allah menghendaki ikhtiar dari umatNya

Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.
QS. ar-Ra'd (13) : 11

3. Allah itu Maha Pengampun

Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
QS. at-Taghabun (64) : 14

4. Manusia adalah makhluk Allah yang terbaik

Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.
QS. al-Mu'minun (23) : 14

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.
QS. Ali Imran (3) : 110


Hadist :

Tidak ada umat yang diberikan keyakinan melebihi keyakinan yang diberikan untuk umatku (Nabi Muhammad) - HR Tirmidzi

---

Sifat buruk manusia yang muncul karena kekotoran hati antara lain : (Sifat insan)

1. tergesa gesa

Dan manusia mendoa untuk kejahatan sebagaimana ia mendoa untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa.
QS. al-Isra' (17) : 11

Manusia telah dijadikan (bertabiat) tergesa-gesa. Kelak akan Aku perlihatkan kepadamu tanda-tanda (azab)-Ku. Maka janganlah kamu minta kepada-Ku mendatangkannya dengan segera.
QS. al-Anbiya (21) : 37

2. berkeluh kesah

Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.
QS. al-Ma'arij (70) : 19
Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah,
QS. al-Ma'arij (70) : 20

3. gelisah

4. malas berbuat baik

Hadist :

Seutama-utama amal shalih adalah membahagiakan saudaramu yang mu'min, atau melunaskan hutangnya, atau memberinya roti - HR Ibnu Abi ad-Dunya

5. kikir

Hadist :

Tangan yang di atas (pemberi) lebih baik daripada tangan yang di bawah (penerima) - HR Al Bukhari

Maafkanlah kesalahan orang yang murah hati (dermawan). Sesungguhnya Allah menuntun tangannya bila dia terpeleset (jatuh). Seorang pemurah hati dekat kepada Allah, dekat kepada manusia dan dekat kepada surga. Seorang yang bodoh tapi murah hati (dermawan) lebih disukai Allah daripada seorang alim (tekun beribadah) tapi kikir - HR. Athabrani

Barangsiapa melakukan pemborosan (royal dan tabdzir) maka Allah akan mencegahnya dari perolehan (rezekiNya) - HR Asysyihaab

Tidak akan berkumpul dalam hati seorang hamba kekikiran dan keimanan - HR Aththalayisi

Jauhilah kekikiran. Sesungguhnya kekikiran itu telah membinasakan (umat-umat) sebelum kamu- HR Muslim

6. tidak bersyukur

Hadist :

Hai anak Adam, kamu tidak adil terhadap-Ku. Aku mengasihimu dengan kenikmatan-kenikmatan tetapi kamu membenciKu dengan berbuat maksiat-maksiat. Kebajikan Ku-turunkan kepadamu dan kejahatan-kejahatanmu naik kepada-Ku. Selamanya malaikat yang mulia datang melapor tentang kamu tiap siang dan malam dengan amal-amalmu yang buruk. Tetapi hai anak Adam, jika kamu mendengar perilakumu dari orang lain dan kamu tidak tahu siapa yang disifatkan pasti kamu akan cepat membencinya - HR Ar Rafii dan Ar-Rabii'

7. susah payah

8. pendebat

9. dzolim

Hadist :

Janganlah seseorang di antara kalian berdiri di tempat seseorang terbunuh secara zalim. sebab sesungguhnya laknat akan turun pada setiap orang yang hadir pada saat mereka tidak lagi sanggup membelanya. Dan janganlah seseorang diantara kalian di berdiri di suatu tempat dimana seseorang dipukul secara zalim - HR Imam Thabrani dan Imam Baihaqi

Siapa membantu orang yang zalim, untuk menolak kebenaran dengan kebhatilannya, maka sesungguhnya jaminan Allah dan RasulNya telah terlepas darinya - HR Imam Hakim dalam Shahihul Jami’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut