08 Maret 2010

Ta'lim Uje Tanggal 8 Maret 2010

Event : Ta'lim Uje
Tanggal : 8 Maret 2010
Pembicara : Ustadz Koko Liem
Tema: Membentengi Akidah di Era Globalisasi Dan Informasi

Jangan sombong, karena sombong itu hanya hak Allah
jangan berbangga hati, ganti dengan bersyukur.
jaga hati agar tetap bersih dari ir,dengki, sombong, angkuh, bangga dengan segala yang sudah dimiliki, takabur, kufur nikmat.

Hadist :

Kebesaran (kesombongan atau kecongkakan) pakaianKu dan keagungan adalah sarungKu. Barangsiapa merampas salah satu (dari keduanya) Aku lemparkan dia ke neraka jahanam - HR Abu Dawud

1. Jadikan Rasulullah sebagai suri tauladan bagi kita semua agar tercapai kebahagiaan dunia dan akhirat

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
QS. al-Ahzab (33) : 21

2. Anjuran untuk Taat kepada Allah dan Rasulullah :

Dan taatlah kamu kepada Allah dan taatlah kamu kepada Rasul- (Nya) dan berhati-hatilah. Jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya kewajiban Rasul Kami hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang.
QS. al-Mai'dah (5) : 92

3. Rasulullah adalah pembawa kabar gembira :

Dan tidaklah Kami mengutus para Rasul itu melainkan untuk memberi kabar gembira dan memberi peringatan. Barangsiapa yang beriman dan mengadakan perbaikan, maka tak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
QS. al-An'am (6) : 48

4. Rasulullah sebagai penyampai wahyu Allah, memberitahukan kepada ummat manusia mengenai ajaran Allah :

Jika mereka tetap berpaling, maka sesungguhnya kewajiban yang dibebankan atasmu (Muhammad) hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang.
QS. an-Nahl (16) : 82

Tuhanmu lebih mengetahui tentang kamu. Dia memberi rahmat kepadamu jika Dia menghendaki dan Dia akan mengazabmu, jika Dia menghendaki. Dan Kami tidaklah mengutusmu untuk menjadi penjaga bagi mereka.
QS. al-Isra' (17) : 54

Katakanlah:" Wahai manusia, sesungguhnya aku adalah seorang pemberi peringatan yang nyata kepada kamu ".
QS. al-Hajj (22) : 49

Akan tetapi (aku hanya) menyampaikan (peringatan) dari Allah dan risalah-Nya. Dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sesungguhnya baginyalah neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya.
QS. al-Jinn (72) : 23

Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan.
QS. al-Ghasyiyah (88) : 21
Kamu bukanlah orang yang berkuasa atas mereka,
QS. al-Ghasyiyah (88) : 22

5. Beriman kepada Rasul Allah :

Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.QS. an-Nisa' (4) : 136

Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan manafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.QS. al-Hadid (57) : 7

Dan mengapa kamu tidak beriman kepada Allah padahal Rasul menyeru kamu supaya kamu beriman kepada Tuhanmu. Dan sesungguhnya Dia telah mengambil perjanjianmu jika kamu adalah orang-orang yang beriman.QS. al-Hadid (57) : 8

Mencintai Rasulullah itu dibuktikan dengan menjalankan sunnah sunnahnya :

Hadist :

Barangsiapa yang menjalankan Sunnahku berarti dia mencintaiku, barangsiapa mencintaiku maka dia akan di Surga bersamaku.

salah satu kewajiban bagi setiap muslim adalah menuntut ilmu

Dalilnya :

Tidak sepatutnya bagi orang-orang yang mukmin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.
QS. at-Taubah (9) : 122

6. Menuntut ilmu itu diwajibkan bagi setiap orang Islam - HR Ibnu Majjah

Barang siapa yang tidak cinta terhadap ilmu, maka tidak ada kebaikan padanya; dan janganlah di antara kamu dengannya terjalin hubungan intim dan tidak perlu kenal dengannya, sebab orang yang tidak mau belajar ilmu, tentu ia tidak akan mengetahui cara-cara beribadah dan tidak akan melaksanakan ibadah sesuai dengan ketentuan-ketentuannya. Seandainya ada seseorang yang beribadah kepada Allah Swt. seperti ibadahnya para malaikat di langit, tetapi tanpa dilandasi dengan ilmu, maka ia termasuk orang-orang yang merugi - Imam Syafii

7. Rasulullah sebagai penyempurna akhlaq

Pada jaman jahiliyah, dimana bayi perempuan dibunuh hidup hidup.

Dan mereka menetapkan bagi Allah anak-anak perempuan, Maha Suci Allah, sedang untuk mereka sendiri (mereka tetapkan) apa yang mereka sukai (yaitu anak laki-laki).
QS. an-Nahl (16) : 57
Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan dia sangat marah.
QS. an-Nahl (16) : 58
Ia menyembunyikan dirinya dari orang banyak, disebabkan buruknya berita yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaan ataukah akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)? Ketahuilah, alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu.
QS. an-Nahl (16) : 59

8. mencontoh perbuatan perbuatan Rasulullah

Sepuluh hal yg termasuk fitrah, yaitu: mencukur kumis( laki laki ), memanjangkan jenggot( laki laki ) , bersiwak( menggosok gigi ),istinsyaq ( memasukkan air ke dalam hidung), mencukur, memotong kuku, membasuh disela jari, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, berkumur - HR Muslim

9. Orang yang beriman dan beramal sholeh kelak akan masuk surga

Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya.
QS. al-Baqarah (2) : 82

10. Hidayah itu sepenuhnya hak Allah, kita berusaha untuk mencari hidayah itu dengan mendekatkan diri kepadaNya

an tidak ada seorangpun akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya.
QS. Yunus (10) : 100

Cara mendapatkan hidayah :
1. Kaki melangkah ke majelis taklim
2. Tangan banyak bersodaqoh
3. Akal dipergunakan untuk menggerakkan hati agar taat beribadah
4. Mata melihat yang baik baik
5. Mulut berkata yang baik- baik pula

Hidayah itu terkadang tidak diberikan oleh kerabat para Nabi meskipun Nabi telah berjihad sekuat tenaga untuk mengajak mereka keluar dari kekafiran

1. Keluarga Nabi Ibrahim (Ayahnya)

Dan (ingatlah) di waktu Ibrahim berkata kepada bapaknya Aazar: "Pantaskah kamu menjadikan berhala-berhala sebagai tuhan-tuhan? Sesungguhnya aku melihat kamu dan kaummu dalam kesesatan yang nyata".
QS. al-An'am (6) : 74
Dan demikianlah Kami perlihatkan kepada Ibrahim tanda-tanda keagungan (Kami yang terdapat) di langit dan di bumi, dan (Kami memperlihatkannya) agar dia termasuk orang-orang yang yakin.
QS. al-An'am (6) : 75
Ketika malam telah menjadi gelap, dia melihat sebuah bintang (lalu) dia berkata: "Inilah Tuhanku". Tetapi tatkala bintang itu tenggelam dia berkata: "Saya tidak suka kepada yang tenggelam".
QS. al-An'am (6) : 76
Kemudian tatkala dia melihat bulan terbit dia berkata: "Inilah Tuhanku". Tetapi setelah bulan itu terbenam dia berkata: "Sesungguhnya jika Tuhanku tidak memberi petunjuk kepadaku, pastilah aku termasuk orang-orang yang sesat".

2. Keluarga Nabi Nuh (istrinya)

Sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya (dengan memerintahkan): "Berilah kaummu peringatan sebelum datang kepadanya azab yang pedih".
QS. Nuh (71) : 1
Nuh berkata: "Wahai kaumku, sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang menjelaskan kepada kamu,
QS. Nuh (71) : 2
(yaitu) sembahlah olehmu Allah, bertakwalah kepada-Nya dan taatlah kepadaku,
QS. Nuh (71) : 3
niscaya Allah akan mengampuni sebagian dosa-dosamu dan menangguhkan kamu sampai kepada waktu yang ditentukan. Sesungguhnya ketetapan Allah apabila telah datang tidak dapat ditangguhkan, kalau kamu mengetahui".
QS. Nuh (71) : 4
Nuh berkata: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menyeru kaumku malam dan siang,
QS. Nuh (71) : 5
maka seruanku itu hanyalah menambah mereka lari (dari kebenaran).
QS. Nuh (71) : 6
Dan sesungguhnya setiap kali aku menyeru mereka (kepada iman) agar Engkau mengampuni mereka, mereka memasukkan anak jari mereka ke dalam telinganya dan menutupkan bajunya (ke mukanya) dan mereka tetap (mengingkari) dan menyombongkan diri dengan sangat.
QS. Nuh (71) : 7
Kemudian sesungguhnya aku telah menyeru mereka (kepada iman) dengan cara terang-terangan,
QS. Nuh (71) : 8
kemudian sesungguhnya aku (menyeru) mereka (lagi) dengan terang-terangan dan dengan diam-diam,
QS. Nuh (71) : 9
maka aku katakan kepada mereka:" Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun,
QS. Nuh (71) : 10
niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat,
QS. Nuh (71) : 11
dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.
QS. Nuh (71) : 12
Mengapa kamu tidak percaya akan kebesaran Allah?
QS. Nuh (71) : 13
Padahal Dia sesungguhnya telah menciptakan kamu dalam beberapa tingkatan kejadian.
QS. Nuh (71) : 14
Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat?
QS. Nuh (71) : 15
Dan Allah menciptakan padanya bulan sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita?
QS. Nuh (71) : 16
Dan Allah menumbuhkan kamu dari tanah dengan sebaik-baiknya,
QS. Nuh (71) : 17
kemudian Dia mengembalikan kamu ke dalam tanah dan mengeluarkan kamu (daripadanya pada hari kiamat) dengan sebenar-benarnya.
QS. Nuh (71) : 18
Dan Allah menjadikan bumi untukmu sebagai hamparan,
QS. Nuh (71) : 19
supaya kamu menjalani jalan-jalan yang luas di bumi itu ".
QS. Nuh (71) : 20
Nuh berkata:" Ya Tuhanku, sesungguhnya mereka telah mendurhakai-ku, dan telah mengikuti orang-orang yang harta dan anak-anaknya tidak menambah kepadanya melainkan kerugian belaka,
QS. Nuh (71) : 21
Dan melakukan tipu-daya yang besar ".
QS. Nuh (71) : 22
Dan mereka berkata:" Jangan sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) tuhan-tuhan kamu dan jangan pula sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) wadd, dan jangan pula suwaa, yaghuts, yauq dan nasr ",
QS. Nuh (71) : 23
Dan sesudahnya mereka telah menyesatkan kebanyakan (manusia); dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kesesatan.
QS. Nuh (71) : 24
Disebabkan kesalahan-kesalahan mereka, mereka ditenggelamkan lalu dimasukkan ke neraka, maka mereka tidak mendapat penolong-penolong bagi mereka selain dari Allah.
QS. Nuh (71) : 25
Nuh berkata:" Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan seorangpun di antara orang-orang kafir itu tinggal di atas bumi.
QS. Nuh (71) : 26
Sesungguhnya jika Engkau biarkan mereka tinggal, niscaya mereka akan menyesatkan hamba-hamba-Mu, dan mereka tidak akan melahirkan selain anak yang berbuat maksiat lagi sangat kafir.
QS. Nuh (71) : 27
Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan ".
QS. Nuh (71) : 28

3. Nabi Luth (istrinya)
Dan (Kami juga telah mengutus) Luth (kepada kaumnya). (Ingatlah) tatkala dia berkata kepada mereka:" Mengapa kamu mengerjakan perbuatan faahisyah itu, yang belum pernah dikerjakan oleh seorangpun (di dunia ini) sebelummu? "
QS. al-A'raf (7) : 80
Sesungguhnya kamu mendatangi lelaki untuk melepaskan nafsumu (kepada mereka), bukan kepada wanita, malah kamu ini adalah kaum yang melampaui batas.
QS. al-A'raf (7) : 81
Jawab kaumnya tidak lain hanya mengatakan: " Usirlah mereka (Luth dan pengikut-pengikutnya) dari kotamu ini; sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang berpura-pura mensucikan diri. "
QS. al-A'raf (7) : 82
Kemudian Kami selamatkan dia dan pengikut-pengikutnya kecuali isterinya; dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan).
QS. al-A'raf (7) : 83

Kaum kafir merusak keimanan kita melalui channel :
1. Facebook : jika jika menggunakan tanpa menggunakan keimanan dan akal

Namun banyak yang menggunakan facebook untuk berdakwah, ingat, bahwa setiap kebaikan kita itu akan diberikan pahala yang setimpal oleh Allah

Barangsiapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).
QS. al-An'am (6) : 160

Gunakan Facebook dengan kata kata yang bermanfaat :

Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia berkata baik atau diam, barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia memuliakan tetangga dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia memuliakan tamunya - HR Muslim

2. Fashion : fashion yang mempertontonkan aurat pemakainya.

Tutup aurat agar kita memiliki akhlaq yang mulia :

Wahai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
QS. al-Ahzab (33) : 59

Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kaki mereka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.
QS. an-Nur (24) : 31

3. foto : yang mengumbar aurat, yang merusak akidah (foto rekayasa wajah Nabi Muhammad)

4. Food : makanan yang haram bisa merusak keimanan.

Makan dan minumlah dari yang halallan thoyyiban

Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah Yang kamu beriman kepada-Nya.
QS. al-Mai'dah (5) : 88

Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. Sesungguhnya syaithan itu membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu; dan jika kamu menuruti mereka, sesungguhnya kamu tentulah menjadi orang-orang yang musyrik.
QS. al-An'am (6) : 121

Mengapa kamu tidak mau memakan (binatang-binatang yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, padahal sesungguhnya Allah telah menjelaskan kepada kamu apa yang diharamkan-Nya atasmu, kecuali apa yang terpaksa kamu memakannya. Dan sesungguhnya kebanyakan (dari manusia) benar-benar hendak menyesatkan (orang lain) dengan hawa nafsu mereka tanpa pengetahuan. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang melampaui batas.
QS. al-An'am (6) : 119

Dan kepada orang-orang Yahudi, Kami haramkan segala binatang yang berkuku; dan dari sapi dan domba, Kami haramkan atas mereka lemak dari kedua binatang itu, selain lemak yang melekat di punggung keduanya atau yang di perut besar dan usus atau yang bercampur dengan tulang. Demikianlah Kami hukum mereka disebabkan kedurhakaan mereka; dan sesungguhnya Kami adalah Maha Benar.
QS. al-An'am (6) : 146

Makanlah di antara rezeki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. Dan barangsiapa ditimpa oleh kemurkaan-Ku, maka sesungguhnya binasalah ia.
QS. Thaha (20) : 81

Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaithan; karena sesungguhnya syaithan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
QS. al-Baqarah (2) : 168

5. Film : film yang merusak akhlad, pornografi, tidak mencerminkan kehidupan yang islami.

Jagalah mata agar kita juga bisa lebih menjaga kemaluan kita.

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat ".
QS. an-Nur (24) : 30

Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya.
QS. al-Mu'minun (23) : 5
Kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.
QS. al-Mu'minun (23) : 6

Dan orang-orang yang tidak mampu kawin hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sehingga Allah memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan budak-budak yang kamu miliki yang menginginkan perjanjian, hendaklah kamu buat perjanjian dengan mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka, dan berikanlah kepada mereka sebahagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu paksa budak-budak wanitamu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri mengingini kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan duniawi. Dan barangsiapa yang memaksa mereka, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (kepada mereka) sesudah mereka dipaksa (itu).
QS. an-Nur (24) : 33

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.
QS. al-Isra' (17) : 32

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut